Perfect Days (Sumber Foto: IMDb)

Jepang Bakal Bawa Perfect Days ke Ajang Piala Oscar 2024, Simak Sinopsisnya

12 September 2023   |   17:36 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jepang akan membawa Perfect Days dalam ajang Piala Oscar 2024. Film besutan sutradara Wim Wenders tersebut akan bersaing dalam kategori Best International Feature. Perfect Days rilis pada Mei 2023 dan memperoleh angka 94 persen dari 34 ulasan kritikus di Rotten Tomatoes.

Mengutip dari The Hollywood Reporter, Perfect Days sendiri telah memenangkan sejumlah penghargaan saat tayang di Cannes Film Festival 2023. Film ini sukses memboyong piala Ecumenical Jury Prize, serta pemeran utamanya Koji Yakusho juga meraih piala kategori aktor terbaik di festival film bergengsi tersebut.

Pada ajang Piala Oscar 2024 mendatang, pertama kalinya Jepang akan mengikutsertakan film garapan sutradara asing, Wim Wenders yang merupakan sutradara berkebangsaan Jerman. Sejauh ini dia telah menghasilkan banyak karya seperti American Friend (1977), Paris, Texas (1984), The Million Dollars Hotel (2000), Pina (2011), The Salt of the Earth (2014), Anselm (2023), dan lainnya.

Baca juga: 3 Filosofi Hidup Orang Jepang yang Bisa Bikin Kalian Tenteram

Meski begitu, para pemeran Perfect Days semuanya dibintangi oleh aktor Jepang. Para pemerannya ialah Koji Yakusho, Yumi Aso, Tokio Emoto. Sayuri Ishikawa, Tomokazu Miura, Arisa Nakano, Min Tanaka, Aoi Yamada, dan lainnya. Diproduksi oleh Master Mind Limited dan Spoon Inc. dari Jepang yang bekerja sama dengan Wenders Images dari Jerman.

Sinopsis Perfect Days
Perfect Days mengisahkan tentang kehidupan seorang pria paruh baya bernama Hirayama (Koji Yakusho) yang sehari-sarinya bekerja membersihkan toilet di Tokyo. Meski melakukan pekerjaan kasar, kehidupannya tergolong cukup dan tanpa kekurangan apapun.

Dia juga sangat menyukai kesederhanaan. Di sela-sela pekerjaannya, Hirayama gemar mendengarkan musik dan membaca buku. Terkadang memotret pepohonan yang ditemuinya di sepanjang jalan.

Kehidupan sehari-hari Hirayama mulai berubah ketika dihadapkan dengan orang-orang yang dia temui saat melakukan pekerjaannya. Dia menemukan banyak hal-hal indah dan menarik dalam kesehariannya yang selalu sendirian.

Film ini meskipun plotnya sederhana, namun sangat menghangatkan hati. Menceritakan tentang hubungan antarmanusia yang tampak sederhana namun sangat indah.

Prestasi Jepang di ajang Piala Oscar bukan hal baru. Pada 2022 lalu, Jepang memenangkan kategori Best International Feature Film melalui Drive My Car garapan sutradara Ryusuke Hamaguchi.

Sayangnya pada ajang Piala Oscar 2023, Jepang gagal membawa Plan 75 karya sutradara Chie Hayawaka. Adapun untuk nominasi Best International Feature Film di ajang Piala Oscar 2023 jatuh kepada All Quiet on the Western Front dari Jerman.

Baca juga: 12 Film Indie Jepang dari Japanese Film Festival yang Bisa Ditonton Gratis

Selain berlaga di Piala Oscar 2024, Perfect Days juga akan tampil di ajang pernghargaan film bergensi lainnya. Diketahui Perfect Days akan membuka Festival Film Internasional Tokyo 2024 pada Oktober tahun depan. Selain itu Wim Wenders juga akan menjabat sebagai juri dalam acara tersebut.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mewahnya Sneakers FENTY x PUMA Avanti Rancangan Rihanna

BERIKUTNYA

Resep Chocolate Cookies Bebas Gluten Paling Mudah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: