Konser Symphony of Friendship akan diadakan mulai 8 Mei 2024 (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Diselenggarakan 2 Babak, Ini Karya yang Akan Dibawakan di Konser Symphony of Friendship

08 May 2024   |   22:21 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Konser Symphony of Friendship yang akan diselenggarakan pada hari ini, Rabu, 8 Mei 2024 di iNews Tower, Jakarta, akan terdiri dari dua babak. Pertunjukan yang dipimpin oleh konduktor Avip Priatna itu akan menampilkan sejumlah karya dari komponis legendaris Austria.
 
Avip Priatna, Direktur Musik Jakarta Concert Orchestra (JCO), mengungkapkan bahwa penikmat konser Symphony of Friendship akan mendapatkan suguhan penampilan dari seniman Indonesia yang membawakan karya komposer Austria dan seniman Austria yang membawa karya komposer Indonesia.

Baca juga: Rayakan Hubungan Diplomatik Indonesia & Austria, Konser Symphony of Friendship Digelar di 2 Negara

Pada babak pertama, konser akan dibuka dengan karya dari komposer ternama Austria bernama Anton Bruckner. Semasa hidup, sang komposer menulis sangat banyak simponi besar. Tahun ini merupakan perayaan 200 tahun kelahirannya.
 
"Jadi, untuk mendedikasikan konser ini kepada beliau, kami menampilkan salah satu karyanya, yaitu Overture atau musik pembuka," katanya di Jakarta, Rabu (8/5/2024)
 
Setelah itu, para penonton juga akan mendapatkan suguhan cuplikan-cuplikan karya opereta dari komposer ternama asal Austria juga, yakni Johann Strauss berjudul Die Fledermaus. Penggalan-penggalan dari karya ini akan dinyanyikan oleh seniman asal Indonesia, yakni Farman Purnama (Tenor), Jessica Januar (Soprano), dan Valentina Nova Aman (Mezzo-soprano).
 
Kemudian, penonton juga akan mendapatkan suguhan komposisi orkestra hasil perpaduan antara musik Austria dan Indonesia. Komposer Fero Aldiansya Stefanus akan mengkombinasikan salah satu musik tarian waltz dari Johann Strauss dengan lagu Lisoi dari Tapanuli, Sumatra Utara.
 
"Komposer kita, Fero Aldiansya, telah menulis karya tersebut dan memberi judul Strauss in Tapanuli," ujar Avip.
 
Kemudian, babak pertama konser Symphony of Friendship akan ditutup dengan sebuah karya yang ditulis oleh Fafan Isfandiar berjudul Suara Katulistiwa. Karya ini merupakan medley dari 3 lagu yang mewakili Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.
 
Fafan menulis karya tersebut untuk dimainkan dengan biola dan orkestra. Lagu ini juga akan dibawakan oleh seniman Austria yang akan menjadi bagian dalam konser Symphony of Friendship.
 
Pada babak kedua, JCO akan menampilkan 2 karya fenomenal yang ditulis oleh komposer abad 20, yaitu Erich Wolfgang Korngold. Karya pertama berjudul Adventure of Robin Hood. Sementara kedua yang akan menjadi penutup adalah concerto untuk biolanya yang juga menjadi salah satu karya penting.
 
Korngold adalah komposer musik film-film Hollywood, Amerika Serikat. Dia merupakan orang Austria, tapi juga berkarya di Hollywood dan banyak menulis musik film di sana. Karyanya telah menginspirasi banyak komposer. Salah satu di antaranya adalah John Williams.
 
Untuk diketahui, konser Symphony of Friendship merupakan pertunjukan yang diadakan dalam rangka merayakan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Austria.

Konser ini akan menampilkan pemain biola dari Austria, yakni Julian Walder dan juga seniman dari Indonesia. Selain di Jakarta, konser Symphony of Friendship juga akan diadakan kota Wina dan Salzburg.
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menjelajah Kuliner Rumahan ala Tentrem Yogyakarta

BERIKUTNYA

Army Merapat, BTS POP-UP: MONOCHROME Telah Hadir di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: