ilustrasi (sumber gambar : compare fibre/ unsplash)

Tip Agar Meeting Online Berjalan Lancar Tanpa Gangguan

31 August 2023   |   11:19 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Selama masa pandemi Covid-19, masyarakat terbiasa melakukan rapat atau pertemuan secara online melalui berbagai aplikasi mulai dari Zoom hingga Google Meet. Namun, sejak pandemi mulai berangsur pulih masyarakat pun mulai melakukan aktivitas secara normal termasuk melakukan pertemuan secara offline atau tatap muka.

Hanya saja saat ini di tengah kondisi kualitas udara di Jabodetabek yang kian memburuk, banyak masyarakat dan perusahaan yang mulai mempertimbangkan agar karyawannya bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sehingga kegiatan rapat atau pertemuan kembali dilakukan secara online.

Baca juga: Saingan Zoom Meeting, Begini Cara Menggunakan Fitur Screen Sharing di WhatsApp

Nah, agar kegiatan bekerja di rumah menjadi lebih produktif, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar kegiatan meeting atau rapat online kamu menjadi lebih nyaman dan efektif, seperti dikutip dari Google Indonesia.

1. Gunakan fitur Host Control
Saat akan melakukan meeting, tidak jarang ada hal teknis yang membutuhkan bantuan host. Sebab, akan ada saja beberapa partisipan yang mengalami kesulitan secara teknis untuk unmute, atau perlu membantu partisipan menampilkan layar, serta menonaktifkan fitur chat dan lain sebagainya.

Nah, dalam kondisi seperti ini maka fitur host control sangat diperlukan untuk mengatur beberapa hal teknis tersebut agar rapat atau meeting dapat berjalan dengan lancar. Cara menggunakan fitur tersebut di Google Meet adalah dengan mengklik tombol host control di sudut kanan bawah dan mengaktifkan Host Management.

“Kita juga bisa mengalihkan Host ke partisipan lain dengan klik tab People, pilih simbol tiga titik, dan pilih Co-host di partisipan yang kita inginkan,” tulis Google.

2. Pilih fitur Breakout Rooms
Dalam diskusi panel, ada kalanya kita membutuhkan ruang diskusi yang lebih kecil untuk memungkinkan kita berdiskusi secara lebih mendalam dengan beberapa orang tertentu. Maka dalam hal ini, fitur Breakout Rooms di Google Meet dapat membantu pengguna untuk memiliki ruang yang lebih leluasa untuk bertukar pikiran.

Caranya adalah dengan klik Activities button di kanan bawah layar, kemudian klik Breakout rooms. Sesuaikan jumlah rooms, partisipan di Breakout Dooms dan durasi agar para partisipan kembali ke ruang utama.

3. Halau suara bising
Saat melakukan meeting online, seringkali kita merasa terganggu dengan adanya suara-suara bising di sekitar yang mengganggu saat kita tengah berbicara. Di sini, Google Meet menyediakan fitur Noise Nancellation yang dapat dimanfaatkan untuk menghalau suara yang mengganggu.

Cara untuk menggunakannya adalah kalian bisa mengklik tiga titik pada layar meeting, kemudian pilih settings dan aktifkan Noise Cancellation. Melalui fitur tersebut, maka secara otomatis suara-suara bising yang menganggu akan teratasi.

Nah, itu dia tadi tiga hal yang dapat kalian manfaatkan saat menggunakan aplikasi Google Meet agar meeting online yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Selamat mencoba ya Genhype.

Baca juga: Spesifikasi & Keunggulan Kamera Logitech Sight Berbasis AI, Bikin Meeting Online Makin Nyaman

 

SEBELUMNYA

Super Blue Moon Masih Berlangsung hingga Malam Ini, Simak Penyebab & Dampaknya

BERIKUTNYA

Spoiler Alert Episode 1 One Piece Live Action, Era Baru Bajak Laut Dimulai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: