Paul McCartney (Dok. Paul McCartney/Instagram)

Terjual Rp7,1 Miliar, Gitar Bass Paul McCartney Jadi yang Termahal di Dunia

15 December 2021   |   19:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Gitar bass yang dipakai Paul McCartney terjual dalam sebuah acara lelang amal besar dan memecahkan rekor sebagai gitar bass termahal di dunia. Dalam acara lelang Guitar Icons milik Van Eaton Galleries, gitar bass Yamaha BB-1200 yang digunakan McCartney di studio dan tur dengan band rock Wings itu terjual seharga US$ 496.100 atau sekitar Rp 7,1 miliar.

Penjualan itu mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh gitar bass Fender Mustang (1969) milik personel The Rolling Sone, Bill Wyman, yang terjual seharga US$ 384.000 atau sekitar Rp 5,5 miliar.

Van Eaton Galleries

Gitar bass Yamaha BB-1200 yang digunakan McCartney (Dok. Van Eaton Galleries)

Mengutip dari Planet Radio, Rabu (15/12/2021), pelelangan ini diselenggarakan oleh David Evans atau yang lebih dikenal The Edge dari U2 dan produser Bob Ezrin, di mana hasilnya akan disumbangkan untuk badan amal Music Rising milik mereka.

Badan amal tersebut diketahui saat ini tengah bekerja untuk membantu para musisi di kota New Orleans, negara bagian Louisiana, AS, yang kondisi keuangannya terdampak pandemi Covid-19.

Selain McCartney, ada juga beberapa musisi lainnya yang berpartisipasi dalam acara lelang tersebut seperti U2, Elthon John, Pearl Jam, Rush, Tom Morello, Joan Bett, Kings of Leon, Green Day, Radiohead dan Arcade Fire’s Win Butler. Mereka juga menyumbangkan instrumen mereka untuk pelelangan yang berhasil mengumpulkan lebih dari US$ 2 juta atau sekitar Rp 28,7 miliar.
 

“Kami ingin berterima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam lelang yang luar biasa ini, termasuk para seniman yang dengan murah hati memberikan instrumen pribadi mereka, serta penawar dari seluruh dunia yang membantu kami memecahkan rekor dunia,” kata The Edge seperti dikutip dari NME, Rabu (15/12/2021).

Dia juga menambahkan bahwa hasil yang diperoleh Music Rising akan membantu menghidupkan kembali pertunjukan musik live di negara bagian yang budaya musiknya sangat berpengaruh di dunia itu.

“Kami berhutang budi kepada semua pendukung Music Rising yang telah memberi kami kesempatan besar untuk kembali ke akar kami dan membantu para musisi yang membutuhkan,” imbuhnya.

Adapun, gitar bass McCartney bukan satu-satunya barang yang memecahkan rekor dunia di acara pelelangan tersebut. Gitar smash Lake Placid Blue Fender Telecaster milik gitaris Pearl Jam, Eddie Vedder, terjual seharga US$ 266.200 atau sekitar Rp 3,8 miliar. Hal ini menjadikannya gitar smash paling mahal yang pernah dijual di acara lelang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simak Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

BERIKUTNYA

6 Cara Membersihkan Dashboard Mobil Agar Kinclong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: