V BTS mencetak rekor penjualan dengan album Layover. (Sumber gambar : X/bts_bighit)

V BTS Cetak Sejarah Lagi, Penjualan Album Layover Tembus 2 Juta Kopi

15 September 2023   |   20:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

V (Kim Tae-hyung) mencetak rekor baru dengan album solo pertamanya, Layover. Album debut sebagai penyanyi di luar aktivitasnya bersama BTS itu menembus penjualan 2,1 juta kopi sejak dirilis pada 8 September 2023. Capaian ini menjadi sejarah baru di industri musik K-Pop. 
 
Menurut data Hanteo Chart, hanya lima solois yang mampu melewati ambang batas penjualan album fisik 1 juta kopi pada minggu pertama. Album solo V secara mengejutkan terjual lebih dari 1,67 juta kopi pada hari pertama perilisannya.  

Baca juga: V BTS Tebar Pesan tentang Refleksi Diri untuk ARMY Lewat Album Layover

Selain V, yang masuk ke dalam peringkat 3 teratas merupakan rekan sesama anggota BTS, yakni Jimin dan Suga. Album Jimin bertajuk Face terjual 1,45 juta kopi pada minggu pertama, sementara album Suga, D-Day tembus 1,28 juta kopi.

Dengan capaian ini, V juga menjadi solois dengan penjualan minggu pertama tertinggi keenam dalam sejarah musik K-Pop, setelah Stray Kids, SEVENTEEN, NCT DREAM, BTS, dan TXT. Layover diperkirakan akan menduduki peringkat teratas di chart album Billboard 200 untuk pekan ini, yang akan diumumkan paling cepat pada Minggu, (17/9/2023).

Adapun Layover berisi enam lagu, termasuk single utama, Slow Dancing serta lagu pra-rilis Rainy Days dan Love Me Again. Love Me Again disambut positif oleh ARMY dan sukses memperoleh lebih dari 100,2 juta streaming di Spotify. Sementara di kanal YouTube Hybe Labels, lagu tersebut telah didengarkan 57 juta kali dalam kurun waktu 1 bulan.

Dalam segmen Spotipoly di K-Pop ON! dari Spotify, V mengajak penggemarnya untuk terjun dalam satu demi satu lagu yang dianggap sebagai perjalanan di album Layover. Pasalnya, setiap lagu yang diusung V BTS memiliki cerita masing-masing. Bukan hanya dalam lagu, cerita menarik pun terjadi selama proses pengarapan album ini.
 

Dalam proses pembuatan guide track, V mengaku proses perekamannya dilakukan di rumah maknae BTS, Jung-kook. Bahkan, Jung-kook juga membantu mengarahkan proses perekaman guide track yang dilakukan V. Hasilnya, V merampungkan lagu-lagu unik yang sesuai dengan karakteristik vokalnya.

Dalam album Layover ini, V menyiratkan pesan-pesan utama tentang refleksi diri dan melepas penat dari rutinitas keseharian. Menurutnya, hidup memang harus melalui proses yang panjang hingga menuju akhir. Namun dalam perjalanannya, banyak orang yang lupa melihat balik tujuan mereka.

"Dalam hidup, langsung menuju ke tujuan akhir sangat jarang terjadi. Jadi, melalui Layover, aku berharap orang-orang dapat beristirahat sejenak, merefleksikan diri, dan melihat kembali tujuan mereka,” kata V BTS dalam K-Pop ON!.

V menitipkan pesan untuk menikmati proses dan mengambil waktu untuk bersantai sejenak dari kepadatan aktivitas sehari-hari. “Aku berharap semua orang, termasuk diriku sendiri, tidak mengabaikan diri mereka karena terlalu fokus pada pekerjaan,” tuturnya.

Dia berpendapat, tidak apa-apa untuk beristirahat sejenak dan mengambil waktu untuk rehat dan menenangan diri. V juga berharap pendengar lagunya dapat memikirkan kesehatan, kebahagiaan, dan kesehatan mental.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tren Bisnis Cafe Bakery di Indonesia Kian Menjanjikan, Ini Alasannya

BERIKUTNYA

One Piece Live Action Lanjut Season 2 di Netflix, Karakter Tony Tony Chopper Bakal Muncul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: