Cuplikan film Merah Putih (Sumber gambar: Margate House)

Rekomendasi 10 Film Tentang Pahlawan Indonesia, Pas Ditonton pada Momen 17 Agustusan

14 August 2023   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

 
Disutradarai oleh Garin Nugroho film ini mengisahkan tentang perjuangan Tjokroaminoto yang merupakan pendiri organisasi Sarekat Islam. Lewat organisasi resmi pertama bumiputera itu, Tjokro berjuang untuk menyamakan hak dan martabat rakyat yang terus terjajah oleh bangsa asing.
 
Meski lahir dari kaum bangsawan Jawa, Tjokro rela meninggalkan status darah birunya untuk hidup berdampingan dengan masyarakat miskin. Lewat latar belakang keislamannya yang kuat dia juga mengkritik keras kesenjangan sosial yang terjadi pada masa penjajahan setelah tanam paksa berlangsung.
 
Tak hanya itu, Tjokroaminoto juga sosok intelektual yang banyak melahirkan tokoh-tokoh besar bangsa Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Soekarno, Semaoen, dan Kartosoewirjo yang kelak memiliki jalan dan ideologi berbeda satu sama lain.
 

7. Kartini (2017)

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini mengangkat biografi dari salah satu tokoh pahlawan perempuan Nasional yakni Raden Ajeng Kartini. Jika biasanya film perjuangan identik dengan perlawanan fisik dan diplomasi, Kartini justru berjuang melalui dunia pendidikan yang kala itu masih sangat terbatas untuk diakses, terutama bagi perempuan.
 
Film ini memiliki alur cerita yang maju-mundur dan mengisahkan tentang sosok Kartini kecil yang sudah dikenal sebagai pemberontak. Akibat dari sikap kritisnya, nama Kartini selalu dikenang karena menjadi inspirasi dalam dunia pendidikan dan tak henti berjuang atas hak-haknya.
 

8. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta (2018)

 
Film bergenre kolosal ini menampilkan biografi tokoh Sultan Agung yang terkenal ambisius dan pemberani karena keputusannya untuk menyerang VOC Belanda. Film ini tak hanya menampilkan cerita tentang perlawanan terhadap VOC, melainkan juga terdapat bumbu cinta antara Sultan Agung dengan Lembayung yang terpaksa kandas.
 

9. Perburuan (2019)

Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya penulis Pramoedya Ananta Toer ini mengambil latar perjuangan kemerdekaan Indonesia pada era penjajahan Jepang. Perburuan banyak menceritakan pemberontakan pasukan PETA (Pembela Tanah Air) melawan Jepang. Kisahnya mengikuti tokoh Hardo (Adipati Dolken) yang kembali ke kampung halamannya di Blora. 
 
Namun, kehadirannya tercium oleh tentara Jepang dan ia pun kemudian dilacak dan dikejar. Dalam sebuah pengejaran selama satu hari dan malam menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebuah drama perjuangan pun terungkap.
 

10. Kadet 1947 (2021)

Disutradarai Rahabi Mandra dan Aldo Swastia, film Kadet 1947 mengisahkan tentang sekelompok calon penerbang yang membantu perjuangan Bangsa Indonesia dengan menyerang markas tentara Belanda dari udara. Hal itu perlu dilakukan meski mereka belum ahli dalam menerbangkan pesawat.
 
Film ini diangkat dari peristiwa serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan para kadet (taruna calon penerbang). Mereka menyerang pertahanan kelompok Belanda yang ada di wilayah Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 1947.
 
Lewat film ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak lahir dengan cara yang mudah. Ada banyak nyawa yang melayang serta banyak hal yang dikorbankan para pahlawan demi Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

Baca juga: 7 Dekorasi Khas 17 Agustus yang Unik & Kreatif, Mudah Buatnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

5 Destinasi Wisata Lokal yang Cocok Dikunjungi untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

BERIKUTNYA

Rumah Mode Ganni Visualisasikan Masa Depan Fesyen dengan AI di Copenhagen Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: