Ilustrasi pemandangan di Pulau Karimunjawa. (Sumber gambar: Yohanes Dicky Y/Unsplash)

5 Tip Liburan ke Pulau Karimunjawa yang Nyaman

27 August 2023   |   19:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Karimunjawa merupakan salah satu destinasi wisata favorit pelancong. Terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang dikembangkan menjadi destinasi wisata Taman Laut yang digemari pelacong lokal mupun mancanegara. Sejak 2001, Karimunjawa telah ditetapkan sebagai Taman Nasional.

Kepulauan Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut di mana 242 jenis di antaranya merupakan ikan hias. Beberapa fauna langka juga masih memiliki habitat di Karimunjawa seperti elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Sementara tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx Macrophyla) yang terdapat di hutan hujan dataran rendah. Karimunjawa kerap dipilih sebagai destinasi wisata karena memiliki ombak yang rendah dan jinak, yang dibatasi oleh pantai berpasir putih halus.

Baca juga: Pulau Morotai, Keindahan Alam, & Pentingnya Penguatan Akses Kesehatan di Wisata Prioritas

Meski demikian, liburan ke Karimunjawa harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Pasalnya, untuk ke Karimunjawa, kalian harus mengaksesnya menggunakan kapal laut dan pesawat dengan jadwal tertentu sehingga kalian tidak bisa berlibur ke sana secara mendadak. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah tips berlibur di Karimunjawa.

1. Sesuaikan waktu keberangkatan
Karimunjawa hanya dapat diakses menggunakan kapal laut dari Semarang dan Jepara atau menggunakan pesawat cessna dari Semarang. Jika kalian ingin berangkat dari Semarang menggunakan kapal laut, harus berangkat pada hari Kamis atau Sabtu menggunakan kapal KMC Kartini. Selain itu, ada juga pesawat Cessna yang berangkat dari Semarang setiap Kamis dan Jumat.

Jika ternyata berhalangan berangkat pada hari itu, terpaksa harus ke Kabupaten Jepara terlebih dulu. Di sana ada 2 kapal jenis feri, yaitu Express Bahari dan Siginjai. Keduanya hanya memiliki 1 jadwal keberangkatan tiap harinya. Jadi kalau ketinggalan, terpaksa menunggu keesokan harinya. Jika kalian tidak menggunakan jasa travel, tiket kapal harus dibeli sendiri di tempat karena belum ada sistem pembelian online.
 


2. Cek perkiraan cuaca
Sebelum berlibur ke Karimunjawa, cek terlebih dahulu perkiraan cuaca di sana. Pasalnya, jika ketinggian gelombang lebih dari 3 meter, jadwal keberangkatan kapal untuk menyebrang ke Karimunjawa akan dibatalkan. Jika begitu, kalian harus menunggu 1-2 hari lagi agar dapat melanjutkan perjalanan. 

Di samping itu, ada pula waktu terbaik untuk datang ke Karimunjawa yakni pada bulan Maret-Juli atau Oktober-November. Hindari datang saat Agustus karena ombak lautnya cenderung besar. Selain itu, hindari datang saat Desember atau Januari karena biasanya memasuki musim hujan. 

3. Cari informasi destinasi wisata
Pulau Karimunjawa memiliki banyak destinasi wisata. Sebelum berlibur, usahakan kalian sudah mengetahui informasi lokasi wisata Karimunjawa yang akan dituju. Cobalah mengumpulkan informasi sedetail mungkin mengenai fasilitas yang ada di sekitaran tempat wisata tersebut, mulai dari ketersediaan penginapan, tempat penjual makanan hingga akses menuju lokasi wisata. Jika perlu, kalian juga bisa membuat itinerary atau rencana perjalanan ke Karimunjawa. Dengan begitu, perjalanan liburan kalian menjadi lebih efektif dan efisien.
 


4. Siapkan uang tunai
Ketersediaan mesin ATM di Karimunjawa masih sangat terbatas. Hal ini karena letaknya yang berada di sebuah kepulauan di tengah Laut Jawa. Selain itu, akses internet di Karimunjawa juga masih tergolong terbatas, karena tidak semua kartu SIM bisa mendapatkan sinyal. Oleh karena itu, hampir seluruh transaksi di Karimunjawa masih menggunakan uang tunai mulai dari membeli makan, sewa motor, isi bensin, dan lain-lain, sehingga kalian perlu menyiapkan persedian uang fisik yang cukup.

5. Cari penginapan dan paket wisata yang tepat
Ada berbagai jenis penginapan di Karimunjawa seperti villa, bungalow, dan rumah panggung. Namun, jika kalian ingin menghemat biaya, pilihlah penginapan yang terjangkau seperti bungalow atau rumah panggung dengan mengajak keluarga atau teman sehingga harganya bisa lebih murah.

Baca juga: Punya Banyak Laut & Pulau, Indonesia Punya Potensi Besar Kembangkan Wisata Pelayaran

Selain itu, pastikan kalian memilih paket wisata yang tepat. Paket wisata biasanya sudah termasuk biaya penginapan, makan, transportasi, dan aktivitas wisata yang akan dilakukan selama liburan. Pilihlah paket wisata yang sesuai dengan bujet dan preferensi liburan kalian.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cara Memperbaiki Skor BI Checking atau SLIK yang Pernah Telat Bayar Cicilan

BERIKUTNYA

Ini Alasan Jadwal 1074 One Piece Diundur, Cek Tanggal Rilis Barunya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: