Lomba balap karung menjadi salah satu yang dapat diadakan di kantor. (Sumber foto: Pexels/Trie Wrn)

7 Ide Lomba Seru Rayakan 17 Agustus di Kantor

05 August 2023   |   06:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus semakin dekat. Sebagian dari Genhype mungkin sedang memutar otak untuk menemukan perlombaan apa yang bisa dilaksanakan bersama dengan rekan sekantor. Pastinya kalian ingin menyusun acara yang seru dan menyenangkan untuk semua orang.

Peringatan 17 Agustus di kantor dapat menjadi momen seru untuk mempererat hubungan antara karyawan, serta mengingatkan mereka tentang pentingnya semangat patriotisme dan cinta tanah air.

Baca juga: 5 Ide Desain Gapura 17 Agustus yang Unik & Menarik

Lomba-lomba yang diadakan di kantor pada perayaan 17 Agustus juga menciptakan iklim kerja yang positif dan membantu meningkatkan semangat patriotisme dan nasionalisme di antara karyawan.

Tak hanya itu, lomba-lomba kreatif membantu mendorong kerjasama antar tim dan mempererat hubungan di antara anggota tim, terlepas dari perbedaan latar belakang dan peran pekerjaan mereka. Selain itu, acara semacam ini dapat menjadi sarana melupakan rutinitas kerja sejenak dan memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bersenang-senang bersama.

Agar perayaan 17 Agustus di kantor tidak monoton, berikut ini beberapa ide lomba seru dan meriah yang dapat diadakan untuk menyemarakkan suasana peringatan kemerdekaan:


1. Tebak Lagu

Tebak kata menjadi salah satu lomba yang bisa diadakan di kantor. Genhype bisa mengadakan lomba ini secara berkelompok berdasarkan divisi atau mencampur peserta dari berbagai divisi untuk memperat silaturahmi antar karyawan.

Untuk memainkan kuis ini, kalian bisa memutar maksimal tiga detik pertama dari lagu-lagu nasional maupun lagu musisi Indonesia. Tiap kelompok harus beradu cepat menjawab dengan lengkap judul beserta nama penyanyi atau penciptanya.


2. Kuis Sejarah Indonesia

Mari segarkan kembali ingatan kita tentang pelajaran sejarah Indonesia menuju kemerdekaan yang diajarkan di sekolah. Lomba kuis sejarah Indonesia adalah cara yang bagus untuk menguji pengetahuan sejarah dan semangat nasionalisme karyawan. Siapkan beberapa pertanyaan sejarah Indonesia yang menarik dan tantang setiap tim untuk menjawabnya dengan benar. Lomba ini akan mengedukas, sekaligus menghibur karyawan sekaligus.


3. Balap Bakiak

Balap bakiak adalah lomba yang juga bisa diadakan oleh penyelenggara pada saat acara 17 Agustus. Lomba ini akan melatih kekompakan dan konsentrasi setiap peserta mengikutinya. Kedua hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. 

Saat mengikuti lomba ini, para peserta akan berusaha menyeleraskan gerakan kaki kiri dan kanannya bersama dengan gerakan kaki rekan satu kelompok. Langkah ini bukan sesuatu yang mudah, tapi bisa dilakukan.

Peserta juga perlu diberitahu agar berhati-hati saat mengikuti lomba balap bakiak agar tidak mengalami cedera akibat jatuh karena gerakan yang tidak seirama.


4. Balap Karung

Balap karung juga bisa menjadi lomba yang diadakan untuk teman-teman kantor. Balap karung termasuk lomba tradisional yang kerap ada di setiap masyarakat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Siapkan beberapa karung yang cukup besar, dan aturlah jalur balapan yang aman di sekitar area kantor. Bagi karyawan menjadi beberapa tim, dan setiap tim harus memilih satu anggota untuk berlomba dengan mengenakan karung di pinggang. Lomba ini akan menimbulkan tawa dan keceriaan di kantor, sambil mengingatkan pada permainan khas masa kecil kita.


5. Lomba Kreasi Lagu Kemerdekaan

Manfaatkan talenta musikal karyawan dengan mengadakan lomba menciptakan lagu kemerdekaan. Beri kesempatan kepada karyawan untuk mengekspresikan rasa cinta dan semangat patriotisme mereka melalui lirik dan melodi lagu. Tim yang berhasil menciptakan lagu kemerdekaan dengan pesan positif dan menginspirasi menjadi juaranya.


6. Lomba Kostum dan Parade Bendera

Biarkan kreativitas karyawan berbicara dengan mengadakan lomba kostum dan parade bendera. Ajak semua karyawan untuk berpartisipasi dengan mengenakan kostum kreatif yang terinspirasi oleh tema kemerdekaan atau pakaian tradisional Indonesia. Selain itu, adakan juga parade bendera, di mana setiap tim membawa bendera kecil dari berbagai daerah di Indonesia. Tim dengan kostum dan parade bendera terbaik akan mendapatkan penghargaan.


7. Lomba Makan Kerupuk

Tak lengkap rasanya merayakan 17 Agustus tanpa lomba makan kerupuk. Lomba ini selalu menjadi favorit banyak orang karena keseruannya. Bagilah karyawan menjadi beberapa kelompok kecil, dan siapkan beberapa piring kerupuk dengan ukuran yang berbeda-beda.

Anggota kelompok harus saling berhadapan dengan tangan terikat di belakang punggung, dan mencoba memakan kerupuk secepat mungkin tanpa menggunakan tangan. Tim yang berhasil memakan kerupuk dengan cepat menjadi pemenangnya.

Selain ide lomba di atas, kalian juga bisa menyiapkan beragam hidangan tradisional Indonesia dan permainan rakyat lainnya untuk menambah meriah suasana perayaan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Siap Meluncur, Cek Spesifikasi & Harga Infinix GT 10 Pro yang Cocok untuk Gaming

BERIKUTNYA

Yuk Kenalan dengan 6 Karakter Utama Film Budi Pekerti, Mulai dari Sha Ine Febriyanti hingga Angga Yunanda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: