Azizah Salsha & Pratama Arhan (Sumber gambar: Azizah Salsha & Pratama Arhan Official Instagram)

4 Fakta Pernikahan Pesepak Bola Timnas Pratama Arhan & Selebgram Azizah Salsha

21 August 2023   |   13:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan resmi menikah dengan selebgram Azizah Salsha pada Minggu (20/8/2023) di Tokyo, Jepang. Kabar ini pun menjadi perbincangan warganet di media sosial. Banyak netizen yang turut berbahagia dengan pernikahan mereka, namun tak sedikit juga yang mengungkit masa lalu keduanya.

Pratama Arhan Alif Rifai atau yang lebih dikenal dengan panggilan Arhan adalah pesepak bola yang bermain sebagai bek penuh untuk klub Tokyo Verdy di Liga 2 Jepang dan tim nasional Indonesia. Pria berusia 21 tahun ini dikenal karena tendangan bebasnya yang kuat.

Baca juga: Prediksi 11 Pemain Inti Timnas Indonesia vs Thailand, Siapa Pengganti Pratama Arhan?

Namanya bersinar saat timnas Indonesia menang melawan Malaysia dalam matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020. Bek sayap milik PSIS Semarang itu memiliki andil besar dalam kemenangan besar Skuad Garuda, hingga meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik sampai-sampai membuat manajemen Tokyo Verdy tertarik untuk merekrutnya.
 

d

Pratama Arhan dan Azizah Salsha melangsungkan prosesi pernikahan di Masjid Indonesia Tokyo, Jepang, pada Minggu (20/8/2023) pukul 13.00 JST atau pukul 11.00 WIB. (Sumber gambar: Andre Rosiade/Instagram)

Sementara Nurul Azizah Rosiade atau yang lebih dikenal dengan nama Azizah Salsha merupakan anak dari seorang pebisnis sekaligus politisi Partai Gerindra yang menduduki kursi DPR RI Dapil Sumatera Barat, Andre Rosiade. Perempuan kelahiran 21 Oktober 2003 itu dikenal sebagai selebgram yang memiliki hampir 600.000 pengikut di Instagram.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa fakta pernikahan Pratama Arhan dan Azizah Salsha seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id
 

1. Menikah di Jepang

Pratama Arhan dan Azizah Salsha melangsungkan prosesi ijab kabul di Masjid Indonesia Tokyo, Jepang, pada Minggu (20/8/2023) pukul 13.00 JST atau pukul 11.00 WIB. Prosesi pernikahan mereka dipimpin oleh Akhmad Munir sebagai penghulu KBRI Tokyo. 

Dalam pernikahan itu, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali bertindak sebagai juru bicara pihak keluarga pria, sementara dari pihak keluarga wanita Ahmad Muzani menjadi juru bicara.

Akad nikah Pratama Arhan dengan Nurul Azizah berlangsung khidmat dan sederhana. Setelah akad nikah, acara dilanjutkan dengan resepsi di Balai Indonesia Tokyo pada 14:00 waktu Jepang atau pukul 12:00 WIB.
 

Pratama Arhan dan Azizah Salsha melangsungkan prosesi pernikahan di Masjid Indonesia Tokyo, Jepang, pada Minggu (20/8/2023) pukul 13.00 JST atau pukul 11.00 WIB. (Sumber gambar: Andre Rosiade/Instagram)

Pratama Arhan dan Azizah Salsha melangsungkan prosesi pernikahan di Masjid Indonesia Tokyo, Jepang, pada Minggu (20/8/2023) pukul 13.00 JST atau pukul 11.00 WIB. (Sumber gambar: Andre Rosiade/Instagram)

Pemilihan Jepang sebagai lokasi pernikahan tidak lepas dari keberadaan Pratama Arhan yang merupakan pemain klub Liga Jepang J League 2 Tokyo Verdy. Arhan memang sudah bermain di Tokyo Verdy sejak 2022. Debutnya bersama Verdy di J League 2 terjadi pada pekan ke-29 saat melawan Shimizu S-Pulse.
 

2. Dihadiri Pejabat Publik

Meski melangsungkan acara di Tokyo, Jepang, pernikahan Pratama Arhan dan Azizah Salsha dihadiri banyak tamu undangan yang berasal dari kalangan pejabat publik. Hal ini tidak terlepas dari Azizah Salsha yang merupakan anak seorang politisi partai.

Pernikahan Arhan dan Azizah dihadiri oleh Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir serta Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Hadir juga dalam acara pernikahan itu sebagai tamu undangan yakni Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Bendahara DPP Partai Gerindra Thomas Djiwandono, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budi Djiwandono, anggota DPR RI Nusron Wahid, Rudi Mashud, Prasetyo Hadi, hingga Husein Fadlulloh.
 


3. Presiden Jokowi Memberikan Ucapan Selamat

Tak hanya dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga ikut memberikan ucapan selamat atas pernikahan Arhan dan Azizah. Dalam sebuah video, Presiden Jokowi mengungkapkan turut berbahagia atas pernikahan Arhan dan Azizah, dan ikut mendoakan agar pernikahan mereka senantiasa mendapatkan rahmat dari Tuhan.

Orang nomor satu di Indonesia itu juga mendoakan agar pernikahan keduanya sakinah, mawadah, dan warohmah. "Memberikan kebaikan, keberkahan dan kebahagiaan dan menjadikan ananda sebagai keluarga yang sakinah mawadah warohmah," kata Jokowi dalam video yang diunggah oleh politikus Andre Rosiade.
 

4. Mahar Perhiasan Berlian

Untuk menikahi Azizah, Arhan memberikan mahar berupa perhiasan berlian kepada sang istri. Namun, tidak diketahui secara detail terkait perhiasan berlian tersebut. Untuk diketahui, mahar atau maskawin adalah pemberian yang diberikan oleh pihak lelaki kepada mempelai wanita pada saat pernikahan.

Selain menjadi syarat wajib, mahar juga merupakan sebuah bukti jika mempelai lelaki serius ingin menikahi wanita pilihannya dan bersatu dalam bahtera rumah tangga.

Baca juga: Tyas Mirasih Resmi Menikah dengan Tengku Tezi, Cek Busana Pengajian & Pernikahannya yang Anggun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Trail Run, Kombinasi Keindahan Alam & Tantangan Ekstrem untuk Para Pegiatnya

BERIKUTNYA

Hemat dan Ramah Lingkungan, Milenial Kian Tertarik dengan Kendaraan Listrik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: