Darwis Triadi (sumber gambar : darwis_triadi/instagram)

Darwis Triadi Sebarkan Spirit of Photography Lewat Sekolah Foto

23 August 2022   |   21:58 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Darwis Triadi dikenal sebagai salah satu fotografer profesional dengan jam terbang lebih dari 40 tahun. Dalam perjalanan karirnya, pria kelahiran Oktober 1954 ini pun ingin berbagi ilmu dan pengalaman yang dia dapatkan lewat sekolah fotografi yang dia dirikan pada 2001 silam.

Darwis mengatakan pendirian sekolah fotografi ini menjadi salah satu komitmennya sejak pertama kali mempelajari dunia foto di tahun 1979. Dia mengakui pada saat itu belum ada tempat untuk belajar fotografi di Indonesia karena profesi fotografer masih dipandang sebelah mata.

“Saya belajar fotografi ini secara otodidak dan belum ada sekolahnya sehingga saya pun belajar ke luar negeri. Dari situ saya berkomitmen suatu saat untuk mendirikan sekolah fotografi dan akhirnya di 2001 terbentuklah Darwis Triadi School of Photography,” ujarnya.

Penggunaan nama Darwis Triadi  memang sengaja dipakai sebagai salah satu bentuk tanggung jawab moril darinya kepada para murid atau peserta yang belajar di sekolah fotografi yang didirikannya.

“Komitmen saya saat mendirikan sekolah foto ini bukan hanya sekadar untuk berbisnis tetapi betul-betul secara jujur untuk mengedukasi para murid saya dengan ketulusan dan pengalaman yang saya miliki,” jelasnya.

Di dalam setiap kelasnya, Darwis mengajarkan para siswanya bukan hanya dari skill untuk memotret tetapi mengajarkan mereka untuk menjadi fotografer yang bukan hanya berorientasi pada uang tetapi memiliki spirit of photography yang melekat di dalam diri mereka. Sebab, menurutnya fotografi bukan hanya memiliki nilai artistik tetapi juga nilai filosofi yang tinggi.

Metode pembelajaran yang dicanangkan oleh Darwis bersifat dinamis dan interaktif sehingga lebih mudah dipahami oleh para peserta yang mempelajari fotografi baik hanya sebagai hobi maupun untuk profesi.

Terdapat tiga kelas utama yang disediakan di sini mulai dari kelas basic selama 1 bulan, intermediate untuk 1,5 bulan, dan advanced selama 2 bulan. Selain itu, juga ada kelas lain yaitu kelas photoshop dan special class.

Adapun pengajarnya sendiri, selain oleh Darwis sendiri juga didukung oleh para profesional dan maestro fotografer legend Indonesia yang akan berbagai ilmu serta pengalaman mereka berkecimpung di dunia fotografi. Para peserta yang lulus nantinya akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan sebagai nilai jual untuk mendukung profesinya.

“Saat ini sekitar 40% peserta didik kami berasal dari fotografer profesional, selebihnya bervariasi terutama mereka yang memang hobi fotografi,” ujarnya.
 
Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

After LIKE IVE Masuk Daftar Album Girl Group dengan Rekor Penjualan Sehari

BERIKUTNYA

Jadi Syarat Naik KA Jarak Jauh, KAI Sediakan Fasilitas Vakinasi & RT-PCR

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: