Ilustrasi pakaian. (Dok. Nick de Partee dari Unsplash)

Perhatikan 5 Tips Memilih Pakaian buat yang Punya Alergi Kulit

07 July 2021   |   17:05 WIB

Genhype pernah merasakan gejala eksim kembali ketika menggunakan pakaian? Ternyata, pakaian merupakan salah satu material yang bisa membawa alergen yang kemudian memicu munculnya eksim bahkan memperparah gejalanya.

Dua faktor yang memicu munculnya eksim atau memperparah gejalanya ada pada pemilihan bahan pakaian atau proses saat mencuci sampai mengeringkan yang salah. Karena itu, Hypeabis.id merangkum lima tips saat memilih pakaian, mencuci, dan mengeringkan pakaian untuk yang memiliki eksim.

1. Pilih bahan yang nyaman.
 

Ilustrasi bahan pakaian. (Dok. Hermes Rivera dari Unsplash)

Ilustrasi bahan pakaian. (Dok. Hermes Rivera dari Unsplash)

Salah satu pemicu dari munculnya eksim pada kulit adalah bahan pakaian yang tidak sesuai dengan kondisi kulit. Polyester dan nylon kurang cocok karena menyerap panas, sedangkan wol membuat iritasi pada kulit.

National Eczema Society menyarankan untuk menggunakan beberapa bahan pakaian yang lebih ramah pada kulit, terutama bagi Genhype yang memiliki eksim seperti katun, bambu, dan sutra. Ketiga bahan ini sama-sama memiliki karakteristik lembut dan tidak menyerap panas atau breathable.


2. Gunakan pakaian yang ringan dan longgar.
 

Ilustrasi pakaian. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Ilustrasi pakaian. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

bahan yang ringan dan bentuk yang longgar bisa membuat kulit bernafas karena salah satu penyebab eksim adalah keringat dan kurangnya sirkulasi udara pada kulit.


3. Cuci pakaian.
 

Ilustrasi mencuci pakaian. (Dok. Teona Swift dari Unsplash)

Ilustrasi mencuci pakaian. (Dok. Teona Swift dari Pexels)

Mencuci pakaian baik setelah membelinya penting karena terdapat zat kimia yang asing bagi kulit yang tersisa pada pakaian yang baru saja dibeli. Seringkali zat ini bisa memicu munculnya eksim.

Jangan lupa juga gunakan sabun cuci yang ramah bagi kulit dan pakaian serta hindari penggunaan sabun bubuk karena beberapa kandungan dalam pembersih bisa memicu munculnya iritasi maupun potensi menempelnya gumpalan bubuk pada pakaian.


4. Lakukan pencegahan saat pencucian.
 

Ilustrasi pengeringan pakaian. (Dok. Marco Secchi dari Unsplash)

Ilustrasi pengeringan pakaian. (Dok. Marco Secchi dari Unsplash)

Beberapa langkah yang bisa Genhype lakukan saat melakukan proses pencucian dan pengeringan. Pertama, lakukan pembilasan tambahan untuk memastikan residu dari deterjen telah bersih dari pakaian.

Sementara itu, proses pengeringan bisa dilakukan dengan menggunakan pengering khusus atau mencari lokasi pengeringan di dalam ruangan untuk mengurangi risiko masuknya alergen ke dalam pakaian.


5. Periksa bagian tambahan pada pakaian.
 

Ilustrasi tambahan pada pakaian. (Dok. Tobias van Schneider dari Unsplash)

Ilustrasi tambahan pada pakaian. (Dok. Tobias van Schneider dari Unsplash)

Beberapa bagian tambahan seperti label merek pada pakaian bisa dilepas karena memicu gangguan pada kulit. Selain itu, periksa juga tambahan lain seperti kancing yang berpotensi menganggu kulit.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini 9 Web Drama Korea Pendek yang Asyik Buat Ditonton

BERIKUTNYA

Momen Seru ITZY Sapa Penggemar Indonesia & Obrolin Make Up

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: