Joanna Andrea (Sumber gambar: Arief Hermawan P/Hypeabis.id)

Joanna Andrea Bagikan Tantangan Jadi Penyanyi, Penulis Lagu & Produser Musik Sekaligus

31 August 2023   |   20:46 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Meskipun gaungnya di belantika musik Tanah Air kelihatan tenggelam, namun nyatanya bibit-bibit penyanyi cilik berprestasi masih eksis di dunia maya, seperti yang ditunjukkan oleh Joanna Andrea, seorang penyanyi, pencipta lagu, sekaligus produser musik Tanah Air berusia belia yang masih eksis melahirkan karya terbaiknya hingga kini.

Karya-karya mereka terbukti tetap dinanti para penikmat musik Tanah Air dan tak kalah dari para senior maupun pendatang baru sekalipun. Joanna Andrea berhasil menunjukkan eksistensinya dalam bermusik, dengan penuh ketekunan dan kemampuan adaptasi terhadap hal baru.

Baca juga 5 Grup Virtual yang Ramaikan Industri Musik K-POP, Ada PLAVE dan MAVE 

Bakat musik Joanna memang sudah tercium sejak kecil, tepatnya saat berusia 3 tahun. Kala itu, ibu Joanna kerap mendapatinya sering bernyanyi. Joanna mengaku, salah satu kenangan kecil yang terbesit di benaknya adalah saat menyanyikan lagu berjudul You’re The Inspiration dari Chicago. Ibu Joanna yang juga menyukai musik akhirnya mendorong minat bernyanyi Joanna melalui les musik di usia 10 tahun.

Dahulu, Joanna pernah masuk Top 15 The Indonesian Next Big Star dalam ajang pencarian bakat musik cilik, The Voice Kids Indonesia Season 2 pada 2017. Kemudian di masa remajanya, Joanna melanjutkan petualangannya dalam ajang pencarian bakat musik bertajuk The Indonesian Next Big Star pada 2022 lalu. Sayangnya, langkah Joanna terhenti sampai 15 besar. Kini, Joanna berfokus mengembangkan karier musiknya bersama Star Media Nusantara.

Menjadi  penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser musik membuktikan karier komplit Joanna sebagai seorang musisi. Menjalani tiga peran sekaligus diakui Joanna bukan hal mudah. Dia bukan hanya berperan sebagai pelantun nada melalui pita suaranya, tetapi juga menjadi seorang pencerita di balik lirik lagu. Lebih lanjut, Joanna juga meramu lagu dan gigih melakukan aransemen lagu.
 

Joanna Andrea (Sumber gambar: Arief Hermawan P/Hypeabis.id)

Joanna Andrea (Sumber gambar: Arief Hermawan P/Hypeabis.id)


Mulanya, Joanna bercerita jika dia kerap kebingungan dengan genre yang cocok dengan karakter suaranya. Namun setelah mendapat banyak pengalaman lewat label, Joanna bisa menemui genre yang menjadi DNA bermusiknya. Lagu terbaru Joanna berjudul Salmon merupaakan titik balik yang segar untuk kariernya.

“Salmon ini seperti era baru untuk karier aku. Dulu aku lebih ke pop folk, sekarang pop alternatif. Jadi ada nuansa band-nya,” kata Joanna dalam agenda Kamis Santuy di Wisma Bisnis Indonesia, Kamis (31/8/2023).


Joanna menjelaskan, Salmon bercerita tentang penerimaan diri dan keyakiknan untuk menjadi berbeda dari yang lain. “Tidak apa mengambil jalan yang berbeda dengan orang lan, asal jujur dengan diri kita sendiri dan mau berjuang untuk cita-cita kita,” katanya. Lewat lagu anyarnya tersebut, Joanna ingin menyakinkan pendengarnya untuk berbahagia dengan jalur yang dipilih dalam hidup.

Dalam hal penulisan lagu, Joanna mengawali ketekunan meramu frasa lagu dari ruang kecil di rumahnya. Memulai penulisan lagu dari kamar tidurnya, Joanna yang berangkat sebagai musisi indie mengaku menghadapi banyak tantangan. Salah satu yang paling besar adalah kesulitan menangkap dan mengolah ide secara mandiri. Namun, masalah tersebut bisa teratasi saat bertemu dengan orang-orang lain untuk mendapat perspektif lain.

Saat ini, wanita yang sudah menekuni dunia musik sejak umur 10 tersebut lebih nyaman dengan kariernya sebagai penyanyi dan penulis lagu. Sementara pekerjananya sebagai produser musik masih merupakan sampingan saja. Kedepannya, Joanna masih memiliki banyak proyek lagu dari lirik lagu buatannya. Termasuk, sebuah lagu yang kini sedang digarap Joanna yang sedang dalam proses.

Baca juga:  Nikita Mawarni Merayakan Musik Lewat Karya Jazz Berpadu Unsur Batak

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Anime Maquia: When the Promised Flower Blooms, Kasih Sayang Maquia Pada Anaknya

BERIKUTNYA

Bersaing Dengan Film Lain, Miles Berharap Petualangan Sherina 2 Mendapat 250 Layar pada Penayangan Perdana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: