New Hyundai Palisade tersedia dalam tiga varian mulai dari Rp842 juta. (sumber gambar: PT Hyundai Motor Indonesia)

Hyundai Kian Agresif dengan SUV New Palisade

29 July 2022   |   11:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pasar kendaraan sport utility vehicle di dalam negeri kian ramai setelah Hyundai Motor Indonesia meluncurkan New Hyundai Palisade di Jakarta. Menyusul popularitas model Palisade sebelumnya, versi terbaru ini telah dipesan oleh ratusan peminat dan butuh waktu inden sekitar tiga bulan.

Chief of Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, mengatakan bahwa New Hyundai Palisade hadir dengan desain terbaru yang dilengkapi dengan penyempurnaan beragam fitur canggih dan tampilan pada eksterior dan interior kendaraan.

“Sehingga dapat memberikan kesan untuk empower your world sesuai dengan gaya dan minat pelanggan. Ke depannya, kami akan terus menghadirkan produk-produk yang berkualitas dengan teknologi inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami di Indonesia,” katanya.

Baca juga: Cek Harga, Fitur, & Kelebihan Mobil Hyundai Stargazer


Eksterior & Interior

Dari sisi bumper, perusahaan asal Korea Selatan ini memperbarui desain mobil sehingga terlihat lebih menyatu dengan grille cascade terbaru yang juga menerapkan fitur parametric shield. Tidak hanya itu, perusahaan juga menyematkan parametric hidden-type DRL yang mengintegrasikan grille dan lampu secara penuh sehingga tampilan lampu tidak terlihat saat kendaraan dalam keadaan mati.

Kendaraan ini juga mendapatkan detail baru di skid plate depat. “Nuansa pilar C yang berani dan panoramic view samping yang menghadirkan ruang baris ketiga yang lebih lapang,” kata Makmur.

Desain ini, lanjutnya, juga memberikan manfaat aerodinamis, dengan desain khusus yang mencakup sudut pilar A dan area pendinginan depan yang dioptimalkan. Perusahaan juga menyediakan dua pilihan velg alloy berukuran 18 inci dan 20 inci.
 

New Hyundai Palisade (Sumber gambar: PT Hyundai Motor Indonesia)

Sumber gambar: PT Hyundai Motor Indonesia


Fitur electronic inside rear view mirror juga terpasang di kendaraan ini guna mengurangi silau lampu pada kaca spion saat cahaya berlebih terdeteksi dari bagian belakang kendaraan.

Hyundai turut menyematkan ventilated seat di dalam versi terbaru Palilsade. Ventilated seat adalah pengatur suhu kursi yang diklaim untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan ekstra saat pengemudi dan penumpang di baris depan dan kedua membutuhkannya.

Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan heated seat, yaitu pengatur suhu kursi yang memberikan kehangatan ekstra saat pengemudi dan penumpang membutuhkannya.

Adapun, New Hyundai Palisade datang dengan TFT Color Touch Display Audio berukuran 12,3 inci yang memiliki tampilan digital. Fitur ini merupakan akses pengaturan untuk bantuan dan fitur lainnya.

Bagi pengemudi yang ingin mengisi ulang baterai gawai, kendaraan ini memiliki dua port USB-C charging di setiap baris, sehingga totalnya ada enam port. Selain port USB-C, perusahaan juga memasang wireless smartphone charger di kendaraan ini.

New Hyundai Palisade memiliki 12 speaker dan rear seat passenger talk mode guna memperlancar komunikasi ketika suara pengemudi tidak terdengar atau tersampaikan dengan baik ke kursi belakang. Kemudian, single dan dual sunroof juga tersedia di dalam mobil ini.


Mesin

Hyundai melengkapi New Palisade dengan mesin R.2.2 L CRDI inline 4 cylinder diesel dengan e-VGT yang didukung oleh 8-speed sistem transmisi otomatis. Mesin ini dapat membuat kendaraan memiliki tenaga maksimum hingga 200 ps/3.800 rpm dan torsi maksimal mencapai 440 Nm/ 1.750 – 2.750 rpm.

Pengemudi juga dapat memilih tipe mode berkendaraa dengan fitur drive mode. Mode-mode mengendara yang tersedia antara lain comfort, eco, sport, dan smart. Mode smart yang tersedia menggunakan algoritma pembelajaran yang secara otomatis menyesuaikan interval perpindahan gigi berdasarkan pola berkendara dari pengemudi.


New Hyundai Palisade Launch. (sumber gambar: PT Hyundai Motor Indonesia)

New Hyundai Palisade Launch. (sumber gambar: PT Hyundai Motor Indonesia)


Fitur Keselamatan dan Hiburan

Dari segi fitur keselamatan, Hyundai menyematkan beberapa tambahan fitur  untuk melengkapi Hyundai SmartSense  seperti, forward collision-avoidance assist (FCA) yang membantu mobil membaca kondisi jalan di depan melalui kamera.

Fitur FCA yang terpasang akan membuat kendaraan secara otomatis melakukan pengereman ketika mendeteksi mobil yang berada di depan berhenti mendadak. Kemudian, lane keeping assist (LKA) dan lane following assist (LFA) yang akan membantu agar mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi secara visual dan audio serta dukungan koreksi pada kemudi.

Hyundai juga melengkapi kendaraan ini dengan fitur blind spot collision-avoidance warning (BCW) yang menggunakan sensor radar untuk memperingatkan pengemudi tentang lalu lintas di area blind-spot.

“Fitur ini akan menampilkan pesan dan suara peringatan yang dapat didengar apabila terdeteksi risiko benturan atau tabrakan dengan objek atau kendaraan lain yang datang dari arah belakang,” katanya.

Baca juga: 2 Mobil Baru Mazda Siap Meluncur dengan Kisaran Harga Rp330 juta-Rp790 juta

Pengemudi akan mendapatkan peringatan dari mobil jika terdeteksi mengalami kelelahan dan akan mendapatkan rekomendasi untuk istirahat jika diperlukan dengan fitur driver attention warning (DAW) yang terpasang.

Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) yang berfungsi saat kendaraan mundur dari posisi parkir, sensor ini akan mendeteksi adanya objek atau kendaraan yang mendekat dari sisi kiri atau kanan belakang. Sensor ini juga mampu memberikan peringatan audio, dan jika diperlukan, akan mengaktifkan rem secara otomatis.

Selain itu, fitur-fitur lainnya yang ada di dalam kendaraan ini adalah high beam assist, safe exit assist (SEA), blind spot view monitor (BVW), surround view monitor (SVM), dan rear view monitor (RVM) dengan dynamic guidelines.

Kemudian, fitur manual speed limit assist (MSLA) dan smart cruise control (SCC) dengan stop and go juga tersedia di dalam kendaraan. Kendaraan ini juga telah dilengkapi dengan fitur Hyundai bluelink.  

Makmur menambahkan bahwa New Hyundai Palisade hadir dengan tiga varian, yakni Prime yang dimulai dari harga Rp842 juta (OTR Jakarta), Signature 2WD dengan harga Rp977 juta (OTR Jakarta), dan Signature AWD Rp1,11 miliar (OTR Jakarta).

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Hoshi SEVENTEEN Rayakan Hari Harimau Internasional dengan Single Tiger feat. Tiger JK

BERIKUTNYA

Kembangkan Talenta Digital di Indonesia, AWS Gelar Laptops for Builders

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: