Menggunakan sunscreen menjadi salah satu cara membuat kulit tetap terlindung dari polusi (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ moose photos)

3 Cara Membuat Kulit Tetap Sehat Saat Polusi Tinggi

23 August 2023   |   16:57 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain berdampak terhadap kesehatan paru-paru, peningkatan polusi udara yang terjadi di DKI Jakarta juga dapat berefek kepada kesehatan kulit. Kondisi ini membuat genhype harus melakukan sejumlah upaya untuk melindungi kulit agar tetap sehat. Kotoran dan debu yang menumpuk selepas menjalani kegiatan sehari-hari dapat makin menutup pori-pori kulit serta menghambatnya untuk bernapas.

Kulit juga berpotensi kian rentan mengalami iritasi, berjerawat, dan kusam jika kerap menggunakan transportasi umum. Kemudian, sering bepergian keluar, atau menjalani aktivitas setelah melakukan kegiatan rutin, seperti sekolah maka kulit juga berpotensi kurang terlindungi.

Baca juga: Polusi Udara Berisiko Kematian, Pakar Kesehatan Sarankan Hal Ini
 
Jadi, bagi Genhype yang tidak ingin mengalami masalah kulit di tengah kondisi udara DKI Jakarta yang sedang tidak baik, berikut beberapa tip yang bisa diikuti dari Eversince.
 

1. Cuci muka dengan sabun yang tepat
 

Cuci muka dengan sabun yang tepat adalah langkah utama yang harus dilakukan oleh Genhype agar kesehatan kulit tetap terjaga di tengah polisi DKI Jakarta yang sedang tidak baik.
 
Saat pulang sekolah, kegiatan ekstra kurikuler, atau bepergian, kalian wajib mencuci muka. Sabun muka dengan metode double cleansing dapat menghapus semua kotoran dan debu yang menumpuk dari polusi di udara.
 
Selain itu, kalian juga tidak boleh lupa untuk menggunakan sabun yang dibuat khusus untuk wajah dengan bahan-bahan yang ringan dan memiliki pH seimbang untuk membersihkan kotoran serta menjaga kesehatan kulit.
 
Kemudian, Genhype juga bisa menggunakan sabun muka yang memiliki kandungan vitamin B5 guna memperbaiki skin barier. Selain itu, sabun cuci muka yang dapat digunakan juga sebaiknya dapat melembapkan kulit, menghidrasi kulit, dan melindunginya dari radikal bebas.
 

2. Tabir surya untuk perlindungan maksimal
 

Langkah lain yang harus dilakukan oleh Genhype agar kesehatan kulit tetap terjaga saat polusi sedang tinggi adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya yang tepat. Penggunaan sunscreen tidak hanya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, tapi juga dapat menangkal radikal bebas yang terdapat dari polusi udara. Jadi, jangan pernah lewatkan rutin sunscreen dalam beraktivitas.
 
Dengan maraknya kasus tabir surya palsu dan overclaim di pasaran, maka Genhype perlu memastikan bahwa produk tabir surya yang digunakan sudah teruji secara klinis. Selain itu, kalian juga perlu memeriksa apakah tabir surya yang digunakan sudah mendapatkan sertifikasi BPOM dan halal.
 
Kemudian, sunscreen yang digunakan juga lebih baik tidak mengandung alkohol, pewangi buatan, dan tanpa paraben. Selain itu, tabir surya dengan teknologi 5x UV filter dan SPF 50+ PA+++ juga dapat menjadi pilihan lantaran akan melindungi kulit secara maksimal.
 
Bagi Genhype yang memiliki kulit berminyak, tabir surya yang dapat mengontrol produksi minyak wajah dapat menjadi pilihan. Kemudian, pilih juga yang memiliki kandungan yang dapat menenangkan, menghidrasi, dan melembapkan kulit. Saat menggunakan tabir surya, jangan lupa untuk kembali menggunakannya setidaknya setiap 2 jam.
 

3. Relaksasi saat malam
 

Langkah lain yang dapat dilakukan oleh Genhype agar kesehatan kulit dapat terjaga adalah dengan membuat kulit beristirahat. Jadi, gunakan masker yang dapat memanjakan kulit yang lelah setelah aktivitas sehari-hari.
 
Selain dapat membuat kulit lebih santai, masker yang digunakan juga sebaiknya bisa membersihkan kotoran yang terdapat dalam pori-pori. Genhype juga jangan lupa untuk memilih masker yang kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

SEBELUMNYA

Kanker Paru di Indonesia Mulai Sentuh Usia Produktif, Rokok & Kualitas Udara Buruk Jadi Biang Keladinya

BERIKUTNYA

Mengenal LDCT, Metode Skrining Kanker Paru Berbasis Kecerdasan Buatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: