Fotografi (Unsplash/Erik Mclean)

5 Tips Fotografi biar Hasil Jepretan Kalian Lebih Menarik, Coba Yuk!

28 June 2021   |   10:29 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Siapa nih di antara Genhype yang senang foto-foto? Fotografi memang merupakan salah satu bentuk seni yang menyenangkan dan menarik bagi banyak orang. Tidak perlu kuliah jurusan fotografi, kamu juga bisa menghasilkan hasil foto yang ciamik!

Sekarang, fotografi juga bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah kerena hadirnya perangkat-perangkat digital. Kamera digital atau bahkan ponsel pintar sudah memiliki kemampuan fotografi yang cukup untuk mengambil gambar.

Akan tetapi nih, menguasai seni fotografi tidak segampang itu juga. Kalian bisa saja punya kamera atau ponsel paling premium di pasaran, tapi tidak bisa menghasilkan foto yang bagus.

Nah, buat Genhype yang tertarik belajar fotografi, ini loh beberapa tips dan trik fotografi yang bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan fotografi kalian.
 

1. Rule of thirds

Saat kalian menatap objek dan bingung harus mulai foto dari mana, ingatlah prinsip dasar fotografi rule of thirds. Dalam konsep ini, pertimbangkan bingkai sebagai sembilan kotak dan tempatkan subjek pada perimpangan garis imajiner untuk estetika foto.
 

2. Waktu untuk foto

Fotografi adalah seni menangp cahaya. Kualitas dan kuantitas cahaya akan menghasilkan gambar yang menarik. Dalam dunia ini, ada istilah golden hour (pagi dan sore) sebagai waktu yang idel untuk hunting foto karena rona hangat menghadirkan kontras dan kedalaman terhadap subjek.
 

3. Efek bokeh

Salah satu cara membuat objek foto kalian menjadi titik fokus dalam potret adalah dengan menggunakan bokeh, pengaburan daerah di luar fokus. Untuk mendapat efek ini, kalian harus menggunakan lensa dengan aperture maksimum lebar.
 

4. Warna pelangkap

Jadikanlah warna agar muncul dengan sempurna pada foto saat bermain dengan kontras dan rona. Sampai batas tertentu, kalian bisa mengontrol hal-hal seperti warna pakaian yang perlu dipakai pada situasi tertentu agar foto tampil dengan maksimal.
 

5. Nikmati proses dan terus memotret

Satu hal penting dalam dunia fotografi adalah terus memotret karena tidak ada yang akan mengalahkan pengalaman. Semakin banyak kalian memotret, semakin baik kalian untuk mengambil gambar dengan berbagai cara dan teknik. Jadi tetaplah memotret!


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bukan Cuma Hemat, Ini Ternyata Manfaat Memasak Sendiri Kala Pandemi

BERIKUTNYA

Ini 8 Manfaat Berenang yang Perlu Kalian Ketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: