Cuplikan film Dear Jinri. (Sumber gambar: Situs resmi BIFF)

Dear Jinri, Film Dokumenter Mendiang Sulli Bakal World Premiere di BIFF 2023

06 September 2023   |   16:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pada 2019, dunia hiburan Korea Selatan dikejutkan dengan kematian Choi Jin-ri. Penyanyi yang lebih dikenal dengan nama panggung Sulli itu ditemukan meninggal dunia akibat gantung diri di rumahnya di Sujeong-gu, Seongnam-si. Kepergiannya menyisakan duka mendalam sekaligus penuh misteri.
 
Kini, empat tahun berselang, film yang mengisahkan tentang kehidupan dan rekam jejak karier mantan personel girl group K-Pop f(x) itu segera dirilis oleh rumah produksi Mystic Story dengan judul Persona: Sulli. Film tersebut dijadwalkan rilis pada paruh kedua tahun ini.
 
Film Persona: Sulli akan terdiri dari dua bagian yakni film pendek berjudul 4: Clean Island yang dibintangi Sulli sebagai pemeran utama serta film dokumenter panjang bertajuk Dear Jinri. Secara khusus, film Dear Jinri akan world premiere di Busan International Film Festival (BIFF) 2023 dalam kategori Documentary Showcase of the Wide Angle. 

Baca juga: Sejarah Pembentukan Busan International Film Festival & Misi Besar yang Diusung
 
Untuk diketahui, BIFF tahun ini akan diadakan selama 10 hari mulai dari tanggal 4 Oktober hingga 13 Oktober 2023 di Busan Cinema Center, Korea Selatan. Adapun, pihak penyelenggara belum menginformasikan jadwal penayangan film Dear Jinri.
 
Melansir Korea Herald, Dear Jinri adalah film dokumenter berdurasi panjang yang menyampaikan berbagai kekhawatiran dan pemikiran sehari-hari yang dialami oleh Sulli ketika berusia 25 tahun. 
 
Digarap oleh sutradara Jung Yoon-sook, film dokumenter ini akan tersaji dalam bentuk wawancara mendalam, yang disebut-sebut menjadi rekaman interview terakhir sang artis sebelum meninggal dunia. Film ini mencoba menampilkan semua keinginan Sulli secara apa adanya kepada publik.
 
Sementara itu, film pendek Sulli yang berjudul 4: Clean Island akan mengikuti kisah "4", yang bermimpi untuk berimigrasi ke Pulau Bersih, yang merupakan tempat terbersih di dunia.
 
"Kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa Choi Jin-ri adalah seorang aktris yang baik dan orang yang baik melalui karya terakhirnya Persona: Sulli," kata seorang pejabat dari rumah produksi Mystic Story.
 

Cuplikan film Dear Jinri. (Sumber gambar: Situs resmi BIFF)

Poster film Persona:Sulli. (Sumber gambar: Mystic Story)

 


Profil Sulli 

Choi Jin-ri atau Sulli adalah penyanyi, aktris sekaligus model kelahiran 29 Maret 1994. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, bakat seninya sudah terlihat. Kala usianya baru menginjak 11 tahun, dia telah membintangi drama The Ballad Seodong yang ditayangkan SBS dan berperan sebagai Princess Sunhwa muda.
 
Setelah itu, dia juga tampil menjadi kameo di drama SBS lain berjudul Love Needs Miracle. Pada 2006, perempuan kelahiran Yangsan ini tampil sebagai figuran sebagai penaksir masa kecil Micky dari TVXQ di drama teater Vacation, begitupun dalam drama lain seperti Punch Lady and The Flower Girl is Here (2007) dan Babo (2008).
 
6 tahun berselang, Sulli beradu akting dengan Choi Min-ho dari SHINee dalam drama garapan SM Entertainment, To The Beautiful You, versi Korea dari Hana Kimi. Proyek ini disutradarai Jun Ki-sang yang juga menggarap drama populer Boys Over Flowers. Sejak saat itu, kariernya di dunia seni peran semakin cemerlang. Pada 2014, Sulli membintangi sejumlah film layar lebar diantaranya The Pirates dan Fashion King.
 
Tak hanya akting, Sulli juga menunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi. Dia lolos audisi SM acting audition dengan menyanyikan lagu dari S.E.S. berjudul Chingu (Friend). Setelah audisi, dia resmi menjadi SM trainee dan pada tahun yang sama pindah ke asrama dengan Taeyeon & Tiffany Girl's Generation. Pada 2009, dia bergabung dengan girl group f(x) besutan SM Entertainment.
 
Namun, di tengah kariernya yang sedang bersinar, Sulli meninggal dunia karena bunuh diri pada 2019 di usia 25 tahun. Dia dilaporkan sejumlah media Korea menderita depresi berat, karena telah lama menjadi sasaran fitnah online.

Kala itu Sulli mendapatkan cancel culture karena dianggap melanggar norma-norma sosial, mulai dari mengunggah foto dirinya tanpa bra dan berterus terang tentang hubungan romantisnya, hingga menyiarkan langsung momen minum-minum bersama teman-temannya di media sosial.

Baca juga: Wih! 12 Film & Serial Indonesia Bakal Tayang di Busan International Film Festival 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Edisi: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Jay Idzes, Pesepakbola Liga Italia yang Bakal Dinaturalisasi Perkuat Timnas Indonesia

BERIKUTNYA

Jay Idzes Tambah Daftar Pemain Kelahiran Belanda Bela Timnas Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: