Ilustrasi pendidikan bagi perempuan Indonesia (Sumber gambar: Unsplash/Syahrul Alamsyah Wahid)

Ini 2 Beasiswa Khusus Perempuan di Indonesia yang Masih Dibuka Saat Ini

22 August 2023   |   17:17 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Beasiswa merupakan salah satu wujud dukungan yang penting dalam memajukan pendidikan dan masa depan seseorang,. Namun demikian, tidak banyak orang yang beruntung mendapatkan kesempatan menikmati beasiswa pendidikan itu.

Bagi kamu, para perempuan Indonesia, pada era sekarang ini masih sangat terbuka lebar kesempatan untuk mendapatkan beasiswa pendidikan tersebut. Jika kamu terhalang kondisi ekonomi namun memiliki prestasi akademik maupun non-akademik, memiliki cita-cita tinggi dan motivasi yang kuat untuk maju, tak perlu khawatir untuk dapat merasakan beasiswa pendidikan yang selalu menjadi rebutan banyak orang itu.

Pasalnya, saat ini terdapat beberapa lembaga yang dapat menawarkan program beasiswa yang bisa kamu ikuti. Seperti yang saat ini tengah dibuka beasiswa khusus perempuan yang memberikan peluang luar biasa untuk menunjang pendidikan dan pengembangan diri tersebut.

Baca juga: Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Dibuka untuk Pelaku Budaya, Begini Cara Daftarnya

Berikut beberapa beasiswa yang dapat diikuti perempuan Indonesia untuk mengejar impian mereka, mencapai kesetaraan gender dan perberdayaan seluruh perempuan, dan membawa perubahan positif dalam bidangnya masing-masing. Ini beasiswa perempuan di Indonesia yang sedang membuka pendaftaran;

1. Beasiswa Kartini Batch II 2023

Beasiswa Kartini Batch II 2023 merupakan program yang diinisiasi oleh lembaga Duta Inspirasi Indonesia yang dibawahi oleh UN Women. Beasiswa yang baru pertama kali rilis di tahun ini memberi bantuan pada perempuan Indonesia serta pelatihan skill yang bermanfaat dari founder Duta Inspirasi Indonesia, Safhira Alfarisi untuk pengembangan diri. 

Dikutip dari portal resminya di akun Instagram @dutainspirasi.indonesia, kriteria bagi penerima beasiswa Kartini Batch II 2023 adalah pelajar SMP/sederajat, SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana serta mahasiswi D3/D4/S1/S2 yang telah diterima di Perguruan Tinggi terakreditasi A dan terakreditasi B.

Calon penerima beasiswa ini pun diharapkan memiliki gagasan dan pemikiran yang kritis untuk bisa berkontribusi di tengah masyarakat dan berkomitmen untuk menyelesaikan pendidikannya di tempat yang sama ketika mendaftar beasiswa ini.

Pendaftaran beasiswa ini dapat diakses melalui portal resminya yakni bit.ly/BeasiswaKartini2023. Periode pendaftaran beasiswa ini dibuka sejak 14 April 2023 hingga 10 September 2023.
Beasiswa ini memberikan tunjangan biaya pendidikan, kelas pelatihan, dan kesempatan mengikuti kegiatan Duta Inspirasi Indonesia ke Singapura dan Malaysia serta menghadiri Rapat Koordinasi (RAKORNAS) di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

2. Beasiswa Inovasi 2023

Beasiswa Inovasi 2023 adalah Beasiswa Inovasi 2023 yang diinisiasi oleh aktris dan pemain film Dian Sastrowardoyo dalam yayasan Dian Sastrowardoyo yang didirikannya sejak tahun 2009 yang memiliki tujuan utama memberikan pelatihan keterampilan digital bagi perempuan Indonesia yang terkendala secara finansial. Harapannya dengan adanya beasiswa ini, penerimanya akan memperoleh keterampilan digital yang dibutuhkan pada industri masa kini yang banyak menggunakan teknologi seperti UI/UX Design dan website developement.

Dilansir melalui portal resminya perempuaninovasi.com, program beasiswa Inovasi 2023 berada pada rentang 13 Mei sampai 27 Agustus. Program beasiswa ini bekerjasama dengan dua yayasan lainnya yakni Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa dan Magnfique Indonesia. Beasiswa ini dapat diikuti oleh perempuan secara umum mulai dari tingkat SMP hingga lulusan universitas yang sedang mencari pengembangan skill digital.

Maka dari itu, kelebihan dari beasiswa Inovasi 2023 ini adalah tidak hanya sekadar memberikan dukungan finansial saja, tetapi juga mentorship dari pakar profesional dan pelatihan skill digital yang dibutuhkan di era serba digital saat ini.

Baca juga: Pemerintah Bakal Buka 1.000 Kuota Beasiswa buat Santri pada Juli 2023, Yuk Catat Tanggal Pendaftarannya

Editor : Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Mengenal Orkes Pensil Alis, Band dengan Lagu-lagu Segar dan Lirik Jenaka

BERIKUTNYA

Kurangi Limbah, Cek Kiat Daur Ulang Sampah Barang Elektronik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: