Ilustrasi orang stres monday blues (Sumber foto: Unsplash/Ahmad Gunnaivi)

Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengurangi Stres Akibat Monday Blues

11 September 2023   |   11:47 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Setiap orang pasti pernah mengalami monday blues, sebuah perasaan malas dan tidak bersemangat saat harus kembali ke rutinitas kerja atau sekolah setelah berakhir pekan dan memasuki hari Senin. Hari ini memang sering dianggap sebagai waktu yang sulit untuk dihadapi dan lebih parah lagi, bisa menimbulkan stres. 

Kondisi stres bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan pada tubuh. Data dari Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa stres bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas, stroke, gangguan tidur, kesehatan mental penyakit alzheimer, hingga penuaan dini. 

Nah untuk mencegah stres, terutama saat menghadapi hari Senin, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan sebagaimana dilansir dari situs World health Organization (WHO) dan Healthy for Life. Yuk simak. 

Baca juga: Penelitian Baru Ini Buktikan Monday Blues Benar Ada


1. Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga

Mengkonsumi makanan kaya serat dan protein mampu mengurangi bahaya stres (Sumber gambar: Unsplash)

Mengonsumi makanan kaya serat dan protein mampu mengurangi bahaya stres (Sumber gambar: Unsplash)

Salah satu cara mengurangi stres adalah dengan mengonsumsi makanan seimbang, 4 sehat 5 sempurna. Produk pangan sehat dapat berupa makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, kalsium, dan mineral.

Beberapa makanan yang mengandung zat di atas adalah alpukat, sarden, udang merah, keju, yogurt, wortel, minyak ikan, brokoli, bayam, telur, ikan, gandum, beras merah, ubi, dan kentang. Ingat, konsumsi makanan-makanan ini secara seimbang. 

Selain mengonsumsi makanan sehat, kalian juga wajib untuk melakukan olahraga sesuai dengan anjuran dokter. Dengan melakukan olahraga, tubuh akan semakin bugar dan mengurangi stres. 
 

2. Menghindari penggunaan gawai saat akhir pekan 

(Jangan menggunakan gedget berlebihan saat weekend (Sumber gambar: Pradamas Gifarry

(Jangan menggunakan gadget berlebihan saat weekend (Sumber gambar: Pradamas Gifarry

Survei American Psychological Association menemukan bahwa dari 3.500 orang, sebanyak 86 persen peserta penelitian mengalami stres diakibatkan oleh penggunaan gawai. Hal ini tentu saja sangat berbahaya jika tidak segera diatasi.

Oleh sebab itu, disarankan bagi kalian untuk memulai mengelola waktu penggunaan gawai seperti smartphone di akhir pekan. Sebagai gantinya, kalian bisa menghabiskan waktu dengan melakukan traveling ke berbagai tempat bersama orang terdekat. 
 

3. Memiliki waktu istirahat yang cukup

Meluangkan waktu tidur penting mengurangi tekanan pekerjaan (Sumber gambar: Singa Howard, Unsplash)

Meluangkan waktu tidur penting mengurangi tekanan pekerjaan (Sumber gambar: Singa Howard, Unsplash)

Bagi Genhype yang memiliki jadwal kegiatan padat selama sepekan, kalian wajib untuk memperhatikan waktu istirahat. Misalnya dengan meluangkan waktu untuk me time, melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti hunting makanan, berbelanja, atau sekadar menonton film/membaca buku. 

Selain itu, pada saat weekend kalian juga perlu membuat jadwal istirahat yang cukup tanpa adanya gangguan, baik dari sisi pekerjaan maupun dari kegiatan-kegiatan lain. Hal ini dilakukan agar, kalian memiliki tenaga yang full saat kembali melakukan pekerjaan pada Senin. 
 

4. Bersantai di akhir pekan

Berlibur di akhir pekan  bersama keluarga sangat direkomendasikan bagi para pekerja (Sumber gambar: Zach Beten, Unsplash)

Berlibur di akhir pekan bersama keluarga sangat direkomendasikan bagi para pekerja (Sumber gambar: Zach Beten, Unsplash)

Akhir pekan merupakan hal yang selalu dinantikan oleh para pekerja. Dengan akhir pekan kalian dapat memiliki waktu lebih untuk mengembalikan tenaga yang telah terkuras selama seminggu. Kalian dapat melakukan beberapa hal untuk sekedar bersantai sendiri atau bersama keluarga.

Selain itu, kalian juga dapat mengikuti kelas yoga atau melakukan meditasi dalam ruangan yang sunyi. Sebaiknya kalian memiliki waktu bercinta agar kembali bersemangat menjalani rutinitas di awal minggu. 
 

5. Menghindari kegiatan berat pada Senin 

Kurangi melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membuat stres (Sumber gambar: Elisa Ventur, Unsplash)

Kurangi melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membuat stres (Sumber gambar: Elisa Ventur, Unsplash)

Bagi kalian yang bekerja, sebaiknya memulai Senin dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak terlalu menggunakan tenaga atau menekan pikiran, misalnya  membiasakan membuat jadwal pekerjaan ringan. Hal ini berguna agar mood bekerja tetap terjaga untuk melanjutkan pekerjaan di hari-hari berikutnya.

Nah, Genhype itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi stress di hari Senin.  Jika kalian memiliki masalah dengan manajemen stres, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter atau psikolog. Hal ini dilakukan agar dampak buruk stres dapat segera teratasi. 

Baca juga: Sejarah Blue Monday, Senin yang Dianggap Paling Suram

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hasil MotoGP San Marino, Francesco Bagnaia Masuk Podium, Dani Pedrosa Finis Keempat

BERIKUTNYA

Resep Tahu Gimbal dengan Bumbu Kacang Lezat Khas Semarang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: