Fesyen ala Gen Z (Sumber: Freepik/Freepik)

Punya Ciri Khas Tersendiri, Begini Karakteristik Fesyen & Gaya Outfit Gen Z

08 September 2023   |   19:00 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Generasi Z telah melahirkan berbagai tren, termasuk di bidang fesyen. Lewat penggunaan outfit yang nyentrik dan punya ciri tersendiri, kelompok yang lahir antara 1996 sampai 2010 awal itu telah menghasilkan gelombang baru dalam dunia mode sehari-hari. 

Gen Z menonjolkan sisi kemampuan untuk mengekspresikan dirinya, termasuk dalam bidang fesyen. Selain itu, gaya berpakaian generasi ini banyak dipengaruhi oleh apa yang ramai di media sosial. Platform seperti Instagram, TikTok, hingga YouTube jadi wadah content creator dan influencer menunjukkan style mereka, yang diikuti oleh kelompok tersebut. 

Melansir dari Fashion Week Online, karakteristik-karakteristik dari fesyen gen Z tak terlepas dari berbagai pengaruh, mulai dari gaya lampau yang dibangkitkan kembali hingga keberlanjutan dan inklusivitas gender.

Generasi ini menerima fesyen sebagai cara untuk menunjukkan pemberdayaan diri melalui penggunaan berbagai jenis pakaian dan aksesori untuk mengekspresikan diri mereka. Berikut adalah karakteristik lengkap yang bisa ditemukan dalam fesyen ala generasi Z. 

Baca juga: Tantangan yang Dihadapi Gen Z, Mulai dari Karier sampai Isu Kesehatan Mental
 

Karakteristik Fesyen Gen Z


1. Individualitas & Ekspresi Diri 
kemampuan gen Z untuk merangkul dan bereksperimen terhadap berbagai style merupakan cara mereka untuk memancarkan keunikan dalam fesyen. Pada umumnya, kelompok ini menyukai kebebasan untuk mencoba berbagai gaya, kemudian melakukan mix and match untuk membuat versi mereka sendiri. 

2. Keberlanjutan & Etika dalam Fesyen
Gen Z cenderung memiliki kesadaran lingkungan yang akan memengaruhi keputusan mereka dalam memilih produk fesyen. Generasi ini memprioritaskan aspek keberlanjutan dan praktik etika fesyen, sehingga akan lebih memilih merek yang menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, menerapkan sistem perdagangan yang adil, dan bersifat transparan. 

3. Mengaburkan Batasan Gender
Jenis pakaian atau style unisex menjadi pilihan generasi Z yang mendorong inklusivitas atau ingin menerapkan fesyen dengan lebih fleksibel.

4. Mengembalikan Fesyen Lampau
Tren fesyen kelompok ini tak jarang datang dari tren yang sudah pernah ada beberapa dekade lalu. Style retro misalnya, cukup banyak digunakan oleh golongan anak muda ini dengan tetap menggabungkan unsur-unsur modern. 

5. Menekankan pada Kenyamanan & Fungsi 
Generasi Z juga cenderung lebih memilih pakaian yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan bebas. Hal itulah yang membuat outfit bergaya oversized menjadi cukup populer digunakan oleh generasi ini. Unsur kenyamanan dan fungsionalitas jadi hal yang sangat dipertimbangkan. 
 

Jenis Pakaian untuk Outfit Gen Z

Berikut adalah beberapa jenis pakaian yang sebaiknya dimiliki, sehingga kamu bisa mix and match dan tampil dengan outfit ala gen Z.

1. Pakaian yang Nyaman
Pastikan memiliki pakaian yang nyaman untuk digunakan. Hal ini adalah salah satu karakter utama generasi Z yang cenderung menyukai pakaian seperti yang digunakan sehari-hari di rumah. Mereka tak sungkan untuk mengenakannya ketika beraktivitas di luar rumah.

2. Pakaian Oversize
Jenis pakaian ini juga memberikan kenyamanan dan merupakan salah satu style populer di kalangan gen Z. Gunakan sweater, kaos, atau celana longgar untuk gaya outfit santai ala anak-anak muda ini. 

3. Pakaian Sporty & Streetwear 
Penggunaan hoodies dan sneakers merupakan outfit yang makin banyak digunakan oleh kelompok Z saat ini. Kamu juga bisa melakukan mix and match pakaian sporty dengan outfit sehari-hari untuk menampilkan kesan keren pada tampilanmu, dengan tetap nyaman dan bebas.  

4. Pakaian Vintage Thrift 
Gen Z memiliki kegemaran tersendiri untuk berbelanja thrift, salah satunya adalah untuk menemukan pakaian bergaya lampau atau vintage. Dengan melakukan thrifting, kamu bisa mencari kaos grup musik, jaket denim, hingga aksesori retro untuk gaya outfit yang autentik. 

5. Aksesori & Perhiasan
Eksperimen gen Z dalam dunia fesyen membuat aksesori dan perhiasan memegang peranan penting untuk mempercantik penampilan. Beberapa di antaranya adalah penggunaan sneaker tebal, bucket hats, kacamata besar, hingga perhiasan berlapis. Kamu juga bisa mencoba pakaian dengan motif beragam, berwarna mencolok, dan lainnya untuk membuat ciri khasmu.

6. Pilihan Fesyen yang Ramah Lingkungan
Gen Z memiliki komitmen dalam aspek keberlanjutan untuk menentukan pilihan fesyennya. Jadi, pertimbangkan untuk memilih pakaian dengan bahan-bahan ramah lingkungan, seperti katun organik, rami, dan barang recycle. Selain itu, dukung merek-merek yang menerapkan praktik-praktik keberlanjutan. 

Baca juga: Mayoritas Milenial & Gen Z Lebih Nyaman Nonton Video pakai Subtitel, Padahal Bukan Bahasa Asing

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengenal SynthID, Teknologi Google untuk Mengidentifikasi Gambar Hasil AI 

BERIKUTNYA

3 Kreasi Menu Sehat Khas Indonesia Non Gorengan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: