Cuplikan film Laut Memanggilku (Dok. Tanakhir Films)

'Laut Memanggilku' Jadi Film Pendek Terbaik Asia di Festival Film Busan 2021

16 October 2021   |   16:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tampaknya 2021 akan menjadi tahun emas bagi dunia perfilman Tanah Air. Salah satu sinema Laut Memanggilku karya Tumpal Tampubolon terpilih sebagai Film Pendek Terbaik (Sonje Award) di ajang Busan International Film Festival (BIFF) 2021.

Kemenangan itu diputuskan oleh ketiga juri kategori Sonje Award yakni Bastian Mayraison, Royston Tan, dan Danbi Yoon yang menyerahkan penghargaan tersebut kepada Tumpal Tampubolon, sang sutradara.

“Kemenangan ini adalah kemenangan bagi perfilman Indonesia. Terima kasih untuk seluruh kerabat kerja yang terlibat, terima kasih sudah mengajarkan saya bahwa dengan kebersamaan kita bisa meraih hal-hal besar,” kata Tumpal dalam pernyataan resminya, Sabtu (16/10).

Penghargaan Sonje diberikan kepada Film Pendek Korea dan Film Pendek Asia terbaik pada bagian wide angle setiap tahunnya. Laut Memanggilku adalah film ketiga dari Indonesia yang berhasil memenangkan penghargaan tersebut.

“Award ini bukan hanya milik saya, bukan hanya milik Tumpal, tapi milik seluruh pemain dan kru yang terlibat. Terima kasih banyak atas kolaborasinya,” ujar Mandy Marahimin, produser Tanakhir Films.
 

h

Cuplikan film Laut Memanggilku (Dok. Tanakhir Films)

Laut Memanggilku sendiri berkisah tentang sudut pandang anak kecil yang merasakan kehilangan banyak hal akibat pandemi. Dia merasa rindu akan kehidupan normal mulai dari tatap muka, berjabat tangan, hingga berinteraksi sesama manusia.

Karakter tersebut ialah Sura, anak nelayan yang hidup sebatang kara dan menemukan sebuah boneka di pantai. Dia mendapatkan sosok kawan dan pengganti orang tua dari boneka itu. Tetapi, kehangatan itu terancam oleh Argo, yang ingin merenggut boneka itu dari tangan Sura.

Film pendek ini menyuguhkan penampilan dua orang anak dari Sanggar Anak Harapan, Muhammad Umar dan Dikky Takiyudin, yang keduanya bukan merupakan aktor profesional. Proses syuting tersebut dilakukan di sebuah kampung pesisir di Tangerang.

Sementara itu, film ini diketahui mendapatkan dukungan pendanaan perjalanan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk bisa berlaga di BIFF 2021 di Korea Selatan. 

Adapun film Laut Memanggilku juga menjadi nominasi Film Pendek Terbaik di Festival Film Indonesia 2021.
 



 
Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Perhatikan 6 Tips untuk Jaga Kesehatan Mental Anak

BERIKUTNYA

Pemilik Restoran Bintang Michelin Ini Buka 3 Rahasia Kuliner Hong Kong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: