V BTS. (Sumber gambar: BIGHIT MUSIC)

V BTS Cetak Rekor Penjualan Artis Solo Berkat Album Debut Layover

10 September 2023   |   13:51 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Dukungan para Army kepada BTS memang besar baik untuk proyek grup maupun solo para membernya. V BTS baru saja mencetak rekor penjualan hari pertama tertinggi sebagai artis solo berkat album perdananya bertajuk Layover. Berisikan 6 trek, Layover telah meluncur pada 8 September 2023 baik dalam bentuk fisik maupun digital.

Berdasarkan laporan lembaga survei Hanteo Chart pada 9 September 2023, album Layover milik V BTS telah terjual sebanyak 1.672.138 kopi dalam hari pertama perilisannya saja yakni pada 8 September 2023. Angka ini memecahkan rekor penjualan hari pertama tertinggi dari semua album solo K-Pop dalam catatan Hanteo.

Baca juga: Fakta Menarik MV Slow Dancing Milik V BTS, Penuh Teka-teki dan Teori

Penyanyi pemilik nama asli Kim Tae-hyung itu tidak hanya mencapai penjualan hari pertama tertinggi di antara solois mana pun hingga saat ini, tetapi juga menjadi artis solo ketiga dalam sejarah Hanteo yang menjual lebih dari satu juta kopi album pada hari pertama peluncurannya.

Dua penyanyi solo lain yang pernah mencapai angka 1 juta dalam satu hari penjualannya adalah rekannya di BTS yakni Jimin dan Suga.

Keduanya memegang rekor sebelumnya untuk penjualan hari pertama tertinggi oleh artis solo berkat album D-DAY. Selain itu, V kini juga menjadi artis dengan penjualan hari pertama tertinggi kelima secara keseluruhan setelah SEVENTEEN, BTS, Stray Kids, dan TXT.
 


Sementara itu, Soompi melaporkan bahwa V BTS juga mendominasi tangga lagu iTunes di seluruh dunia dengan debut solo resminya. Setelah merilis album Layover serta lagu utama berjudul Slow Dancing pada 8 September 2023, baik album maupun lagunya melonjak ke puncak tangga lagu iTunes di berbagai negara di dunia.

Sehari setelah perilisannya, lagu Slow Dancing dilaporkan telah berada di posisi nomor 1 tangga lagu iTunes Top Songs di setidaknya 75 wilayah berbeda, termasuk Inggris, Brasil, Jepang, Prancis, Australia, Kanada, dan lagi. 

Sementara itu, album Layover telah mencapai nomor 1 di tangga lagu iTunes Top Albums di setidaknya 65 wilayah berbeda. Capaian ini pun diperkirakan akan terus mengalami peningkatan.

Slow Dancing sendiri merupakan title track dalam album solo V BTS yang bertajuk Layover. Sebelumnya, penyanyi berusia 27 tahun itu telah meluncurkan dua lagu pre-release berjudul Love Me Again dan Rainy Days

Album Layover sendiri memiliki total 6 lagu yakni Slow Dancing, Rainy Days, Blue, Love Me Again, For Us, dan Slow Dancing (Piano Ver.). Masing-masing mengusung genre musik berbeda yang menonjolkan pesona solois kelahiran Daegu tersebut sebagai musisi. 

Adapun, untuk video klip Slow Dancing sampai saat ini telah ditonton sebanyak lebih dari 12 juta kali sejak dirilis 2 hari lalu dan menduduki posisi nomor dua di tangga musik YouTube. Dalam video musik tersebut, memperlihatkan V yang menghabiskan momen-momen bahagia bersama teman-temannya dengan suguhan pemandangan alam pegunungan yang indah.

Selain menampilkan video klip yang menarik, lagu Slow Dancing juga terdengar asyik untuk menemani beraktivitas atau menghabiskan waktu panjang saat berkendara. Lagu ini memiliki genre pop dengan sentuhan gaya soul 1970-an. Suara merdu dari alat musik flute akan membuat pendengar ikut menari atau bergoyang perlahan mengikuti irama musik.

Slow Dancing sebagai lagu utama dari album debut solo V tampaknya tidak mengecewakan. Terlebih, debut solo V sendiri memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh para Army, mengingat dia adalah anggota BTS terakhir yang debut untuk proyek solo. Sampai saat ini, member lain yang telah merilis karya solonya antara lain J-Hope, Jin, RM, Jimin, Suga, Jungkook, lalu V.
 

Sebagai informasi, dalam memproduksi album solo perdananya ini, V bekerja sama dengan CEO label ADOR, Min Hee Jin, sebagai produser yang juga berperan dalam penggarapan lagu-lagu girlgroup K-Pop NewJeans. Min Hee Jin bertugas untuk memimpin keseluruhan proses produksi album Layover termasuk musik, koreografi, desain, dan promosi.

Hee Jin mengatakan bahwa dirinya menerima tawaran untuk bekerja sama dalam penggarapan album Layover pada akhir 2022. Semula, dia ragu untuk menerima tawaran tersebut karena jadwalnya yang cukup padat. Terlebih, dia mengaku belum mengenal sosok V sebelumnya.

Namun, karena sikap, semangat, dan kualitas vokal yang dimiliki V, dia akhirnya tertarik untuk memproduseri album Layover. Dalam album ini, dia mengatakan ingin menyiapkan sejumlah karya musik yang mencerminkan gaya dan preferensi V dalam bermusik dengan sentuhan pengembangan darinya.

"Alih-alih [menawarkan] gaya yang familiar, kami menempatkan fokus pada musik yang ingin kami buat dan musik yang dapat kami lakukan dengan baik. Kami sangat sibuk, tapi saya pikir ini produksi yang menarik," katanya.

Sementara itu, merilis album solo perdananya, V mengaku sempat merasa gugup tapi di sisi lain senang. Penyanyi pemenang Best Idol Actor di Soompi Awards itu menuturkan album Layover merupakan wujud dari selera bermusiknya selama ini.

"Saya bersiap sambil berpikir bahwa ARMY akan senang, jadi saya harap kalian bisa mengantisipasinya. Saya pikir kalian akan dapat melihat sisi baru dari artis solo V yang berbeda dari V BTS," katanya

Diketahui, sebelum merilis album Layover, V juga telah merilis sejumlah single solo hit seperti Stigma, Singularity, Inner Child, 4 OCLOCK, Scenery, Winter Bear, Blue & Grey, Snow Flower, dan banyak lagi.

Baca juga: V BTS Resmi Rilis 3 Lagu Solo Hit Scenery, Winter Bear & Snow Flower di Platform Streaming Musik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

8 Lagu dengan Durasi Terpanjang di Dunia, Rekor Sampai 138 Jam!

BERIKUTNYA

Deretan Fakta Menarik & Daftar Pemain Film Jawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: