Ilustrasi komik (Sumber gambar: Erik Mclean/Unsplash)

Pengin Jadi Komikus? Ada Mata Kuliah Komik di Vokasi Universitas Indonesia Lho!

11 January 2023   |   21:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Program Pendidikan Vokasi di Universitas Indonesia kembali meluncurkan mata kuliah tambahan untuk pembuatan komik yang resmi diajarkan pada 3 Januari 2023. Mata kuliah ini dibuat untuk program studi Produksi Media dengan penerapan kurikulum pembuatan komik yang diluncurkan dengan tujuan memajukan industri komik di Indonesia.

Hadirnya mata kuliah ini  merupakan jawaban dari data yang diungkap salah satu platform penyedia komik manga legal, yaitu MANGA Plus. Dilansir dari situs Vokasi UI, Indonesia disebut sebagai negara yang menempati posisi ketiga terbesar sebagai pembaca manga di platform tersebut sepanjang 2022, berada di bawah Amerika Serikat dan Thailand.

Baca juga: 5 Fakta Unik Komik Panji Tengkorak yang Diangkat Jadi Film Animasi

Tingginya animo dan peminat manga ini disambut oleh Vokasi UI sebagai sebuah jalan baru. Selain melihat peluang besar untuk mengembangkan industri komik Indonesia, penerapan kurikulum dengan mata kuliah pembuatan komik ini juga dilakukan sebagai bentuk partisipasi atas transformasi digital di mana komik juga ikut beradaptasi dari bentuk buku ke bentuk digital.

Vokasi UI menyebut tujuan dari penambahan mata kuliah komik ini untuk membangun industri komik dengan potensi yang dinilai akan semakin tinggi disamping upaya untuk menggebrak pasar ekonomi kreatif Indonesia.

Untuk memperkenalkan mata kuliah ini, Vokasi UI mengenalkan program lokakarya untuk kalangan siswa SMA, menggaet Bara Adhyaksa selaku Managing Editor BumiLangit Entertainment, dan praktisi lainnya.
 

Program lokakarya Vokasi UI (Sumber gambar: Vokasi Universitas Indonesia)

Program lokakarya Vokasi UI (Sumber gambar: Vokasi Universitas Indonesia)


Dalam program tersbeut, Vokasi UI menjelaskan pentingnya intellectual property (IP) sebagai asset tak berwujud yang dimiliki kreator komik. Potensi peningkatan industri komik pun dianggap beriringan dengan peran pembuat komik mengingat bisnis IP Indonesia diprediksi akan terus meningkat dan menembus ekosistem industri kreatif Indonesia.

Meski jurusan komik terbilang baru di Indonesia, sebuah universitas seni dan desain di Amerika Serikat, Minneapolis Collage of Art and Desain sudah lebih dahulu menghadirkan tidak hanya mata kuliah, tetapi jurusan khusus yang mempelajari produksi komik.

Selain Amerika Serikat, tentu saja berbagai pendidikan tinggi di Jepang sudah menerapkan mata kuliah tentang komik dan manga. Misalnya saja Kyoto Seika University dimana mahasiswanya diajari langsung oleh seniman dan peneliti manga Jepang.

Di samping mata kuliah komik, pada Juli 2022 lalu vokasi UI juga menambahkan mata kuliah game di program studi yang sama. Berangkat dari data Indonesia sebagai negara ke-4 di Asia Pasifik yang masuk dalam potensi pasar game dunia, mata kuliah ini juga dihadirkan untuk membuat anak bangsa mampu menjadi pengembang game dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Selain di Universitas Indonesia, mayta kuliah game juga sudah banyak berkembang di univeritas lainnya di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Binus University, dan lainnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jakarta Fashion Trend 2023 Hadirkan Perpaduan Fesyen, Kosmetik & Nature

BERIKUTNYA

Jantung Berdebar Tiba-tiba? Waspada Takikardia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: