Ada banyak fotografer dengan karya-karya unik di platform media sosial seperti Instagram. (Sumber foto: Unsplash/Ailbhe Flynn)

Rekomendasi 8 Fotografer dengan Karya Unik yang Wajib Kalian Follow di Instagram 

01 September 2023   |   15:05 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Hal terbaik tentang sebuah gambar adalah bahwa itu tidak pernah berubah, bahkan ketika orang-orang di dalamnya berubah (the best thing about a picture is that it never changes, even when the people in it do). Kalimat tersebut merupakan salah satu kutipan populer dari Andy Warhol terkait kiprahnya di bidang fotografi. 

Warhol memang lebih dikenal sebagai seorang seniman yang mempopulerkan konsep pop art. Namun, dia merupakan fotografer yang obsesif. Dilansir dari laman Revolver Gallery, selama periode 1977-1987, seniman nyentrik itu telah mengambil lebih dari 100.000 jepretan gambar. 

Karya fotonya lebih banyak menangkap momen-momen para selebritas. Bukan dalam tampilan yang rapi, indah, dan tertata, justru fotonya lebih mentah menampilkan sosok bintang dari sisi lain. Beberapa di antaranya adalah Mick Jagger dengan ekspresi yang konyol sampai Bianca Jagger yang tengah mencukur bulu ketiaknya. 

Sayangnya Warhol tidak hidup pada era media sosial seperti sekarang. Belum ada platform seperti Instagram yang bisa jadi galeri pribadinya. Henry Gillespie, mantan editor majalah Warhol’s Interview, menyatakan jika Warhol masih hidup hingga abad 21, dia yakin seniman itu bakal jadi influencer global. Walau sekarang pun sudah demikian, dalam arti yang lain.

Baca juga: Profil Andy Warhol, Seniman Legenda Pop Kultur Dunia

Saat ini, ketimbang gambar, format video memang lebih populer dan banyak diproduksi. Namun bagaimanapun, foto masih dan akan terus punya daya tarik. Begitu juga dengan para penikmatnya tersendiri, atau boleh dibilang semua orang bakal tetap menyukai gambar. 

Berdasarkan data Statista, ada lebih dari 1 miliar orang di dunia yang saat ini menggunakan platform Instagram untuk berbagi kreasi fotografinya. Dari jumlah tersebut, banyak di antaranya merupakan fotografer yang punya ciri dan karya unik, layaknya Andy Warhol dengan famous person doing something unfamous

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini rekomendasi fotografer dengan hasil jepretan unik dan menarik, yang wajib kalian follow buat sekadar menikmati atau cari inspirasi. Simak yuk!  
 

1. Peter Lik 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Peter Lik (@peterlik)


Peter Lik (@peterlik) adalah seorang fotografer Australia yang dikenal karena hasil gambar pemandangan alam dan panoramanya yang jempolan. Ya, Lik menekuni bidang landscape photography dan salah satu yang terbaik di dunia. Dia telah memenangi sejumlah penghargaan, termasuk Lifetime Achievement Award dari PPA Award. 

Karya fotonya berjudul Phantom bahkan laku seharga US$6,5 juta pada 2014. Ketika itu, hasil jepretannya tersebut jadi karya foto termahal yang pernah terjual, dan sampai sekarang masih masuk dalam top teratas. 

Adapun, akun Instagramnya masih menampilkan keindahan panorama alam dari berbagai belahan dunia yang menyejukkan mata. 
 

2. Wayne Pinkston


Fotografer Wayne Pinkston (@wayne_pinkston) boleh dibilang masih ada dalam satu payung besar landscape photography dan astrophotography. Akan tetapi, lebih spesifiknya dia menekuni bidang yang disebut sebagai After LightCrafter Photography. Jenis foto ini menggabungkan lanskap malam dengan astrofotografi bidang luas. Jadinya tampilan yang sangat menakjubkan. 

Paduan obyek padang pasir, bebatuan, bukit, danau, disandingkan dengan langit malam bertabur bintang memenuhi galeri pribadi di Instagramnya. Hasil bidikannya memperlihatkan dunia selepas sinar matahari terbenam dan langit tanpa polusi, hanya diisi objek dan hakikat malam yang indah. 
 

3. George Steinmetz 


Rasanya semua setuju jika foto-foto yang mejeng di National Geographic adalah karya yang apik. George Steinmetz (@geosteinmetz) adalah salah satu kontributor reguler di sana. Dia merupakan fotografer Amerika Serikat lulusan geofisika Universitas Stanford. 

Apa yang menarik dari Steinmetz adalah sebagian besar karya fotografinya dihasilkan dengan mengemudikan paraglider bermotor. Dia telah menjadi pilot pesawat eksperimental itu sejak 1997. 

Hal ini memungkinkannya mengambil gambar dari sudut pandang unik, yang bahkan tidak bisa dilakukan dengan pesawat umum. Selain itu, hasil fotonya banyak diambil menggunakan drone. Oleh karenanya dia dikenal sebagai aerial photography specialist
 

4. Craig Parry 


Dari udara kita beralih ke laut. Ada banyak fotografer yang berfokus di bidang ini, salah satunya Craig Parry (@craigparryphotography) yang berbasis di Byron Bay, Australia. Parry telah belajar fotografi sejak usia 13 tahun secara otodidak. Sementara itu, karier profesionalnya di dunia fotografi telah dimulai sejak 2004, hampir 2 dekade yang lalu. 

Dia mengkhususkan diri di bidang fotografi laut dan alam. Hasil jepretannya banyak menangkap hewan laut eksotis dengan pose terbaik di berbagai tempat. Pengalamannya juga telah diakui dalam banyak bentuk, termasuk berbagai penghargaan seperti peringkat pertama Competition: Golden Turtle International Photography Competition untuk kategori The Under Water World 2017. 

Baca juga: Anak Suka Fotografi? Coba Tips Fotografi Margasatwa ala Para Fotografer 
1
2


SEBELUMNYA

Nilai Kerugian Ekonomi yang Ditanggung Jakarta Akibat Masalah Polusi Udara

BERIKUTNYA

Ini Koleksi Jenama Fesyen Lokal yang Bakal Melenggang di London Fashion Week 2023/2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: