Telaga Warna Puncak Bogor (Sumber Foto: Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan)

Fakta-fakta Wisata Alam Telaga Warna Puncak Bogor, Bisa Lihat Flora & Fauna Hutan Tropis

12 August 2023   |   17:54 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Telaga Warna menjadi salah satu destinasi wisata alam di Puncak, Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Danau kecil yang berada di kawasan cagar alam hutan gunung Mega Mendung dan gunung Hambalang tersebut menawarkan panorama alam yang cantik dan masih asri.

Seperti namanya, daya tarik Telaga Warna adalah warna airnya yang bisa berubah-ubah. Sebetulnya ini disebabkan oleh pantulan dari pohon rindang yang ada di sekelilingnya, sekaligus efek dari cahaya matahari yang menciptakan gradasi warna yang indah.

Telaga Warna puncak Bogor diresmikan sejak 1972 dan menjadi bagian dari cagar alam yang dilindungi keasriannya. Kedalamannya sekitar 15 meter, sementara bagian tepinya sekitar 1 sampai 2 meter saja. Udara di sekitarnya sangat sejuk karena berada di ketinggian yang berkisar antara 1097 hingga 1400 mdpl. 

Baca juga: Wisata ke Gua Sunyaragi Peninggalan Sunan Gunung Jati, Tempat Bersejarah yang Penuh Mitos

Sebelum berkunjung ke Telaag Warna Puncak Bogor, yuk simak fakta-fakta menariknya.


1. Sejarah Telaga Warna Puncak Bogor

Terdapat beberapa versi sejarah terkait bagaimana awal ditemukannya Telaga Warna Puncak Bogor. Salah satunya yang paling populer adalah bahwa telaga ini merupakan bentuk luapan dari kesedihan Prabu Suranalya dan permaisuri Purbamanah terhadap perlakuan kasar anak mereka yang bernama Putri Ayu Kencana Ungu atau yang dikenal dengan  Nyi Ajeng Gilang Rinukmi.

Pada hari ulang tahun Nyi Ajeng Gilang Rinukmi, sang raja, ratu dan semua rakyatnya ingin memberikan hadiah terbaik untuk putrinya, yakni sebuah kalung mutiara yang indah. Sayangnya, Nyi Ajeng membuang kalung tersebut karena dia tidak menyukainya.

Ketika sang raja, ratu, dan rakyatnya mengetahui ulah sang putri yang sengaja membuang kalung tersebut, kemudian terjadilah tangisan yang begitu dahsyat sampai membentuk Danau Telaga Warna tersebut. Legenda tersebut begitu populer di antara masyarakat sekitar.
 

2. Mitos Telaga Warna Puncak Bogor

Di samping itu, Telaga Warna memiliki mitos yang sampai saat ini masih dipercaya masyarakat setempat dan membuat para wisatawan penasaran.

Mitos tersebut adalah barang siapa yang melihat ikan ekor ikan hitam dan kuning maka segala keinginannya akan terkabulkan. Selain itu barang siapa yang membasuh wajahnya dengan air danau, maka wajahnya akan terlihat awet muda dan rupawan.


3. Fasilitas di Telaga Warna

Sejarah dan mitos mengenai Telaga Warna tersebut rupanya mampu memberikan daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang ingin berkunjung. Sebagai tempat wisata yang selalu ramai pengunjung, baik pengelola dan pemerintah telah menyediakan fasilitas yang memadai.

Tersedia sejumlah fasilitas menarik seperti perahu dan sepeda air, balon udara, flying fox, outbound, jogging track, dan gazebo yang dapat dinikmati wisatawan. Selain itu juga fasilitas umum seperti tempat parkir, warung makan, mushola, toilet, dan lainnya.

Pengunjung juga bisa melihat beragam flora khas hutan tropis yang ada di sana seperti tumbuhan paku tiang, rame, dan rotan. Ada juga faunanya yang langka seperti macan tutul, babi hutan, kera abu-abu, surili, serta lutung.
 

4. Lokasi dan Harga Tiket Masuk Telaga Warna

Harga tiket masuk Telaga Warna sebesar Rp15.000, sementara untuk tiket masuk ke perkebunan teh sebesar Rp25.000. Jam operasionalnya buka mulai dari 08.00 WIB dan tutup pada 17.00 WIB. 

Lokasinya sendiri berada di desa tubuh Jalan Raya Puncak Cianjur, Kecamatan Cisarua, Tugu Utara, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya dari pusat kota Bogor sekitar 30 km. 

Baca juga: 3 Tempat Wisata di Jabodetabek dengan Nuansa Alam yang Asyik Buat Liburan Keluarga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sosok Djoko Pekik di Mata Para Seniman hingga Pejabat 

BERIKUTNYA

Resep Pavlova Stroberi, Dessert yang Renyah dan Isinya Lembut Seperti Marshmallow

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: