Ilustrasi platform streaming musik. (Sumber gambar: Fath/Unsplash)

8 Lagu dengan Durasi Terpanjang di Dunia, Rekor Sampai 138 Jam!

10 September 2023   |   13:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Musik merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari manusia. Tanpa musik, dunia akan sepi, hampa, dan monoton, karena musik bisa mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia. Dari musik, lagu-lagu tercipta sebagai sumber inspirasi dan motivasi bagi banyak orang.

Selain genre atau tema cerita, setiap lagu juga memiliki durasi yang berbeda-beda. Lagu biasanya hanya berdurasi beberapa menit meskipun proses pembuatannya tak jarang membutuhkan waktu yang lama dari para musisi.

Namun, seiring perkembangan teknologi baru, memungkinkan musik dibuat dengan durasi lebih panjang begitupun durasi pada lagu yang tercipta.

Baca juga: 20 Lagu K-Pop Terbaik yang Mendunia Menurut Rollingstone

Mengutip laman Guinness World Records, lagu berjudul Shri Ramcharitmanas ciptaan penulis sekaligus peneliti asal India, Jagadeesh Pillai, dinobatkan sebagai lagu dengan durasi terlama yang pernah dirilis. Lagu yang diluncurkan pada 5 Maret 2023 itu memiliki durasi 138 jam 41 menit 20 detik. 

Pillai menyusun dan merekam satu lagu berdasarkan keseluruhan buku puisi berjudul Shri Ram Charit Manas, yang terdiri dari lebih dari 15.000 ayat. Puisi epik ini ditulis dalam bahasa Awadhi (bahasa rakyat Hindi), dan disusun oleh penyair bhakti India abad ke-16, Goswami Tulsidas.

Selain lagu tersebut, ada lagi sejumlah lagu yang didapuk menjadi lagu dengan durasi terpanjang yang pernah dirilis. Apa saja? Berikut adalah informasi lengkapnya yang telah dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber.
 

8. Light of Day, Day of Darkness (1 jam 7 detik)

 

Light of Day, Day of Darkness adalah lagu metal progresif yang diciptakan oleh band asal Norwegia, Green Carnation dan dirilis oleh label rekaman Jerman bernama Prophecy Productions pada November 2001. Berdurasi satu jam, Light of Day, Day of Darkness menjadi salah satu lagu metal terpanjang yang pernah direkam.

Lagu ini menggabungkan banyak instrumen berbeda yang tidak biasa digunakan dalam musik metal untuk menciptakan soundscape orisinal, termasuk menampilkan beberapa sentuhan dan geraman death metal.
 

7. The Devil Glitch (1 jam 9 menit)

 

The Devil Glitch ciptaan musisi Amerika Chris Butler adalah salah satu lagu terpanjang yang dirilis di Spotify. Lagu ini dirilis pada tahun 2000 dengan genre pop progresif dan pop seni. Lagu berdurasi 1 jam 9 menit itu bahkan menyandang predikat lagu pop terpanjang hingga dimahkotai oleh Apparente Libertà karya Giancarlo Ferrari.
 

6. Apparente Libertà (1 jam 16 menit)

 

Apparente Libertà adalah lagu pop terpanjang di dunia yang pernah direkam  pada 2022. Ini adalah lagu synthpop dengan nada berulang, art pop serta menggunakan sequencer dan tracker. Lagu tersebut berdurasi 76 menit 47 detik, dengan score 150 halaman, dan lebih dari 700 bait.

Musiknya disusun sejak 2005 oleh musisi Italia Giancarlo Ferrari, anggota pendiri band rock gothic Some Sad Clowns, dan dirilis sebagai salinan fisik (CD) pada tahun 2008. 
 

5. The Whirlwind (1 jam 17 menit)

 

The Whirlwind adalah lagu yang dirilis dalam album studio ketiga band rock progresif asal Inggris, Transatlantic. Dirilis pada 23 Oktober 2009, The Whirlwind adalah salah satu lagu dengan durasi terlama yang dipecah menjadi beberapa bagian untuk dimasukkan ke dalam satu album.
1
2


SEBELUMNYA

Jakarta Architecture Festival 2023 Digelar, Jadi Ruang Diskusi untuk Masa Depan Jakarta

BERIKUTNYA

V BTS Cetak Rekor Penjualan Artis Solo Berkat Album Debut Layover

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: