Kenali berbagai istilah baru yang sering digunakan oleh para generasi Z (Sumber: Freepik/Freepik)

Daftar Slang Gen Z Bahasa Inggris Terbaru & Artinya

03 August 2023   |   18:30 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Berbagai istilah baru mulai bermunculan dan banyak digunakan oleh generasi Z. Dengan dibantu oleh internet dan penggunaan media sosial yang begitu dekat dengan keseharian generasi Z, maka istilah-istilah baru pun sering dilabeli sebagai temuan para generasi Z.

Selain itu, kemudahan mengakses informasi secara global telah membantu proses penyebaran istilah dari bahasa Inggris, yang kemudian diadopsi oleh banyak pengguna internet di Indonesia. Selain itu, tren belakangan di media sosial menunjukkan banyak pengguna yang mencampurkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Baca juga: Tingkatkan Skill Bahasa Inggrismu dengan Membaca Buku

Jika kamu merasa kebanjiran slang atau istilah bahasa Inggris baru dan tidak mengerti arti serta konteksnya, maka artikel ini akan membantumu untuk jadi lebih up to date. Berikut adalah Istilah-istilah baru berbahasa Inggris yang sering digunakan oleh generasi Z Indonesia beserta artinya.


1. Situationship

Jika kamu sedang berada dalam hubungan dengan status yang kurang jelas, mungkin kamu bisa menggambarkannya dengan istilah situationship. Pada intinya, situationship menunjukkan bahwa hubunganmu sedang berada di zona abu-abu.


2. W

Dalam kamus Gen Z, W adalah singkatan dari kata ‘win’ atau menang. Biasanya, istilah ini digunakan untuk menghargai seseorang yang telah melakukan kebaikan atau melakukan tindakan yang terpuji. 


3. Rizz

Istilah rizz diambil dari kata ‘charisma’. Keduanya memiliki arti yang sama, yakni untuk merujuk pada sosok yang dianggap berkharisma, terutama dalam konteks mendapatkan pasangan. Jadi, ketika kamu melihat orang yang sekiranya mudah untuk disukai, bisa dikatakan bahwa dia memiliki rizz.


4. Bad take

Ketika kamu tidak setuju dengan opini atau sikap seseorang, kamu bisa mengatakan mereka memiliki bad take


5. Gatekeep

Kurang lebih sama seperti makna harfiahnya, yakni penjaga gawang yang tak akan membiarkan apapun melewatinya. Istilah gatekeep dalam hal ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sifat seseorang yang tak mau membagikan informasi tertentu tentang mereka. 


6. It’s giving

Gunakan istilah ini ketika melihat seseorang yang mampu membuatmu merasakan vibe tertentu. Ketika melihat seorang artis menggunakan baju serba hitam misalnya, kamu bisa katakan ‘it’s giving metal style’. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan istilah it’s giving tanpa keterangan apapun sebagai bentuk pujian.


7. Era

Istilah era memiliki konteks yang sama ketika kita menggunakan kata ‘fase’. Misalnya, kamu sedang berada di fase rajin berolahraga, kamu bisa berkata, ‘it’s my healthy lifestyle era’.


8. Touch grass

Biasanya, istilah ini akan disampaikan kepada orang-orang yang menghabiskan waktu terlalu banyak online. Dengan begitu, touch grass adalah cara untuk membuat mereka kembali melihat dunia luar, sehingga mereka sadar dengan kesalahan yang dibuat. 


9. Bussin’

Mencoba makanan dan ingin mengatakan bahwa makanan itu sangat enak? Kamu bisa bilang, ‘the food is bussin’’. Jadi, istilah ini digunakan untuk menggambarkan makanan atau restoran dengan sajian yang enak. 

Baca juga: Eksplorasi Bahasa Sunda Kuno dalam Film Mantra Surugana

Editor: Indyah Sutriningrum



 

SEBELUMNYA

Mengenal Teknologi Pemantau Tidur di Galaxy Watch6, Bisa Kasih Saran Sesuai Data

BERIKUTNYA

Ini Tantangan Sutradara Pertunjukan Teater Mekhala & Krakatoa Spirit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: