Stargazer X. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Adu Fitur Mobil MPV Korea vs Jepang, Genhype Pilih Mana?

13 September 2023   |   06:08 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Teknologi kendaraan kian mutakhir untuk memberi kemudahan, kenyamanan, dan keamanan pengguna. Tidak terkecuali pada mobil multi purpose vehicle (MPV) yang menjadi favorit keluarga Indonesia. Kapasitas kabin yang luas dan tangguh melewati berbagai medan jalan menjadi alasan kendaraan ini begitu diminati. 

Sejumlah produsen pun berupaya mengakomodir suara para konsumen. Salah satunya Hyundai yang konsisten membawa fitur keamanan lengkap pada produk terbarunya, Stargazer X.

Dikenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, LMVP yang masih fresh dari perusahaan otomotif asal Korea Selatan ini masih menyematkan sensor Hyundai Smart Sense sebagai upaya mencegah kecelakaan. 

Baca juga:  10 Mobil Baru yang Siap Mengaspal di GIIAS 2023, dari Hyundai Stargazer X sampai Mitsubishi SUV

Salah satu fiturnya yakni Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang tersedia pada varian Stargazer X Prime. Fitur ini dirancang untuk membantu mendeteksi adanya kendaraan dari arah depan dan memperingatkan pengemudi bahwa akan terjadi potensi benturan. Secara otomatis, fitur ini juga melakukan pengereman apabila diperlukan.

Kebiasaan masyarakat yang sering tidak fokus saat mengemudi pun ditangkap Hyundai dengan menghadirkan fitur Driver Attention Warning (DAW). Apabila pengemudi terdeteksi tidak fokus, maka sistem akan memberikan notifikasi untuk rehat sejenak untuk mencegah potensi kecelakaan saat berkendara terutama dalam jarak jauh. 

Stargazer X juga memiliki fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). Dengan LKA, sistem ini memandu pengemudi tetap berada pada jalur, ditambah LFA yang mengandalkan kamera depan, memastikan mobil tetap berada di tengah jalur.  

Tidak perlu khawatir terhadap titik buta. Pasalnya Stargazer X memiliki fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang menggunakan sensor radar untuk memonitor daerah di area yang kerap menjadi penyebab kecelakaan dengan pengendara atau objek lain.

Ada pula
Safe Exit Warning (SEW) yang memberi peringatan tabrakan dengan kendaraan dari arah belakang ketika penumpang pada baris kedua turun dari mobil.

Sementara fitur High Beam Assist (HBA) dapat mengubah kondisi lampu high beam menjadi lobi low beam saat mendeteksi kendaraan yang melaju dari arah berlawanan pada malam hari. Dengan demikian risiko kecelakaan karena silau lampu kendaraan dapat diminimalisir.

Bicara soal parkir, Stargazer X memiliki fitur Reverse Parking Distance Warning (PDW) yang mendeteksi objek di depan mobil saat sedang memarkir. Dilengkapi Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), pengguna dapat mendeteksi objek saat mundur. Selain Smart Sense, Hyundai Bluelink juga menjadi keunggulan yang tetap dipertahankan pada Stargazer seri terbaru.

Membuat mobil terhubung dengan smartphone, Hyundai Bluelink memberikan akses untuk mengetahui kondisi mobil, menyalakan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, hingga mengetahui letak mobil saat diparkir dengan mudah hanya dalam genggaman.

Pada bagian dapur pacu performanya Stargazer X menggunakan mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Silinder DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 PS pada putaran 6.300 rpm dan torsi maksimum 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Daya tersebut disalurkan ke dua roda depan mobil melalui transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT)

IVT dapat meningkatkan efisiensi mesin agar penggunaan bahan bakar lebih efisien. Penghematan dapat maksimal dengan menggunakan mode eco ketika berkendara. Dilengkapi Cruise Control, kendaraan pun tetap stabil tanpa harus terus menginjak pedal gas.

“Kami berharap Stargazer X dapat menjadi teman perjalanan di kondisi apa pun dan kapan pun,” ujar Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia. 

Soal tampilan, Hyundai memang membawa perubahan pada Stargazer X dibandingkan pendahulunya. Dimensi Stargazer X memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.710 mm, dan wheelbase 2.780 mm. 

Adapun Stargazer biasa memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.690 mm. “Perbedaan antara yang lama dan yang baru mudah-mudahan bisa diterima calon konsumen Indonesia,” sebut Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto. 

Perubahan dimensi ini tentu menghadirkan interior yang lebih luas. Stargazer X berisi 7 kursi namun memberikan opsi konfigurasi captain seat. Captain seat atau kursi pengemudi memiliki sandaran lengan agar para penumpang di baris kedua mobil bisa duduk lebih santai. Penumpang di baris kedua juga bisa menyesuaikan posisi duduk dan sandaran sesuai keinginan.

Varian Stargazer X Prime menawarkan kemewahan lebih dengan kursi yang dilapisi bahan kain atau kulit dan diberi sentuhan jahitan merah. Semakin berkelas dan nyaman dengan meja lipat untuk para penumpang di baris kedua. Ditambah panel high glossy untuk kontrol fascia, audio, dan pemanas, LED Room Lamps pada interior depan dan belakang menambah kesan futuristik.

Hiburan yang maksimal, Stargazer X menghadirkan layar 4,2 inch TFT LCD Cluster, Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, Bluetooth, dan soket pengisian daya nirkabel untuk Android Auto dan Apple Carplay. Model ini juga hadir dengan BOSE premium sound system dengan 8 speaker untuk kualitas audio yang immersive dan jernih. 

Untuk tampilan eksterior, kini Stargazer X dilengkapi hood dan bumper yang didesain untuk menonjolkan tampilan maskulin. Roof Garnish dan Roof Spoiler pada mobil ini didesain berbeda untuk menekankan aspek dinamis dan futuristis.

Mobil yang dibanderol Rp325,6 juta untuk varian Stargazer X Style dan Rp336,2 juta untuk Stargazer X Prime ini menggunakan Roda Diamond-cut Alloy 17 inci yang membuatnya lebih stylish, lebih ringan dibanding roda besi biasa.

Roda 17 inci ini memberikan ground clearance lebih tinggi sehingga Stargazer X bisa bermanuver lebih mulus. Adapun ground clearance mobil ini 200 mm.

“Stargazer X memperkenalkan warna eksterior matte kepada pasar Indonesia untuk pertama kalinya, yaitu Optic White Matte dan Gravity Gold Matte,” tambah Jaesup Park, Senior Designer Exterior Design Team Hyundai Motor Company. 

Baca juga: Cek 7 Fitur & Spesifikasi Menarik Mobil Hyundai Stargazer X
1
2


SEBELUMNYA

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2023 Hadirkan Perawatan Gigi Gratis di Seluruh Indonesia

BERIKUTNYA

Tren Outfit Olahraga Makin Kece dan Nyaman Dipakai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: