Kondisi finansial sering kali membuat sebagian dari kita cemas dan takut (Sumber: Freepik/krakenimages.com)

5 Cara Menghadapi Kecemasan Finansial

01 August 2023   |   18:30 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Sebagian dari kita mungkin sedang menghadapi kesulitan dalam finansial. Melihat jumlah saldo rekening pun menjadi suatu hal yang memicu stress dan perasaan cemas. Istilah kecemasan finansial pun mulai diperkenalkan untuk menggambarkan situasi tersebut. 

Melansir dari Health, uang mampu membuat kita merasa cemas karena sifatnya sebagai alat bertahan hidup yang mampu membuat kita merasa aman dan terjamin ketika memilikinya.

Baca juga: Masalah Finansial Sering Bikin Karyawan Stres, Ini yang Perlu Dilakukan Perusahaan

Akan tetapi, kondisi finansial tak selalu menyeramkan karena dapat dijadikan sebagai motivasi. Menyadari kondisi finansial yang kurang baik dapat mendorong kita untuk melakukan perubahan yang signifikan. Misalnya, menyadari perilaku boros yang kita miliki dan kemudian mencoba untuk berhemat.

Matt Lundquist, psikoterapis di New York melalui Health mengatakan, kecemasan finansial baru akan menjadi masalah jika hal itu terus-terusan mengganggu pikiran dan berbagai aspek dalam hidup kita. Untuk menghadapi masalah kecemasan finansial, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.


1. Membuat Rencana dan Skala Prioritas

Buatlah rencana finansial secara keseluruhan, kemudian atur prioritas berdasarkan kebutuhanmu. Begitu daftar rencana pengeluaran berdasarkan prioritas sudah dibuat, maka fokus pada target-target yang bisa dicapai. 


2. Membicarakan Tantangan Finansial

Sebelum membicarakan tentang tantangan finansial, pastikan juga untuk mengenali perasaan yang timbul akibat tantangan tersebut. Pembicaraan tentang uang mungkin akan jadi hal yang sensitif dan menimbulkan rasa malu, takut, atau cemas. Oleh karena itu, bicarakan tantangan yang kamu hadapi dengan orang yang kamu percayai atau orang professional di bidangnya.


3. Menghindari Kebiasaan Tak Sehat

Seperti tipe stres lainnya, menghadapi hal yang sama dari segi finansial dapat mengarahkanmu pada dampak-dampak negatif. Untuk menghilangkan rasa cemas, bukannya tak mungkin kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol, terlibat dalam judi, dan sebagainya menjadi caramu untuk menyelamatkan diri.

Jadi, lakukan upaya-upaya untuk menghilangkan stres atau rasa cemas yang baik untuk dirimu sendiri, seperti berolahraga, menghabiskan waktu dengan teman, hingga mencari support system.


4. Pertahankan Sumber Pendapatanmu

Terkadang, sebagian dari kita dikhawatirkan oleh adanya kemungkinan untuk kehilangan pekerjaan atau menghadapi kerugian dalam berbisnis. Artinya, memiliki pekerjaan atau bisnis saja tidak cukup karena kita harus mempertahankan posisi tersebut agar merasa aman secara finansial.

Maka, perkuat posisimu di pekerjaan yang bisa dilakukan dengan cara memastikan performa yang baik di tempat kerja. Minta saran atau feedback untuk terus meningkatkan performa dan hal itu pun akan membuatmu merasa lebih percaya diri akan pekerjaanmu. 


5. Berhenti Membanding-bandingkan Kekayaan

Merasa bersyukur terhadap kehidupan yang sudah kamu miliki, terutama jika kamu sudah tak harus mengkhawatirkan tentang makanan dan tempat hidup setiap harinya, adalah hal yang penting. Dengan begitu, kamu bisa menghargai apa yang kamu punya dan tak selalu merasa kekurangan. 

Salah satu cara untuk bisa berhenti membanding-bandingkan diri adalah dengan mengetahui bahwa yang kamu miliki cukup. Setiap harinya, pikirkan beberapa hal yang sifatnya material maupun tidak yang perlu kamu syukuri.

Baca juga: Tips Mengatur Kondisi Finansial bagi Pasangan Milenial

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

6 Perubahan Wujud Luffy sampai Gear 5 di One Piece

BERIKUTNYA

Ingin Memulai Karier Sebagai Ilustrator? Simak 3 Tip Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: