Luffy One Piece (Sumber Foto: Pixabay/chrismaguirang)

6 Perubahan Wujud Luffy sampai Gear 5 di One Piece

01 August 2023   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Penggemar setia anime One Piece baru-baru ini dibuat kaget dengan perubahan wujud Luffy dengan Gear 5. Sejauh ini karakter utama itu memang telah berkali-kali melakukan transformasi, yang membuatnya tambah kuat menggunakan jurus barunya  dalam pertarungan sengit.

Awalnya Luffy hanyalah manusia karet yang bisa melenturkan dirinya ke segala arah. Namun, seiring waktu kekuatannya bertambah besar dengan berbagai keahlian bertarung. Nah Genhype, yuk simak perubahan wujud Luffy sejak awal sampai yang terbaru, Gear 5.  

Baca juga: Spoiler One Piece Chapter 1089, Hilangnya Kerajaan Lulusia Hingga Sosok Ahli Pedang


1. Gear 2 

(Sumber: One Piece Wiki/ One Piece Wiki User)

(Sumber: One Piece Fandom/ One Piece Wiki User)

Gear 2 tercipta saat Luffy berada di Arc Ennies Lobby. Teknik ini dapat mempercepat aliran darah di dalam tubuh, sehingga pergerakannya lebih cepat dan tangkas. Serangan yang datang dengan cepat dan bertubi-tubi pun bisa dihalaunya.

Kekuatan Gear 2 Luffy juga membuat pukulannya bertambah sehingga dapat membantunya melawan CP9 saat itu. Uniknya, Luffy mengatakan dia mempelajari teknik ini setelah melihat CP9 menggunakan Soru. 

Meski begitu, efek samping kekuatan ini bisa menyebabkan tubuhnya mudah lelah dan lapar setelah menggunakannya. Namun efek samping ini semakin minim setelah time skip. Setelah peristiwa tersebut, Luffy bisa menggabungkan Gear 2 secara instan dan lama, lalu digabungkan dengan Busoshoku Haki untuk bertambah kuat. 
 

2. Gear 3 

(Sumber: One Piece Wiki/Tri D. Ase)

(Sumber: One Piece Fandom/Tri D. Ase)

Dengan Gear 3 Luffy dapat mengubah tubuhnya jadi raksasa. Dengan meniup tulangnya, dia bisa membuat kepalan tinjunya besar seperti balon. Teknik ini juga menjadikannya sangat kuat, meski tidak setangkas Gear 2.

Efek samping menggunakan Gear 3 adalah saat tubuhnya mengecil kembali butuh waktu lama untuk kembali normal. Namun, setelah mempelajari teknik ini cukup lama, akhirnya Luffy berhasil mengendalikan bentuk tubuhnya dan menggabungkan Gear 3 dengan Busoshoku Haki.


3. Gear 4 Boundman 

(Sumber: One Piece Fandom/Portgas D. Lee)

(Sumber: One Piece Fandom/Portgas D. Lee)

Boundman adalah wujud pertama Luffy saat menggunakan Gear 4. Dalam wujud ini, Luffy tidak bisa berdiri dan hanya bisa memantul-mantul di tanah. Meski terlihat lucu, kekuatan ini mirip pegas yang bisa fungsinya menghajar musuh dengan kekuatan penuh dan kecepatan tinggi.

Untuk mengaktifkannya, dia harus melapisi lengannya dengan Haki dulu sebelum meniup ototnya menjadi besar. Karena tubuhnya dilapisi Haki yang bersifat karet, jadi serangan musuh bisa memantul dan tidak bisa menyakitinya. Wujud ini cukup efektif untuk menghajar musuhnya, Doflamingo. Setelah sebelumnya sulit dikalahkan dengan Gear 2 dan Gear 3. 


4. Gear 4 Tankman 

(Sumber: One Piece Fandom)

(Sumber: One Piece Fandom)

Gear 4 Tankman mengubah tubuh Luffy menjadi besar dan daya tahannya makin kuat. Sejauh ini Tankman hanya pernah digunakan sekali olehnya saat melawan Charlotte Cracker. Kekuatan ini muncul mendadak saat Luffy merasa kekenyangan.

Dalam wujud Boundman, Luffy sempat merasa kesakitan saat terkena pedang Cracker. Namun saat berada dalam wujud Tankman, dia bisa menghalau serangan dan melemparkan musuh sampai jauh.


5. Gear 4 Snakeman 

(Sumber: One Piece Fandom/Portgas D. Lee)

(Sumber: One Piece Fandom/Portgas D. Lee)

Gear 4 dalam bentuk snakeman membuat Luffy makin cepat dan gesit seperti ular sehingga taktik serangannya tak terbaca oleh musuh. Meskipun musuhnya bisa menghindari serangan pertama, namun pada serangan kedua Luffy bisa menghajar musuhnya dengan serangan yang tidak bisa diprediksi.

Wujud ini pertama kali muncul saat Luffy saat melawan Katakuri. Bahkan Katakuri yang punya Kenbunshoku Haki pun tetap terkena serangan lanjutan setelah menghindari serangan awal. 

Efek samping dari kekuatan Snakeman ini adalah pertahanan tubuhnya makin lemah karena bentuk fisiknya tidak digelembungkan seperti balon saat menggunakan Boundman. 


6. Gear 5 

(Sumber: One Piece Fandom/Tri D. Ase)

(Sumber: One Piece Fandom/Tri D. Ase)

Secara mengejutkan di bab 1044 One Piece, Luffy mengerahkan Gear 5. Dalam wujud ini dia bisa bertarung lebih bebas tanpa batasan. Luffy bisa mendadak jadi kekar lalu jadi normal lagi. Kemudian seluruh tubuhnya bisa menjadi raksasa, bukan hanya bagian tubuh tertentu saja seperti Gear 3. 

Bisa disimpulkan bahwa Gear 5 adalah perwujudan semua kekuatan Luffy yang digabungkan dalam satu wujud. Gear 5 Luffy ini menjadi sumber kekuatannya yang paling dahsyat, namun ada juga efek sampingnya.

Saat menggunakan Gear ini daya tahan tubuh Luffy benar-benar mencapai batas maksimalnya. Dalam wujud Gear 4 kekuatannya bertahan selama kurang lebih 10 menit. Sedangkan, dalam wujud Gear 5 jangka waktu penggunaannya benar-benar sempit sebelum kemudian dia kehabisan tenaga. 

Baca juga: Cek 5 Fakta Baru One Piece Live Action yang Bakal Tayang di Netflix

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Intip First Look Film Budi Pekerti karya Sutradara Wregas Bhanuteja, Pertemuan Emosional Karakter Utama

BERIKUTNYA

5 Cara Menghadapi Kecemasan Finansial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: