Ketua Kehormatan sekaligus mantan CEO Hyundai Motors Chung Mong-koo (Dok: YONHAP News Agency)

Mantan CEO Hyundai Jadi Orang Korea Pertama di Automotive Hall of Fame

24 July 2021   |   08:45 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Ketua Kehormatan sekaligus mantan CEO Hyundai Motors Chung Mong-koo menjadi orang Korea pertama yang menorehkan namanya di Automotive Hall of Fame. Papan nama dari marmer dengan ukiran tanda tangan Chung dipamerkan di ruang memorial Automotive Hall of Fame yang ada di Detroit AS secara permanen.

Melansir KBS World pada Sabtu (24/7/2021), Hyundai Motors menyampaikan bahwa Automotive Hall of Fame telah menggelar upacara penobatan 2020-2021 di Detroit, Amerika Serikat dan mengabadikan nama Chung di Automotive Hall of Fame.

Automotive Hall of Fame yang didirikan tahun 1939, setiap tahunnya menobatkan tokoh-tokoh yang berperan penting dan memiliki jasa yang signifikan dalam pengembangan industri otomotif di seluruh dunia.

Sebagai catatan, Chung telah menerima penghargaan untuk kontribusinya di industri otomotif dari Automotive Hall of Fame tahun 2001, kemudian jasanya untuk industri otomotif dunia kembali diakui dengan pencantuman namanya di Automotive Hall of Fame kali ini. 

Chung memimpin pengambil alihan perusahaan Kia Motors dan mencetak surplus dalam satu tahun setelahnya. 

Dia membawa Hyundai menjadi satu-satunya grup otomotif Korea Selatan dengan dengan berhasil menempatkan Hyundai Motors dan Kia Motors di peringkat kelima di dunia pada tahun 2010.

Piagam dari Automotive Hall of Fame untuk Chung diterima oleh anak sulungnya, Chung Eui-sun, Ketua Hyundai Motor Grup karena Chung saat ini sedang dirawat di rumah sakit.

Chung Mong-koo yang lahir pada 19 Maret 1938, di Provinsi Gangwon, Korea Selatan merupakan  seorang  konglomerat Korea Selatan . Dia adalah ketua kehormatan dan mantan CEO Hyundai Motor Group , chaebol--sebutan bagi konglomerat berpengaruh Korea Selatan--terbesar kedua Korea yang mengelola 54 anak perusahaan termasuk Hyundai Motor, Kia Motors  dan Hyundai Steel .

Dia memulai karirnya kembali pada tahun 1970, bergabung dengan divisi teknik & konstruksi grup. Chung menggantikan ayahnya, Chung Ju-yung, pendiri konglomerat yang dikenal sebagai Grup Hyundai.

Ketika korporrasi terpecah menjadi beberapa bagian pada tahun 1999, Chung Mong-koo mengambil alih divisi Hyundai Motor. Dia adalah putra tertua dari delapan putra Chung Ju-yung.

Pada 2021, dia  tercatat sebagai orang terkaya kedelapan di Korea Selatan dengan kekayaan bersih pribadi sebesar US$6,1 miliar. Putranya Chung Eui-sun dan saudara lelakinya Chung Mong-joon juga tercatat dalam daftar orang terkaya di Negeri Ginseng.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Hore! Pengguna vivo X60 Series & vivo 5G di Indonesia Sudah Bisa Rasakan Jaringan 5G

BERIKUTNYA

Wow! aespa Bergabung dengan Agensi yang Menaungi Beyonce, Lady Gaga & Mariah Carey.

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: