Jajaran pemain dan tim film Sleep Call dalam acara konferensi pers di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Senin (7/8/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Dibintangi Laura Basuki & Juan Bio One, Sleep Call Angkat Kisah Romansa Berujung Teror

07 August 2023   |   19:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Fajar Nugros adalah salah satu sutradara yang terbilang produktif dalam membuat film. Sutradara berusia 44 tahun itu kembali mengumkan film besutan terbarunya berjudul Sleep Call. Seperti judulnya, film bergenre suspense-thriller ini mengangkat kisah yang berangkat dari fenomena kegiatan telponan sepanjang malam.
 
Kisah film Sleep Call mengangkat cerita tentang tokoh Dina (Laura Basuki) yang pernah bersinar sebagai seorang pramugari. Namun, dia justru terjerumus dalam dunia gelap perusahaan pinjaman online ilegal untuk melunasi hutang yang menghantuinya.

Baca juga: Fenomena Jual Jasa Sleep Call di Medsos, Anak Muda Pada Kesepian?
 
Di tengah kesepian dan beratnya beban hutang, Dina menemukan sedikit cahaya dalam kegelapan dengan menikmati kegiatan Sleep Call di sebuah aplikasi kencan. Namun, kegelapan justru mulai memadamkan percikan cahaya itu ketika Dina terjebak dalam belitan hubungan adiktif bersama Rama (Juan Bio One).
 
Rama adalah sosok asing di kehidupan Dina yang mempesona namun penuh teka-teki, yang dia temui dari aplikasi tersebut. Semakin Dina terlibat, semakin dia menyadari bahwa cintanya kepada Rama justru membawa hidupnya ke sebuah situasi yang rumit. Ketika keadaan sudah tak terkendali, ada nyawa yang terenggut dan misteri yang tertinggal.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by IDN Pictures (@idnpictures)


Fajar Nugros mengungkapkan ide awal untuk membuat cerita film ini berangkat dari hasil pengamatannya dimana kegiatan sleep call sering dilakukan oleh banyak orang, tak terkecuali putrinya sendiri. Berangkat dari fenomena itu, akhirnya pria yang akrab disapa Nugros itu menggandeng penulis Husein M. Atmodjo untuk mengembangkannya menjadi sebuah skenario film.
 
Menurutnya, di tengah kehidupan modern yang bergerak sangat cepat, orang-orang kini lebih menghabiskan waktu luang mereka untuk bermain gawai. Sebagiannya bahkan memutuskan untuk bertemu dan menjalin kasih lewat sosial media melalui kegiatan yang disebut sleep call.
 
"Ternyata 9 dari 10 [anggota] tim kita juga pernah sleep call. Jadi, ini fenonema yang menarik buat saya dan kemudian dikeluarkan menjadi cerita yang baru," katanya dalam acara konferensi pers di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Senin (7/8/2023).
 
Jelang tayang di bioskop, rumah produksi IDN Pictures merilis poster dan trailer resmi dari film Sleep Call. Dalam video berdurasi satu menit, trailer tersebut menampilkan sosok Dina perempuan pekerja kantoran menengah ke bawah yang terlilit hutang pinjaman online (pinjaman online). Dia terjebak dalam hidup yang keras dan kerap merasakan kesepian.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by IDN Pictures (@idnpictures)

 
Merasa tidak mendapatkan tempat di kehidupan nyata, Dina merasa bahwa eksistensinya lebih hidup di dunia maya. Akhirnya dia mencoba mengobati rasa kesepiannya dan mulai sleep call lewat aplikasi kencan daring. Dia pun mulai terbuai dalam hangatnya sleep call dengan Rama, yang dikenalnya lewat aplikasi tersebut.

Trailer juga memberikan cuplikan film Sleep Call yang mencoba menghadirkan kesan tegang, nuansa yang identik hadir dalam film-film bergenre thriller. Hal itu terbangun lewat akting Laura Basuka yang intens serta skoring yang menegangkan. Selain itu, visualisasi film ini juga tampak sengaja disajikan lebih gelap.
 
Selain trailer, poster film Sleep Call juga dirilis. Poster tersebut menampilkan Laura Basuki dan Juan Bio One yang merupakan karakter dalam film ini. Mereka tampak keluar dari ponsel dan menghadirkan gestur yang mesra. Di tengah keromantisan gestur mereka, hadir tetesan darah dari kepala Laura.
 
Produser dari IDN Pictures Susanti Dewi menuturkan pihaknya selalu berusaha membuat karya film yang memang dekat atau relate dengan target penonton IDN Pictures yakni kalangan Generasi Z dan Milenial. Seperti halnya juga dalam film Sleep Call yang mencoba mengupas soal kesepian yang menurutnya menjangkiti banyak orang saat ini.
 
Santi prihatian bahwa seringkali kesepian yang dialami anak muda tanpa sadar membuat mereka terjebak dalam situasi mental yang tidak sehat. Di samping itu, gaya hidup yang tanpa sadar juga membuat mereka rentan terjerat pinjaman online.
 
"Sleep Call merupakan film yang meleburkan batasan interaksi sosial antara dua orang asing melalui komunikasi di dunia maya, dan bagaimana kemudahan teknologi informasi juga dapat membawa bahaya bagi penggunanya," jelasnya.
 
Senada, CEO IDN Media Winston Utomo mengatakan kesehatan mental menjadi salah satu isu yang saat ini menjadi perhatian anak muda. Oleh karena itu, tahun ini, pihaknya merilis film Sleep Call yang mengangkat pentingnya kesehatan mental dan bagaimana rasa kesepian adalah hal yang patut banyak orang perhatikan di lingkungan terdekat mereka.
 
"Kami harap, pesan yang ingin kami bawa dalam film ini dapat tersampaikan kepada para penonton nantinya, dan berkontribusi secara positif bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.
 
Selain Laura Basuki dan Juan Bio One, Sleep Call juga dibintangi oleh sederet pemain lainnya yakni Kristo Immanuel, Bront Palarae, Della Dartyan, Dimas Danang, Benedictus Siregar, Rukman Rosadi, dan Rachel Vennya yang melakukan debut sebagai aktris. Film ini dijadwalkan rilis di bioskop pada 7 September 2023.

Baca juga: Karena Ini Sastrawan Gol A Gong Pilih Fajar Nugros Sutradarai Film Balada Si Roy

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jalur Ujian SIM C Berubah Tanpa Jalur Zigzag, Bakal Lebih Mudah Lulus?

BERIKUTNYA

Suga BTS Batalkan Penundaan Wajib Militer Usai Gelar Konser Tunggal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: