(Ilustrasi) Pengunjung mengikuti test drive mobil listrik yang pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 di Jakarta, Minggu (21/5). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Jadwal Lengkap GIIAS 2023 & Cara Test Drive Mobil atau Motor di ICE

10 August 2023   |   13:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kembali digelar tahun ini. Salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia sekaligus, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

Tahun ini, GIIAS telah menginjak usia penyelenggaraan yang ke-30 sejak pertama kali digagas pada 1986. Hal ini tentu menjadi tonggak sejarah tersendiri bagi Gaikindo selaku penyelenggara acara pameran otomotif tersebut.

Baca juga: Cek Harga & Cara Beli Tiket GIIAS 2023 Secara Online

Gelaran pertama GIIAS 2023 akan berlangsung di Jakarta. Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, GIIAS 2023 Jakarta akan digelar mulai 10-20 Agustus 2023.

Selama sepuluh hari, pengunjung bisa melihat berbagai pabrikan otomotif saling adu kendaraan. Beberapa pabrikan bahkan akan mengeluarkan seru kendaraan terbaru mereka di event ini.

Pameran mobil dan motor ini diketahui akan diikuti oleh 49 merek kendaraan ternama di Indonesia. Beberapa merek otomotif tersebut adalah BMW, Audi, Chery, Citroen, Mazda, DFSK, GWM Tank, Daihatsu, Honda, Hyundai, Lexus, KIA, Haval, Maxus, MG, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Suzuki, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Toyota, Volkswagen, Wuling, dan Volvo.

Selain itu, di sektor kendaraan komersial, nama-nama besar seperti Isuzu, Hino, Mitsubishi Fusa, Toyota Komersial, hingga UD Trucks juga akan ikut mejeng di GIIAS 2023. Pameran ini juga akan dimeriahkan oleh 15 merek kendaraan roda dua, tiga merek karoseri, dan lebih dari 100 merek industri pendukung otomotif lain.

Setelah Jakarta, GIIAS 2023 akan roadshow ke beberapa kota lain. Kota berikutnya yang akan menjadi tuan rumah GIIAS 2023 adalah Surabaya. Pameran mobil dan motor ini akan digelar pada 20-24 September 2023 di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur.

Kemudian, GIIAS 2023 akan bergeser ke kota Semarang. Bertempat di Marina Convention Center, Semarang Barat, GIIAS 2023 akan diselenggarakan selama lima hari dari 18-22 Oktober 2023.

Kota berikutnya sekaligus menjadi yang terakhir adalah Bandung. GIIAS 2023 akan digelar di Kota Kembang pada 22-26 November 2023. Lokasi pameran ini adalah di Sudirman Grand Ballroom, Kota Bandung, Jawa Barat.


Cara Test Drive Mobil dan Motor

 

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto (kiri) bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau salah satu stan saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2023). (Sumber: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto (kiri) bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau salah satu stan saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2023). (Sumber: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)


Selain bisa menyaksikan puluhan mobil yang dipamerkan di GIIAS 2023, pengunjung juga bisa melakukan test drive dan test ride. Pengunjung bisa mencoba beberapa model mobil atau motor sebelum memutuskan membeli kendaraan tersebut.

Dengan mencoba kendaraan, pengunjung pun jadi lebih paham mengenai fitur dan keunggulan mobil atau motor yang sedang diincarnya. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi berkendara dengan kendaraan impiannya.

Project Director Seven Event selaku pelaksana GIIAS 2023 Sri Vista Limbong mengatakan bahwa terdapat tiga zona test drive yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Yakni di area Loading Dock Hall 2, area Loading Dock Hall 3-3A, dan Loading Dock Hall 6-9.

”Gratis. Hanya perlu registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi Auto360,” kata Sri Vista Limbong dikutip dari laman resmi Gaikindo, Kamis (10/8)

Setelah melakukan registrasi pada aplikasi Auto360, pengunjung bisa langsung memilih jenis merek mobil atau motor yang akan dicoba. Kemudian pengunjung cukup membawa bukti registrasi ke area test untuk registrasi ulang.

Saat test drive, pengunjung akan didampingi oleh product expert dari masing-masing APM agar mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai kendaraan yang diuji coba.

Meski gratis, syarat mengendarai mobil test drive adalah harus sudah punya surat izin mengemudi (SIM) yang masih berlaku. Kemudian, pengunjung juga harus mematuhi aturan keamanan berkendara lain, seperti memakai sabuk pengaman, membuka kaca kendaraan, dan wajib mematuhi segala peraturan yang ada pada area-area tersebut.


Baca juga: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Diadaptasi dari Novel, Cek Sinopsis Serial Gadis Kretek yang Siap Tayang Tahun Ini

BERIKUTNYA

Catat, Titik Lokasi & Jadwal Shuttle Bus Gratis ke Pameran GIIAS 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: