Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Rina Ciputra Sastrawinata (tengah) berbincang dengan Penyanyi Sopran Regina Handoko dan Direktur Institut Kebudayaan Italia Jakarta Maria Battaglia dalam Press Conference Operatic Concert A 100th Anniversary Tribute to Maria Callas di Jakarta, Rabu (20/9/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Suselo Jati)

Ciputra Artpreneur & Kebudayaan Italia Gelar Konser Opera Tribute to Maria Callas

20 September 2023   |   18:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
 Prestasi Maria Callas dalam dunia opera memang tidak dapat diabaikan. Bahkan satu abad setelah kelahirannya, karya-karya soprano terkenal abad ke-20 ini masih sering dilantunkan oleh penyanyi-penyanyi hebat di seluruh dunia.

Terbaru, Kedutaan Besar Italia, Institut Kebudayaan Italia Jakarta, dan Ciputra Artpreneur akan menggelar konser opera bertajuk Tribute to Maria Callas. Konser dilakukan untuk menyambut 100 tahun kelahiran Sang Diva itu.

Uniknya, konser orkestra bertaraf internasional ini akan menampilkan penyanyi opera dari Italia dan Indonesia. Mereka nantinya akan diiringi alunan orkestra dari Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers.

Baca juga: Ciputra Artpreneur Siapkan Sejumlah Acara Seni Pertunjukan pada 2023

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur, Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan, dalam pertunjukan kali ini mereka juga akan mengundang seniman kelas atas Indonesia dan Italia, yakni penyanyi sopran Regina Handoko dan Felicia Bongiovanni.

Tak hanya itu kedua penyanyi itu akan dipimpin oleh conductor Massimiliano Sinceri dan choir conductor Avip Priatna. Adapun untuk kian memegahkan konser, pertunjukan ini juga akan diramaikan oleh 65 musisi da 60 penyanyi orkestra.

"Menurut kami, ini adalah sebuah pertunjukkan opera yang tidak boleh dilewatkan publik. Selain itu ini juga akan menjadi wadah bagi seniman untuk saling bertukar pengalaman,"katanya saat konferensi pers pada Rabu, (20/9/23) di Jakarta.
 
 


Sementara itu Direktur Institut Kebudayaan Italia Jakarta, Maria Battaglia mengatakan, selain mengenang Maria Callas konser opera ini juga untuk mengenalkan tradisi Bel Canto. Yaitu teknik vokal Italia pada abad ke-18 yang mengutamakan keindahan bunyi dengan mendemonstrasikannya pada register nada-nada tinggi.

Kendati tidak lahir di Italia, Maria Callas menurutnya telah memopulerkan teknik bernyanyi tersebut. Selain itu dalam kiprahnya sang diva tidak hanya mewakili lagu opera di Italia tetapi juga di seluruh dunia hingga menapaki panggung internasional.

Menurutnya konser ini juga akan memperkuat kolaborasi antara Italia dan Indonesia. Terutama dalam pertukaran pengetahuan di bidang musik, karena para musisi nantinya dapat saling belajar untuk menginterpretasikan ulang karya-karya maestro dunia. 

"Komposisi yang akan ditampilkan juga sangat bervariasi dengan penampilan aria dari lagu-lagu Callas yang paling terkenal seperti Norma, La Traviata, Turandot, dan Cavalleria Rusticana," katanya.

Senada, penyanyi sopran Regina Handoko mengatakan, menjadi kebanggan tersendiri baginya dapat ikut berkolaborasi dalam konser opera tersebut. Sebab, Maria Callas memiliki teknik vokal, kedalaman emosional, dan kemampuan interpretasi ciamik dalam menyanyikan aria-aria klasik.

Penyanyi sekaligus harpis itu mengungkap yang menjadi tantangan dari kolaborasi tersebut adalah dari segi teknis. Sebab mereka hanya memiliki waktu singkat 5 hari untuk konduktor, para pemain orkestra, serta paduan suara, dan hanya 3 hari untuk soloist.

"Padahal untuk membawakan lagu-lagunya dibutuhkan perpaduan sempurna antara teknik vokal, ekspresi, dan penghayatan mendalam tentang karakter yang dinyanyikan," katanya.

Adapun konser Konser Opera Tribute to Maria Callas akan dihelat pada  7 Oktober 2023 di Teater Ciputra Artpreneur. Konser akan diadakan dalam dua sesi yakni pada pukul 14.00 WIB dan 19.00 WIB dengan tiket konser bisa dipesan di laman Loket.com.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Film Pendek Empu Sukses Mewakili Indonesia di Movement Art Film Festival Berlin

BERIKUTNYA

Perluas Distribusi Konten, MVP Jalin Kerja Sama dengan B-Universe

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: