The Wonderful Story of Henry Sugar. (Sumber: Netflix)

Benedict Cumberbatch Bintangi Film Terbaru Wes Anderson, The Wonderful Story of Henry Sugar

04 September 2023   |   19:15 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Setelah merilis film Asteroid City (2023) pada Juni lalu, Wes Anderson tahun ini sepertinya belum akan rehat dari industri perfilman dunia. Pasalnya, sutradara yang terkenal dengan gaya sinematiknya yang khas ini akan merilis film baru pada September 2023 mendatang. 

Film terbaru Wes Anderson tahun ini berjudul The Wonderful Story of Henry Sugar, sebuah film pendek berdurasi kurang lebih 40 menit. Film ini merupakan adaptasi kedua Anderson atas novel karya Roald Dahl dengan judul yang sama. Sebelumnya, sutradara The Grand Budapest Hotel ini sudah pernah membuat adaptasi dari novel anak-anak karya Dahl lain berjudul Fantastic  Mr. Fox (2009). 

Baca juga:  Review Film Asteroid City, Semesta Multiperan Wes Anderson yang Keren Sekaligus Membingungkan

Fantastic Mr. Fox cukup meninggalkan kesan mendalam lewat produksi stop motion ciamik garapan Wes Anderson. Kini, Anderson menggandeng Benedict Cumberbatch untuk berperan sebagai karakter utama pada film ini, yaitu Henry Sugar. Deretan aktor lain yang turut ambil peran dalam film ini antara lain Dev Patel sebagai Dr. Chaterjee dan Ralph Fiennes sebagai sang narator, Roald Dahl. 

Lain halnya dengan Ralph Fiennes yang pernah berperan dalam The Grand Budapest Hotel, proyek film ini merupakan kali pertama Benedict Cumberbatch bekerja sama dengan Wes Anderson. Hal ini cukup mencuri perhatian, mengingat sutradara satu ini terkenal dengan kebiasaannya menggandeng aktor yang sama pada setiap filmnya. 

Benedict Cumberbatch terkenal melalui perannya sebagai Sherlock Holmes pada serial televisi BBC Sherlock. Kebolehan aktingnya juga tampak saat memerankan Alan Turing pada film The Imitation Game (2014). Sementara itu, para fans Marvel mengenal Benedict sebagai sosok Dr. Strange. 

The Wonderful Story of Henry Sugar bercerita tentang Henry Sugar, sosok pria kaya raya yang hobi berjudi. Henry yang mendengar kabar bahwa ada seorang pria di rumah sakit di India yang bisa melihat tanpa menggunakan matanya tertarik untuk mempelajari keahlian tersebut. Dia melihat potensi besar untuk menggunakan keahlian itu saat berjudi agar dapat meraup untung sebanyak-banyaknya.

Henry kemudian berusaha keras mempelajari teknik tersebut selama bertahun-tahun demi obsesinya untuk mencurangi dan memenangkan permainan judi. Keserakahan Henry pun membawanya pada jalan cerita seru khas Roald Dahl.

Roald Dahl merupakan seorang novelis berkebangsaan Inggris yang terkenal dengan karya novel anak-anaknya. Cerita-cerita karya Dahl khas dengan sentuhan fantasi, bahkan terkadang cukup menyeramkan. Meskipun dikenal dengan novelis buku anak, cerita-cerita Roald Dahl masih cocok dinikmati orang dewasa, sebab sarat dengan pesan moral mendalam.

Berbagai karya Roald Dahl pun sudah diadaptasi menjadi film oleh banyak sutradara. Beberapa karya yang telah diadaptasi antara lain, Charlie and the Chocolate Factory, Matilda, The Witches, James and the Giant Peach, dan Fantastic Mr. Fox.

Film pendek ini berhasil mendapatkan kurang lebih empat menit standing ovation saat penayangan perdananya di Venice Film Festival 2023. Kabarnya, film ini dapat dinikmati melalui platform streaming online Netflix mulai 27 September mendatang. 

Beberapa film garapan Wes Anderson lain yang menarik untuk ditonton antara lain The Moonrise Kingdom, The Grand Budapest Hotel, Isle of Dogs, Rushmore, dan masih banyak lagi.

Baca juga:   7 Rekomendasi Penginapan Estetik Ala Wes Anderson

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

3 Fakta Menarik Fan Meeting Kim Bum di Jakarta, Bawakan Soundtrack Boys Before Flower

BERIKUTNYA

Genre Horor Masih Jadi Primadona, Bisakah Jadi Identitas Film Indonesia?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: