Ilustrasi Curriculum Vitae (Sumber gambar: Unsplash)

Tip Mudah Membuat CV Agar Menarik Perekrut Kerja

28 July 2023   |   22:00 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah dokumen yang menjelaskan tentang diri dari pelamar kerja mulai dari profil, keahlian, dan pendidikan yang wajib dilampirkan ketika hendak melamar suatu pekerjaan. 

Selain berfungsi agar perekrut kerja bisa mengenal seorang pelamar suatu pekerjaan, Curriculum Vitae juga dijadikan sebagai ajang mempromosikan diri melalui pengalaman dan keahlian yang dimiliki pelamar.

Baca juga: 3 Cara Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja Agar Dilirik Perusahaan

CV yang menarik tentunya menjadi nilai tambah bila dibanding dengan pelamar lainnya. Berikut langkah mudah agar CV yang dibuat dapat lebih menonjol.

1. Membangun branding
Karena CV adalah tahap awal dari rekruter mengetahui kesan pertama dari pelamar, maka hal kecil namun penting yang bisa dilakukan adalah membangun branding dengan cara memasukkan keahlian diri yang relevan dengan bidang yang ingin diambil, sehingga perekrut  dengan mudah memilih orang yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

2. Ceritakan perkembangan karier 
CV dapat juga diisi dengan pendidikan dan pengalaman kerja dari pelamar. Jadi CV ini akan menceritakan tentang perkembangan karier dari pelamar. Menceritakan perkembangan karir menjadi bagian yang krusial karena perekrut dapat mengenali skill dan minat dari pelamar dengan mudah.

3. Deskripsikan keterampilan
Memasukkan keterampilan dapat digunakan oleh pelamar yang belum memiliki pengalaman. CV model ini lebih fokus terhadap skill yang dimiliki oleh pelamar dibanding pengalaman. Tujuannya adalah meyakinkan perekrut jika pelamar mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi yang dilamar. CV model ini cocok digunakan bagi fresh graduate atau pelamar yang ingin berganti karier ke bidang yang berbeda dari sebelumnya.

4. Memakai metode ATS Friendly
CV ATS Friendly (Applicants Tracking Sistem) adalah CV yang memakai sistem perangkat lunak yang memungkinkan perusahaan menyaring pelamar yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. CV model ATS jika dilihat memiliki desain yang simpel karena hanya terdapat warna hitam dan putih.

Font yang umumnya dipakai adalah Times New Roman, Calibri, Helvetica, Trebuchet MS Georgia, dan Garamond. Pada CV ATS dari isinya secara keseluruhan hanya memakai satu jenis font saja. Berdasarkan hasil survei dari Topresume, sebanyak 75 persen CV pelamar gagal disebabkan karena tidak memakai format CV ATS. 

CV yang menarik memiliki banyak manfaat dan membuat pelamar mengenal value yang dimiliki secara lebih dalam. CV yang menarik juga menunjukkan nilai profesionalisme karena rekruter melihat pelamar bersungguh-sungguh melalui detail dan kemampuan yang baik dalam mendeskripsikan dirinya pada isi CV.

Baca juga: Twitter Siapkan Fitur Baru Untuk Lowongan Kerja Mirip Linkedin dan Jobstreet

Selain itu, salah satu hal penting selain tampilan dan format yang menarik adalah keaslian dari data yang dicantumkan, sehingga desain serta format yang menarik ditambah informasi yang dapat dipertanggungjawabkan menjadikan CV menjadi berbobot dan memiliki pembeda dari pelamar lainnya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Layanan Makin Lengkap, BNI Mobile Banking Tembus 14,9 Juta Pengguna

BERIKUTNYA

Filmnya Sukses Besar, Greta Gerwig Tak Punya Rencana Buat Sekuel Barbie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: