Mobil-mobil di GIIAS (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis)

10 Mobil Baru yang Siap Mengaspal di GIIAS 2023, dari Hyundai Stargazer X sampai Mitsubishi SUV 

11 August 2023   |   22:06 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) merupakan salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia. GIIAS 2023 akan berlangsung mulai 10-20 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan. Tahun ini GIIAS memasuki usianya yang ke-30 sejak pertama kali diselenggarakan pada 1986. 

Selama sepuluh hari, pengunjung dapat menyaksikan sejumlah kendaraan keluaran pabrikan otomotif terkemuka. Seperti yang diketahui GIIAS selama ini menjadi ajang bagi para produsen untuk memasarkan teknologi terbarunya.

Baca juga: Jadwal Lengkap GIIAS 2023 & Cara Test Drive Mobil atau Motor di ICE

Diketahui GIIAS 2023 diikuti oleh sebanyak 49 merek kendaraan seperti BMW, Audi, Chery, Citroen, Mazda, DFSK, GWM Tank, Daihatsu, Honda, Hyundai, Lexus, KIA, Haval, Maxus, MG, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Suzuki, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Toyota, Volkswagen, Wuling, dan Volvo.

Di samping itu, jajaran mobil baru juga siap meluncur di GIIAS 2023. Berikut ini adalah deretan mobil baru yang siap mengaspal di GIIAS 2023.


1. Great Wall Motor 

Great Wall Motor (GWM) memperkenalkan tiga produk unggulannya yakni Haval, Tank, dan Ora dalam pameran Giias 2023. HAVAL merupakan tipe SUV dengan desain dinamis dan serbaguna.

TANK adalah tipe mobil off-road yang dirancang untuk menghadapi jalan yang sulit dengan ketahanan tinggi, lalu ORA mobil listrik dengan desain retro futuristik. Mengedepankan teknologi EV terkini yang 100 persen ramah lingkungan.   
 

2. Honda CR-V Hybrid

PT Honda Prospect Motor meluncurkan generasi terbaru dari All New Honda CR-V yang mengusung teknologi e:HEV, yakni sistem hybrid terbaru Honda yang diklaim lebih bertenaga sekaligus lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Teknologi e:HEV dibekali motor listrik dengan tenaga terbesar di kelasnya, sistem pengaturan tenaga yang pintar, serta teknologi regenerasi daya untuk pengisian baterai. Harganya tembus Rp700 jutaan setara dengan Hyundai Ioniq 5.
 

3. Hyundai Stargazer X  dan Ioniq 6

Stargazer X Style dan juga Stargazer X Prime. Fitur unggulannya adalah empat mode berkendara sesuai kebutuhan yang terdiri dari eco, normal, sport, dan smart. Stargazer X Style dibanderol seharga Rp325.600.000 dan Stargazer X Prime harganya Rp336.200.000. 

Adapun untuk Hyundai Ioniq 6 adalah mobil listrik mobil listrik yang dibekali dengan baterai berkapasitas 77,4 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 519 kilometer. Harganya sendiri berkisar Rp1,2 M.  

Baca juga: Cek 7 Fitur & Spesifikasi Menarik Mobil Hyundai Stargazer X
 

4. KIA EV9   

Kia EV9 GT-Line merupakan mobil tipe SUV yang memiliki konfigurasi kursi 3 baris. Bisa menjadi pilihan ideal bagi orang yang menginginkan mobil listrik canggih dan nyaman digunakan bersama keluarga besar. Dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 99,8 kWh, Kia EV9 dapat menempuh jarak hingga 497 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Dibutuhkan waktu sekitar 10 jam 45 menit apabila di-charge menggunakan pengisian daya AC atau Wallbox Charging berkapasitas 11 kW, sementara dengan Ultra Fast Charging jenis DC dengan kapasitas 250 kW, hanya butuh waktu sekitar 23 menit. Kia EV9 GT-Line resmi dipasarkan dengan harga Rp1.9 M.  
 

5. Maxus Mifa 9

Brand otomotif baru asal China yakni Maxus, menghadirkan Mifa 9 yang merupakan full-size MPV premium pertama di Indonesia dengan teknologi full electric

Maxus MIFA 9 telah dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 90 kWh yang dipadukan dengan Permanent Magnet Synchronous Motor. Jarak tempuhnya bisa mencapai 440-520 km jika baterai dalam keadaan penuh. Untuk mengisi baterainya membutuhkan waktu 8,5 jam. Harganya sekitar Rp1,4 M.
 

6. Neta U, Neta V, dan Neta S

Produsen otomotif asal China, yakni Neta akan memperkenalkan jajaran produk mobil listriknya dalam ajang GIIAS 2023. Bekerjasama dengan PT Handal Indonesia Motor, produk yang akan diluncurkan adalah Neta U, Neta V, dan Neta S.   

Neta V merupakan mobil listrik dengan tampilan modern dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.555 mm, serta jarak sumbu roda 2.420 mm. Sementara Neta U adalah mobil listrik dengan bentuk bodi crossover. Dimensi bodinya lebih besar dengan panjang 4.530 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.628 mm, dan jarak sumbu roda 2.770 mm.

Terakhir Neta S merupakan mobil sedan listrik dengan dimensi dengan panjang 4.980 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.450 mm, serta jarak sumbu roda 2.980 mm.
 

7. Nissan Serena e-Power

Nissan Serena e-Power yang dipamerkan Nissan di GIIAS merupakan versi terbaru yang meluncur di Jepang pada akhir November 2022 lalu. Mobil ini mengusung teknologi e-Power generasi kedua yang memiliki kabin lebih luas. Meski begitu, calon rival kuat dari Toyota Voxy ini belum dijual di Indonesia dan hanya dipamerkan saja di GIIAS 2023.
 

8. Cherry Omoda 5 EV

PT Chery Sales Indonesia (CSI) hadir di ajang GIIAS 2023 dengan memperkenalkan OMODA 5 EV. Sebagai sebuah mobil listrik murni atau EV, OMODA 5 EV menampilkan desain futuristis dengan tampilan depan yang sporty. Dari segi performa, mobil listrik ini bisa menempuh jarak 450 km untuk sekali charging.

Durasi pengisian ulangnya pun relatif singkat. Dari kapasitas baterai 30 persen lalu diisi hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu hanya sekitar 35 menit saja.
 

9. NEW SUV Mitsubishi  

Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) resmi meluncurkan sebuah model compact SUV baru, Mitsubishi XForce. Mobil ini memiliki model compact SUV 5-seater yang nyaman untuk keluarga. Mitsubishi XForce memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, dan ruang penyimpanan yang banyak dan luas. 

Ada dua tipe yakni Mitsubishi XForce Ultimate CVT dan Mitsubishi XForce Exceed CVT yang masing-masing dibanderol seharga Rp412.900.000 dan Rp379.900.000.

Baca juga: XForce, SUV Tebaru dari Mitsubishi Mejeng di GIIAS 2023, Cek Harga & Speknya
 

10. Toyota Alphard Hybrid   

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Alphard HEV. Dibekali mesin berkapasitas 2.500 cc dengan kode A25A-FXS yang diklaim sanggup menghasilkan tenaga 187,4 dk dan torsi 239 Nm.

Alphard HEV dibanderol mulai Rp1,657 miliar untuk tipe Non Premium Color. Sedangkan untuk tipe Premium Color, Alphard HEV dijual Rp1,66 miliar on the road (OTR) Jakarta.

Baca juga: Catat, Titik Lokasi & Jadwal Shuttle Bus Gratis ke Pameran GIIAS 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kenali Bahaya Anemia untuk Remaja Putri, Berisiko Tingkatkan Stunting

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Film Misteri Whodunit untuk Pencinta Teka-Teki

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: