Koleksi sampul manhwa (Sumber foto: Wikimedia Commons/Travel Oriented)

5 Rekomendasi Manhwa Apik yang Harus Dibaca Penggemar Komik

31 July 2023   |   22:03 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Jika Jepang punya manga, Korea Selatan memiliki manhwa. Keduanya merupakan penyebutan kata dalam bahasa masing-masing yang berarti komik. Selain Jepang dan Amerika Serikat yang industri komiknya tenar, Korsel juga punya suguhan produk komik yang khas dan tak kalah memikat. 

Genhype penggemar budaya Negeri Ginseng barangkali sudah sangat familiar dengan manhwa, tapi yang lainnya mungkin belum terlalu terpapar. Padahal, bisa jadi, kalian sudah menikmati karya-karya yang berasal dari komik Korea Selatan, tapi dalam format lain seperti film atau serial. 

Ya, beberapa judul serial populer merupakan adaptasi dari versi komiknya. Sebut saja seperti seri Sweet Home dan Itaewon Class besutan Netflix pada 2020 hingga All of Us Are Dead yang tayang pada 2022. Manhwa memang cukup banyak diadaptasi menjadi film/seri aksi langsung, sementara manga lebih sering diproduksi jadi animasi. 

Baca juga: Hypereport: Dinamika dan Pesona Dunia Komik Indonesia  

Selain dari film dan serial, kalian juga mungkin sudah banyak mengonsumsi manhwa dalam bentuk webtoon. Bicara soal komik Korea Selatan, memang tidak bisa dilepaskan dengan webtoon yang merupakan istilah untuk komik yang dirancang dan dioptimalkan dalam bentuk daring/digital (bukan fisik seperti buku). 

Webtoon [platform] juga merujuk pada aplikasi buatan Naver Corporation yang jadi rumah utama bagi produk webtoon dan komik digital ringkas. Selain di aplikasi tersebut, kalian juga bisa membaca komik dari Korea Selatan, secara legal, di sejumlah platform seperti Toomics, Tappytoon, hingga Kindle & ComiXology. 

Buat kalian yang tertarik untuk baca manhwa, berikut ini adalah beberapa rekomendasi Hypeabis.id yang bisa dijadikan konsumsi awal untuk melihat seberapa menariknya karya-karya komik dari Negeri Ginseng. Yuk simak. 
 

1. Solo Leveling 

(Sumber: Tappytoon)

(Sumber: Tappytoon)

Solo Leveling atau Only I Level Up merupakan salah satu judul komik Korsel yang paling populer sejagat. Karya ini didasarkan pada novel web yang ditulis oleh Chugong, dan pertama kali diserialkan dalam platform komik dan fiksi digital KakaoPage pada Juli 2016. Sementara itu, adaptasi webtoon-nya diserialkan pada 2018 dengan ilustrasi oleh Jang Sung-rak alias Dubu. 

Ceritanya berpusat pada seorang Hunter kelas rendah bernama Sung Jin-woo yang terjebak dalam sebuah penjara bawah tanah. Di sana, terdapat monster sangat kuat yang membunuh banyak orang di kelompoknya. Namun, ternyata Jin-woo berhasil bertahan hidup meski tidak ingat bagaimana itu terjadi. Setelahnya, dia berevolusi menjadi karakter yang tak terduga. 

Saking populernya manhwa ini, Solo Leveling telah dialihwahanakan dalam berbagai format. Termasuk menjadi sebuah permainan gim video (video game) besutan Netmarble dan adaptasi serial anime produksi perusahaan A-1 yang dijadwalkan rilis tahun depan. 
 

2. Tower of God 

Tower of God (Sumber: Webtoon)

Tower of God (Sumber: Webtoon)

Tower of God bagi sebagian orang barangkali lebih dulu dikenal dari format anime. Ketika dirilis pada 2020, judul animasinya memang cukup populer di kalangan wibu. Selain itu, ada juga permainan yang dirilis berdasarkan kisah serupa. Namun, akar dari cerita ini berasal dari komik yang ditulis dan diilustrasikan oleh SIU. 

Manhwa Tower of God berkisah tentang anak laki-laki bernama Twenty-Fifth Bam yang terperangkap di bawah sebuah menara yang luas dan misterius, mengikuti jejak sahabatnya yang bernama Rachel. Di dalam istana tersebut, dia menghadapi banyak cobaan dan tantangan mengejutkan, sekaligus juga sekutu yang luar biasa. 

Kalau mengikuti ceritanya, kalian pasti bakal tidak menyangka dengan suguhan plot twist yang disuguhkan. Oh iya, meski komiknya telah beredar sejak 2010, hingga kini manhwa yang satu ini masih berjalan (ongoing) meski harus beberapa kali hiatus/jeda. 
 

3. Orange Marmalade

Orange Marmalade (Sumber: Webtoon)

Orange Marmalade (Sumber: Webtoon)

Tidak melulu cerita dengan adegan penuh aksi, manhwa juga punya sederet judul bergenre drama percintaan. Salah satu yang paling populer adalah Orange Marmalade yang ditulis dan diilustrasikan oleh Seok-woo. Dibilang demikian karena manhwa ini telah menarik minat banyak orang hingga diadaptasi menjadi serial teve dengan judul yang sama. 

Premis ceritanya tentang hubungan ras manusia dan vampir. Meski ada diskriminasi di antara dua makhluk tersebut, Baek Mari (seorang gadis vampir) yang pemalu jatuh cinta pada seorang manusia populer di sekolahnya bernama Jung Jae-min. 

Mereka akhirnya berproses dalam sebuah hubungan yang rumit, tapi sekaligus menarik. Keduanya juga jadi mempelajari kembali semua hal yang diketahui tentang ras vampir dan manusia. Terdengar tidak asing? Bisa jadi, tapi kalian yang tertarik dengan kisah romansa sekolahan pasti bakal betah baca komik yang saat ini. 
 

4. The Horizon 

The Horizon (Sumber: Webtoon)

The Horizon (Sumber: Webtoon)

Masih tentang drama, tapi kali ini lebih berpusat tentang hubungan manusia, ada manhwa menarik yang harus banget dibaca berjudul The Horizon, yang dibuat oleh JH. Dalam rilis fisiknya, komik ini hanya punya 3 volume dengan 21 bab, dan tentunya telah rampung alias tamat. 

The Horizon berlatar sebuah tempat setelah peristiwa apokaliptik yang memusnahkan sebagian besar populasi. Di padang atau lautan mayat akibat kejadian tersebut, seorang anak laki-laki bertemu dengan seorang gadis bertemu. Mereka terikat oleh trauma dan takdir, mencoba berjalan maju mencari harapan dan menemukan tempat yang aman.

Manhwa ini merupakan kisah tentang hubungan manusia dan kemanusiaan yang sederhana juga menyentuh. Terlalu sederhana hingga kedua tokoh utamanya bahkan tidak memiliki nama. The horizon masuk dalam list manhwa terbaik sepanjang masa versi MyAnimeList, dan menempati posisi kedua di bawah Solo Leveling
 

5. Noblesse 

Noblesse (Sumber: Webtoon)

Noblesse (Sumber: Webtoon)

Noblesse adalah manhwa yang ditulis oleh Son Je-ho dan diilustrasikan oleh Lee Kwangswu pada periode 2007 hingga 2019. Ceritanya mengambil unsur vampir dan frankenstein yang sudah sangat familiar, tapi dengan cerita dan goresan gambar yang khas. 

Kisahnya mengikuti seorang bangsawan dan vampir bernama Cadis Etrama Di Raizel alias Rai yang telah tertidur selama ratusan tahun. Dia terbangun di sebuah gedung terbengkalai di Korea Selatan pada masa modern. Dari sana, dia memutuskan untuk memulai hidupnya lagi dan membiasakan diri dengan masyarakat yang baru. 

Kepopuleran judul ini terbukti salah satunya dari adaptasi animasi atau anime yang telah dibuat. Selain itu, Noblesse merupakan salah satu webtoon pertama yang mendapatkan terjemahan bahasa Inggris resmi saat peluncuran perdana Line Webtoon pada 2014. 

Baca juga: Pengin Jadi Komikus? Ada Mata Kuliah Komik di Vokasi Universitas Indonesia Lho!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Hypereport: Hak Cipta dan Royalti Masih Jadi Akar Polemik Para Musisi Tanah Air

BERIKUTNYA

Banyak Manfaat, Layanan Preventif Kesehatan Anak Makin Diminati Orang Tua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: