Ilustrasi Mahasiswa (Sumber gambar: dok. pexels)

Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Dibuka untuk Pelaku Budaya, Begini Cara Daftarnya

03 May 2023   |   21:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023 resmi dibuka pada Selasa, (2/5/23) bertepatan dengan momen Hari Pendidikan Nasional. BPI merupakan program beasiswa Kemendikbud Ristek terhadap siswa, insan kebudayaan, dan pendidik agar dapat meraih gelar pada jenjang yang lebih tinggi.

Menjadi bagian dari Program Merdeka Belajar, BPI bertujuan untuk memberikan meningkatkan sumber daya manusia Indonesia. Selain itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim mengatakan, BPI merupakan salah satu cara dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Baca juga: 5 Tips untuk Dapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

“Kami percaya bahwa cita-cita  bangsa Indonesia melompat ke masa depan hanya akan tercapai kesempatan yang setara untuk menuntut ilmu," kata Nadiem dikutip dari laman Puslapdik Kemdikbud Ristek, Rabu, (3/5/23).

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Suharti mengatakan, melalui BPI mereka menargetkan dua hal. Yaitu perluasan akses pendidikan yang bermutu serta peningkatan mutu dan relevansi pendidikan yang berpusat pada perkembangan peserta didik.

Pendaftaran BPI dibuka mulai 2 Mei sampai 31 Mei 2023 untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri dan sampai 30 Juni 2023 untuk tujuan perguruan tinggi. “Selaras dengan dua tujuan tersebut, kemendikbud ristek juga turut menyelenggarakan  beasiswa bergelar dan non gelar," ujar Suharti.


Jenis-jenis BPI 2023

Tidak hanya terbatas pada mahasiswa, beasiswa BPI juga tersedia untuk profesi lain termasuk dosen dan akademisi dapat mendaftar beasiswa tersebut. Adapun jenjang beasiswa ini untuk program S1, S2, dan S3, baik kampus di dalam dan luar negeri yang terdiri dari:
  • Beasiswa calon guru SMK untuk jenjang S1
  • Beasiswa bagi pelaku budaya dan penyuluh kepercayaan untuk jenjang S1 sampai S3 
  • Beasiswa Indonesia Maju (BIM) untuk jenjang S1 dan S2 melalui skema mandiri
  • Beasiswa perguruan tinggi akademik jenjang S2 dan S3
  • Beasiswa perguruan tinggi vokasi untuk jenjang S2 dan S3 bagi dosen dan tenaga kependidikan
  • Beasiswa pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan formal dan non formal di lingkungan Kemendikbud Ristek untuk jenjang S2 dan S3.


Kuota dan Syarat Pendaftaran BIP 2023

Kepala BPPT, Anton Rahmadi mengatakan kuota beasiswa BIP 2023 untuk pelaku budaya, perguruan tinggi akademik dan vokasi  masih sama seperti tahun sebelumnya yakni sekitar 1.000- 1.300 orang. Dia mengungkap pada 2021-2022 BPI telah membiayai 6.326 penerima beasiswa.

"Dari keseluruhan penerima beasiswa tersebut, sekitar 89 persen  menempuh studi di dalam negeri dan 11 persen di luar negeri," kata Anton.

Dihimpun dari buku panduan BPI 2023 pihak penyelenggara menetapkan dua kategori persyaratan, yakni persyaratan umum dan khusus. Oleh karena itu para pelamar harus memenuhi syarat-syarat tersebut bila ingin diterima sebagai penerima Beasiswa BPI.

Adapun bagi Genhype yang berminat mengikuti program beassiwa BPI 2023 dapat mendapatkan buku panduannya dengan mengakses di laman puslapdik. kemdikbud.go.id atau di laman beasiswa. kemdikbud.go.id. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Lelah dengan Sikap Pasangan, Tanda Sudah Tidak Cocok Lagi?

BERIKUTNYA

Kai EXO Berangkat Wajib Militer Dadakan, Agensi Minta Pengertian Penggemar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: