Platform over the top menjadi salah satu sarana menonton film (Sumber gambar: Unsplash/Bastian Riccardi)

Perbandingan Tarif Berlangganan Disney+ Hotstar, Netflix, VIU, dan Prime di Indonesia

03 September 2023   |   09:59 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film merupakan salah satu hiburan yang kerap menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menyegarkan kembali pikiran dari rasa suntuk setelah melakukan aktivitas bekerja sehar-hari. Selain menikmatinya di bioskop, kini penonton juga bisa menyaksikan konten favorit mereka di platform digital over the top (OTT).

Keberadaan platform seperti Disney+ Hotstar, Netflix, Prime, HBO Go, VIU, dan sebagainya membantu banyak orang dalam memperoleh hiburan. Layanan ini menyediakan karya berupa film atau serial karya para sineas dunia.

Baca juga: Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

Perpaduan antara karya para sineas berkualitas dengan kebebasan menonton kapan saja dan dari mana saja membuat banyak orang memanfaatkan layanan – layanan tersebut. Laporan studi dari The Trade Desk dan Kantar pada Februari 2023 menunjukkan bahwa 2 dari 3 orang Indonesia mengakses layanan OTT.

Mereka kerap menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat guna memenuhi kebutuhan akan hobi dan minat – salah satunya OTT. Survei itu juga mengungkapkan bahwa malam hari adalah waktu utama bagi reponden untuk menonton layanan OTT. Sementara itu, setengah dari konsumsi layanan digital harian itu terjadi dari setelah bekerja sampai tengah malam, yakni pukul 19.00 WIB – 00.00 WIB.

Studi juga memperlihatkan bahwa orang kerap menyaksikan konten yang ada di sejumlah platform over the top bersama dengan pasangan dan anak-anak. Bagi kamu yang hendak menikmati layanan over the top, berikut sejumlah tarif yang ditawarkan berdasarkan kebutuhan pengguna yang dirangkum dari berbagai sumber.  


1. Netflix

Netflix menjadi salah satu platform OTT yang dapat menjadi pilihan dengan berbagai film yang ada di dalamnya, baik karya para sineas dunia, Indonesia, atau original yang dibuat oleh platform bekerja sama dengan sineas tertentu.

Dikutip dari laman Netflix, platform yang satu ini memiliki tarif yang beragam, yang terbagi berdasarkan gawai yang digunakan, akses layar, serta kualitas video. Manajemen memberikan catatan bahwa tarif berlangganan berlaku berbeda di sejumlah kawasan.
  • Ponsel: Rp54.000/bulan
  • Dasar: Rp65.000/bulan
  • Standar: Rp120.000/bulan
  • Premium: Rp186.000/bulan


2. Disney+ Hotstar

Disney+ Hotstar menjadi platform over the top lainnya yang menawarkan beragam konten film serta serial populer. Mulai 3 Oktober 2023, pengguna Disney+ Hotstar memiliki dua pilihan paket langganan, yakni paket Disney+ Hotstar basic dan paket Disney+ Hotstar Premium, dengan pilihan berlangganan bulanan atau tahunan untuk kedua paket tersebut.
  • Tarif paket Disney+ Hotstar Basic: Rp65.000 per bulan dan Rp450.000 per tahun.
  • Tarif paket Disney+ Hotstar Premium: Rp119.000 per bulan atau Rp799.000 per tahun.
1
2


SEBELUMNYA

5 Titik Lokasi Razia Emisi di DKI Jakarta

BERIKUTNYA

Siap-siap, Tarif Playstation Plus Akan Naik 6 September 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: