Suga BTS (Sumber gambar: instagram.com/agustd)

Suga BTS Batalkan Penundaan Wajib Militer Usai Gelar Konser Tunggal

07 August 2023   |   21:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kabar cukup mengejutkan datang dari Suga BTS. Member boygrup yang mempopulerkan lagu Dynamite itu secara resmi akan menjalani wajib militer dalam waktu dekat. Sebab, idol bernama lengkap Min Yoon-gi ini telah membatalkan penundaan wamilnya.

Keputusan Suga BTS ini diumumkan setelah dirinya merampungkan rangkaian tur solo bertajuk August D Tour D Day di sejumlah kota di dunia, termasuk di Jakarta. Suga pun akan menyusul beberapa member BTS lain yang sudah lebih dahulu ikut wajib militer.

Baca juga: Menilik Makna Amygdala, Lagu Emosional Suga BTS di Konser Agust D Tour in Jakarta

Big Hit Music, agensi Suga BTS mengatakan bahwa saat ini artisnya telah memulai proses pendaftaran wajib militer. Dia secara resmi telah menghentikan penundaan pendaftaraannya. Namun, sayangnya belum ada informasi lebih jauh mengenai keputusan ini.

Pihak agensi belum menjelaskan perihal kapan dan di mana Suga akan mendaftar wajib militer. Pihaknya hanya berjanji akan memberikan perkembangan lebih lanjut dalam waktu dekat.

Big Hit juga meminta dukungan serta doa para penggemar yang akrab disapa Army agar proses wamil Suga berjalan lancar. Agensi berharap agar para penggemar tetap memberikan dukungan penuh kepada idolanya untuk mengikuti wajib militer sampai akhirnya menuntaskan kewajibannya itu.

"Kami meminta cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk SUGA sampai dia menyelesaikan wajib militernya dan kembali dengan selamat,” tulis Big Hit melalui keterangan resmi di Weverse, Senin (07/8).

Berikut adalah isi surat lengkap dari Big Hit:

Halo.

Ini Big Hit Music.

Kami ingin memberi tahu penggemar kami bahwa SUGA telah memulai proses pendaftaran militer dengan mengajukan penghentian penundaan pendaftarannya.

Kami akan memberi tahu Anda tentang pembaruan lebih lanjut pada waktunya.

Kami meminta cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk SUGA sampai dia menyelesaikan dinas militernya dan kembali dengan selamat. Perusahaan kami tidak akan menyia-nyiakan upaya dalam memberikan dukungan untuk artis kami.

Terima kasih.


Suga Akhirnya Susul Member BTS Lain

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SUGA of BTS ??? (@agustd)


Dengan kepastian ini, Suga akan menjadi member ketiga BTS yang mengikuti wajib militer. Sebelumnya, Jin dan J-Hope telah terlebih dahulu mendaftar dan kini sedang menjalani wamil di Korea Selatan.

Jin telah masuk ke dalam program wajib militer di sana sejak 4 Desember 2022. Kemudian, J Hope menyusul pada April 2023. Hal ini membuat mereka tak bisa tampil dalam formasi penuh.

Untuk itu, dalam beberapa waktu terakhir, Big Hit tampak fokus pada proyek individu. Setelah Suga kini ikut wamil, diprediksi comeback mereka dalam formasi penuh baru akan terjadi pada 2025.

Sebagai informasi, Korea Selatan memang masih menjadi negara yang mewajibkan warga negaranya untuk wajib militer. Di sana, pria berusia 18 tahun sampai 28 tahun wajib ikut wamil selama dua tahun.

Aturan itu juga tertuang adalam Undang-Undang Dinas Militer tahun 2020. Program ini umumnya berjalan selama 18 bulan sampai 21 bulan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Dibintangi Laura Basuki & Juan Bio One, Sleep Call Angkat Kisah Romansa Berujung Teror

BERIKUTNYA

Indonesia Punya Pabrik Piringan Hitam Lagi Setelah 50 Tahun, Berapa Harga Produksinya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: