Ilustrasi September (Sumber gambar: Pexels/Boris Pavlikovsky)

Lagu-lagu Bertema September, Mulai dari Pop hingga HipHop

31 August 2023   |   21:50 WIB

Dalam kalender Masehi, September adalah bulan kesembilan. Di negara yang mengalami empat musim, September merupakan musim peralihan.  Di belahan bumi utara, September adalah bulan terakhir musim panas dan menuju musim gugur. Di belahan bumi selatan, September merupakan pesiapan menuju musim semi.

Sementara itu, di wilayah tropis, September matahari berada di atas garis katulistiwa. Di beberapa negara, September merupakan awal masuk sekolah atau perkuliahan setelah libur musim panas. Suasana September diklaim banyak menginspirasi musisi lokal maupun global untuk menciptakan lagu bertema bulan tersebut dengan berbagai genre.

Baca juga:  Mengenal Orkes Pensil Alis, Band dengan Lagu-lagu Segar dan Lirik Jenaka

Terkait  hal tersebut, berikut lagu-lagu bertema September yang bisa Genhype nikmati untuk menemani hari-harimu;:

1. September Ceria (Vina Panduwinata)

September ceria
September ceria
September ceria
September ceria milik kita bersama


Begitu penggalan lagu September Ceria. Memasuki September di Tanah Air, lagu September Ceria yang berirama pop ini seakan menjadi lagu wajib. Lagu yang dinyanyikan oleh Diva Musik Vina Panduwinata ini akrab di telinga penggemar musik Indonesia pada 1980-an. September Ceria ditulis musisi kondang James F. Sundah dan dirilis pada 1982. Suara khas si Burung Camar membuat lagu ini masih enak didengarkan sampai sekarang.

2. September (Earth, Wind & Fire)

Lagu milik grup musik Earth, Wind, & Fire ini dirilis pada 15 September 1978. Bergenre R&B dan disko, September mampu mencapai peringkat satu tangga lagu R&B di Amerika Serikat, peringkat delapan di Billboard Hot 100, dan urutan ketiga di tangga lagu single di Britania Raya.

Grup band EWF didirikan di Chicago oleh Maurice White pada 1969. Puluhan penghargaan telah didapatkan oleh grup ini seperti Grammy, dan pernah diundang oleh Presiden Barrack Obama untuk menyanyi di Gedung Putih. Pada 2016, vokalis EWF Maurice White meninggal dunia akibat penyakit parkinson yang dideritanya.

Lagu ini menjadi soundtrack film Trolls yang dirilis pada 2016 dengan penyanyi Justin Timberlake dan Anna Kendrick.
 
 

3. Ohayo Konnichiwa Oyasumi : September Choushi wa Doudai (Ujita Mai) 

Judul lagu berbahasa Jepang ini artinya Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam: Bagaimana Kabarmu di Bulan September ini? Dinyanyikan oleh artis Ujita Mai, dan dirilis pertama kali pada 27 Maret 2020. Lagu ini bergenre energic chord music. Dengan musik  yang bernada riang, lagu ini berkisah tentang masa sekolah dan anak-anak yang ingin cepat menjadi dewasa.

4. September (James Arthur)

Lagu September ini dinyanyikan oleh James Arthur yang dirilis pertama kali pada 6 Juli 2021. Karyanya yang satu ini menjadi bagian dalam album yang bertajuk It’ll All Make Sense in The End. Dalam 2 minggu sejak perilisannya, video klip lagu ini sudah diputar lebih dari 10 juta kali dalam akun YouTube pribadinya. Lagu ini bercerita tentang keinginan seseorang untuk bersama dengan kekasih hatinya hingga membentuk keluarga baru yang bahagia.
 
 

5. September in the Rain

Lagu September in the Rain merupakan lagu nostalgia yang dirilis pertama pada 1937. September in the Rain diciptakan oleh Harry Warren dan Al Dublin, pertama kali dikenalkan oleh penyanyi James Melton dalam film Melody for Two. Selanjutnya pada  1937 ada tiga versi rekaman yaitu oleh Guy Lombardo,  James Melton dan Rhythm Wreckers dengan vokalis Paulne Byrns.

Para penyanyi yang kemudian ikut menyanyikan lagu September in The Rain antara lain Sam Donahue dan George Shearing Quintet (1948-1949) dan berhasil masuk pada tangga lagu. Penyanyi legendaris Frank Sinatra menyanyikan lagu itu pada 1960. Pada 1962 The Beatles merekam dalam genre rock and roll pada audisi Decca.

Masih banyak penyanyi lain yang menyanyikan lagu September in the Rain. Pada 2010 penyanyi gaek Rod Steward juga merilis ulang September in The Rain dalam Album Fly Me To The Moon. Sebelumnya, pada 2006, penyanyi Jo Strafford juga merilis ulang lagu ini

6. Wake Me Up When September Ends (Green Day)

Lagu Wake Me Up When September Ends  milik Green Day yang rilis pada 13 Juni 2005. Lagu ini merupakan single keempat dari album American Idiot. Wake Me Up When September Ends ditulis oleh sang vokalis Billie Joe Armstrong, yang merupakan curahan hatinya setelah ayahnya meninggal akibat kanker esofagus pada September 1982 atau saat dirinya berusia 10 tahun.

Bagi Amstrong, lagu ini juga memuat ungkapan duka yang dirasakannya setiap tahun saat September datang. Baginya, September adalah bulan yang terasa menyedihkan karena memori tersebut menempel dalam dirinya hingga akhirnya perasaan tersebut hilang setelah beberapa tahun.
 


Baca juga :  Joanna Andrea Bagikan Tantangan Jadi Penyanyi, Penulis Lagu & Produser Musik Sekaligus

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Cerita Vionita Sihombing Bercita-cita Jadi ‘Bruno Mars’ versi Indonesia

BERIKUTNYA

Huawei Rilis FreeBuds SE 2, Cek 5 Fitur Unggulannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: