Wisata domestik Nusa Penida (Sumber foto: Unsplash/Nate Johnston)

5 Destinasi Wisata Lokal yang Cocok Dikunjungi untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

14 August 2023   |   22:27 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tahun ini Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-78. Pada momen bersejarah ini, alangkah baiknya masyarakat menggelorakan semangat kemerdekaan dengan melakukan berbagai aktivitas seru. Di samping ikut serta upacara bendera atau lomba Agustusan, kalian juga bisa berlibur untuk menikmati keindahan alam Indonesia. 

Pada momen kemerdekaan, wisata alam domestik banyak jadi pilihan pelancong. Mulai dari mendaki gunung untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih sampai menyelam di antara terumbu karang sembari memegang bendera kebangsaan, bisa jadi pilihan aktivitas tersebut. 

Tentunya kegiatan tersebut akan membuat momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia makin berkesan. Nah Genhype, yuk simak sejumlah rekomendasi wisata domestik yang cocok dikunjungi untuk merayakan HUT RI Ke-78. 

Baca juga: 14 Hotel Bersejarah di Indonesia Untuk Liburan 17 Agustusan
 

1. Gunung Semeru, Jawa Timur 

(Sumber foto: jatimprov.go.id)

(Sumber foto: jatimprov.go.id)

Area lereng Gunung Semeru merupakan tempat wisata yang terkenal dengan aktivitas offroad-nya. Ada dua rute yang bisa dipilih yakni rute sunrise dan rute pendek. Rute sunrise dimulai dengan melihat matahari terbit di Sunrise Point Kembangan, lalu ke Bukit Sarkawi untuk berfoto di tengah hamparan rumput hijau yang dikelilingi hutan pinus, dan sawah-sawah yang indah. 

Perbedaannya dengan rute pendek hanyalah jam keberangkatannya saja. Karena rute sunrise dimulai dengan kegiatan melihat matahari terbit maka keberangkatannya dimulai dari pukul 04.00. Sementara rute pendek mulai pukul 07.00 pagi atau maksimal 14.00.

Selain offroad, aktivitas menarik lainnya yang bisa dinikmati wisatawan adalah berkemah di Ranu Kumbolo, lalu ikut mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di puncak Mahameru.
 

2. Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur 

(Sumber foto: indonesia.go.id)

(Sumber foto: Portal Informasi Indonesia)

Sambut kemerdekaan Indonesia dengan mengunjungi Pulau Padar, Labuan Bajo, yang memiliki pemandangan indah. Di pulau ini, kamu bisa merasakan pengalaman menaiki puncak Pulau Padar, melihat sunset, piknik, dan juga mengeksplorasi keindahan bawah laut. Selain itu yang tak kalah menariknya, kamu bisa melihat satwa endemik komodo, asal Nusa Tenggara Timur.

Wisatawan dapat mengakhiri perjalanan mereka dengan mencoba aktivitas snorkeling bersama Pari Manta di Manta Point. Selain itu, juga bisa melihat kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut yang menjadi acara tahunan di Hari Kemerdekaan Indonesia.


3. Bunaken, Sulawesi Utara 

(Sumber foto: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

(Sumber foto: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Merayakan kemerdekaan juga bisa dilakukan di salah satu surga bawah laut Indonesia, yakni Taman Nasional Bunaken. Tempat ini merupakan spot diving ternama di Ibu Pertiwi yang menyimpan keindahan bawah laut menakjubkan. Kamu bisa mengibarkan bendera sambil menyelam di bawah laut.

Di sini, penyelam bisa melihat beragam terumbu karang cantik dan biota laut warna-warni. Selain diving, kamu juga bisa snorkeling dan memberi makan terumbu karang, serta berjalan-jalan mengitari pulau yang cantik.


4. Nusa Penida, Bali 

(Sumber foto: Portal Informasi Indonesia)

(Sumber foto: Portal Informasi Indonesia)

Nusa Penida memiliki banyak spot wisata populer dengan fenomena alam unik, seperti Broken Beach Banjar Sumpang yang punya tebing berlubang seolah membentuk terowongan di atas laut. Dekat dari kawasan tersebut, ada kolam alami kolam alami di tengah karang besar yang menghadap ke laut. Wisatawan bisa berenang di sini, tapi jangan lupa untuk mengecek kondisi ombak supaya kegiatan berenang tetap aman dan seru. 

Nusa Penida juga punya Kelingking Beach, pantai dengan tebing-tebing cantik yang punya banyak spot foto menarik. Selain itu juga ada Diamond Beach, pantai pasir putih dengan deburan ombak yang indah dan pemandangan menakjubkan. Kamu bisa merayakan kemerdekaan dengan berfoto menggunakan aksesori merah putih di sini.


5. Bukit Punthuk Setumbu, Jawa Tengah 

(Sumber foto: Visit Jawa Tengah)

(Sumber foto: Visit Jawa Tengah)

Bukit Punthuk Setumbu menjadi spot yang pas untuk melihat sunrise dengan pemandangan gunung Merapi Merbabu dan Candi Borobudur yang diselimuti kabut. Di sini kamu bida mengibarkan bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI.

Selain itu, apabila kamu ingin melihat Candi Borobudur lebih dekat, datang saja ke situs bersejarah ini pada pagi hari. Dengan begitu saat berkeliling area candi para wisatawan akan lebih nyaman karena tidak kepanasan. Di sini juga kamu bisa berfoto dengan gaya menarik sambil mengenakan aksesori merah putih untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: 7 Spot Wisata Edukasi di Jabodetabek, Buat Liburan Anak Jadi Berkualitas

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Sudarso, Maestro Lukis yang Bermula dari Pengantar Susu

BERIKUTNYA

Rekomendasi 10 Film Tentang Pahlawan Indonesia, Pas Ditonton pada Momen 17 Agustusan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: