Mengkonsumsi maknan berkarohidrat secara berlebihan dapat menyebabkan rasa kantuk setelah makan (Sumber gambar:DCStudio, Freepik)

4 Cara Mengusir Rasa Kantuk Setelah Makan

12 September 2023   |   14:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Rasa kantuk setelah makan merupakan suatu hal yang sering terjadi pada beberapa orang. Kondisi ini terjadi karena adanya pelepasan hormon serotonin dan hormon melatonin. Biasanya rasa ngantuk yang berat bisa membuat kalian tertidur tanpa sadar, hal inilah yang kemudian akan menimbulkan berbagai penyakit.

Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh ketiduran setelah makan adalah gangguan pada proses pencernaan, menurunkan kapasitas waktu tidur, meningkatnya berat badan, hingga menyebabkan stroke. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ngantuk setelah makan, kalian perlu memperhatikan beberapa aspek.

Baca juga: Wajib Tahu, Berikut 7 Cara Hilangkan Kantuk saat Berkendara

Dilansir dari situs Cleveland Clinic dan VeryWell Healthy, terdapat berbagai cara untuk mengantisipasi hal ini. Apa saja? Simak informasi berikut:


1. Konsumsi Makanan Seimbang
 

Mengkonsumsi makanan sehat secara teratur ( Sumber gambar: Freepik)

Mengkonsumsi makanan sehat secara teratur ( Sumber gambar: Freepik)

Membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan. Kalian juga dapat mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dan mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak berlebihan merupakan penyebab dari rasa kantuk. Sebaiknya, kalian dapat mengukur takaran makanan yang dibutuhkan untuk makan, apalagi makan siang.

 
2. Waktu Tidur Cukup

 

Memiliki waktu istirahat yang cukup ( Sumber gambar: Kinga Howard, Unsplasj)

Memiliki waktu istirahat yang cukup ( Sumber gambar: Kinga Howard, Unsplasj)

Selain mengkonsumsi karbohidrat berlebih, kurangnya jam tidur di malam hari juga dapat menyebabkan rasa kantuk berlebihan di siang harinya. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas kerja dan jaga kesehatan kalian. Dengan membuat jadwal istirahat yang konsisten di malam hari, tentu saja akan mengurangi rasa kantuk .Sebaiknya, kalian juga dapat mengurangi aktivitas hingga larut malam.
 

3. Berjemur dan Olahraga Teratur

 

 Berolahraga secara teratur ( Sumber gambar: Gabin vallet, Unsplash)

Berolahraga secara teratur ( Sumber gambar: Gabin vallet, Unsplash)

Manfaat berjemur di matahari pagi, selain memberikan vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang,  juga dapat mengurangi rasa ngantuk. Dengan meluangkan waktu kurang lebih 20 menit untuk berjemur di pagi hari, akan meningkatkan hormon serotonin. Hormon ini, memiliki fungsi mempengaruhi otak untuk mengolah rasa ngantuk saat beraktivitas.

Selain itu, melakukan olahraga secara teratur dapat meningkatkan stamina dalam tubuh. Hal ini juga dapat kalian terapkan setelah makan. Dengan melakukan olahraga kecil seperti jalan-jalan dan juga peregangan,  hal ini berfungsi agar tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh yang kemudian menyebabkan rasa kantuk.
 

4. Jadwalkan Waktu Tidur Siang

 

Membiasakan diri membuat jadwal tidur ( Unsplash)

Membiasakan diri membuat jadwal tidur (Sumber gambar: Unsplash)

Setelah olahraga ringan usai makan siang, kalian juga perlu membuat jadwal untuk istirahat sejenak selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Hal ini berguna agar, kalian tidak merasa mengantuk sebelum memulai pekerjaan pada sore hari. Biasanya bagi para pekerja,  melakukan aktivitas setelah makan siang dapat menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan.
 
Nah, itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi rasa ngantuk berlebih, kalian juga dapat melakukan konsultasi dengan tenaga medis jika mengalami ngantuk berlebihan walaupun sudah istirahat, bisa saja kalian mengalami gangguan neurologis atau gangguan pada otak yang tidak mampu mengatur waktu tidur. 

Baca juga: Selain Kopi, Ini 4 Minuman yang Bisa Atasi Kantuk

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Dewa19, Ungu, hingga Pamungkas Bakal Ramaikan Konser JBL Festival Dare To Listen

BERIKUTNYA

Tren Investasi yang Disenangi Investor Muda, Apa Aja Ya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: