Ilustrasi perayaan 17 Agustus (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Abdurachman)

7 Dekorasi Khas 17 Agustus yang Unik & Kreatif, Mudah Buatnya!

09 August 2023   |   14:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Indonesia sebentar lagi akan memperingati hari jadinya yang ke-78 tahun. Bangsa Indonesia memasuki usia hampir delapan dekade sejak resmi meraih kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Perayaan Hari Kemerdekaan pun selalu disambut riuh oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tema besar peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Tema ini dipilih oleh pemerintah dengan melihat pencapaian yang telah diraih sehingga menjadikan Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara.

Baca juga: 5 Ide Desain Gapura 17 Agustus yang Unik & Menarik

Biasanya, untuk merayakan Hari Kemerdekaan, sejumlah masyarakat berinisiasi untuk membuat acara 17 Agustusan yang digelar di lingkungan tempat tinggal mereka. Acara tersebut biasanya berisikan sejumlah perlombaan menarik, syukuran, hingga hiburan acara puncak pada malam 17 Agustus. Agar acara kalian semakin semarak, berikut adalah beberapa elemen dekorasi khas 17 Agustus yang unik dan kreatif.
 

1. Bunga Kertas Merah Putih

Dekorasi panggung satu ini terbilang mudah dibuat. Kalian hanya membutuhkan sejumlah kertas karton berwarna merah dan putih yang dilipat seperti lengkungan lalu disatukan hingga menjadi bentuk bunga yang mekar. Sebagai dekorasi panggung, kalian bisa menyatukan beberapa bunga kertas menggunakan tali lalu digantung sesuai kebutuhan.
 

2. Lampion dari Botol Plastik Bekas

Membuat dekorasi panggung 17 Agustus juga bisa dengan memanfaatkan barang bekas seperti botol. Kalian bisa membuat hiasan lampion yang terbuat dari botol bekas. Caranya, potong botol menjadi dua bagian lalu pakai bagian atasnya. Lapisi botol dengan kertas karton putih lalu tempelkan beberapa kertas karton merah dan putih berbentuk lingkaran yang dilipat menjadi dua bagian.
 

3. Rumbai Plastik Merah Putih

Ada banyak barang praktis yang bisa digunakan untuk membuat dekorasi panggung 17 Agustus, salah satunya kantong kresek plastik. Kalian bisa membuat semacam hiasan rumbai plastik berwarna merah putih.

Caranya, lipat plastik beberapa kali lalu gunting dengan menyisakan bagian atasnya agar rumbai hanya pada bagian bawahnya. Rekatkan plastik menggunakan lakban agar membentuk gumpalan rumbai. Setelah itu, jejerkan rumbai menggunakan tali dan sedotan secara selang seling warna merah dan putih.
 

4. Hiasan Bunga dari Kertas Minyak

Material terjangkau lainnya yang bisa digunakan untuk membuat hiasan dekorasi panggung 17 Agustus adalah kertas minyak. Kalian bisa membuat hiasan seperti bentuk rantai dengan bunga di bawahnya menggunakan kertas minyak.

Caranya, kalian bisa membuat terlebih dahulu elemen rantai dengan menggunting kertas dan menyatukannya secara bergantian merah dan putih. Setelah itu, buat kertas dengan bentuk menyerupai bunga dengan hiasan rumbai di bawahnya.
 

5. Hiasan dari Sendok Bebek Plastik 

Untuk membuat elemen dekorasi satu ini, kalian perlu menyiapkan banyak sendok bebek plastik yang dicat merah pada bagian gagangnya menggunakan cat kayu. Lalu, buat bolongan kecil pada ujung gagang sendok menggunakan solder. Jejerkan sendok menggunakan benang kasur dan diberi jarak menggunakan potongan sedotan berwarna putih.
 

6. Hiasan Berbentuk Hati dari Sedotan

Hiasan dekorasi panggung 17 Agustus bisa berupa bentuk apapun salah satunya hati. Untuk membuat hiasan satu ini, kalian perlu menyiapkan sejumlah sedotan berwarna merah dan putih yang disambungkan menggunakan tali hingga membentuk hati. Agar variatif, buat elemen hati dengan ukuran besar dan kecil yang disatukan dengan tali.
 

7. Dekorasi Bunga dari Kantong Kresek

Satu lagi ide membuat elemen dekorasi dari kantong kresek plastik yakni berbentuk bunga. Untuk membuat hiasan ini, kalian perlu menyiapkan sejumlah kantong kresek plastik berwarna merah dan putih lalu potong berukuran 25 cm x 10 cm.

Lipat kresek dengan arah bolak-balik lalu gunting menjadi lancip pada bagian ujungnya lalu streples pada bagian tengahnya. Satukan bunga merah dan putih lalu sambungkan hingga panjang yang diinginkan. 

Baca juga: 7 Ide Lomba 17 Agustusan untuk Anak-Anak 2023, dari Pecah Balon hingga Balap Karung Pakai Helm

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cek Fakta Unik Serial Virgin Mom 2, Kisah Amanda Rawless & Al Ghazali Jadi Orangtua Muda

BERIKUTNYA

Bikin Usaha Tanpa Ribet, Skema Bisnis Reseller Masih Menjanjikan di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: