Bill Cunningham (Sumber gambar: Instagram.com/cesdtalent)

Rekam Jejak Bill Cunningham, dari Tentara AS hingga Jadi Pengisi Suara Ken Pacar Barbie

28 July 2023   |   18:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bill Cunningham, pengisi suara original boneka Ken dalam cerita Barbie tutup usia di West Hollywod, California. Penyanyi, voice actor, dan pendiri agensi berbakat itu meninggal pada usianya yang tahun ini menyentuh 96 tahun.

Kabar ini pertama kali diumumkan oleh CESD Talent melalui unggahan di Instagram pada Kamis (27/7/2023) waktu setempat. Dalam unggahan tersebut, mereka menampilkan foto Bill Cunningham dan informasi kabar berpulangnya voice actor legendaris tersebut.

Baca juga: Ini Tipe Boneka Barbie yang Paling Laris di Dunia, Diakui Guinness World Records

Namun, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai kabar duka tersebut. Mereka hanya menuliskan sosok Bill sangat berjasa dalam perkembangan perusahaan agensi CESD Talent. “Mengingat William Bill Cunningham (1927-2023), yang mendirikan CESD Talent Agency lebih dari 50 tahun lalu,” tulis akun CESD Talent dikutip Hypeabis.id pada Jumat (28/7).

Bill Cunningham lahir pada 1927 di San Fransisco. Dia lalu memutuskan pindah ke Hollywood demi mengejar karier di industri hiburan, yang menjadi tujuannya pada waktu itu. Namun, takdir kemudian membawanya menjadi seorang angkatan laut Amerika Serikat.

Laporan Deadline menyebut Cunningham bertugas di kapal penyapu ranjau selama Perang Dunia II. Dia memang terlibat dalam sejumlah misi tentara AS yang saat itu begitu sibuk. Setelah era perang berakhir, Cunningham bisa kembali menata hidupnya lagi dan mencicipi apa yang menjadi keinginan awalnya.
 

Pria berambut putih itu beberapa kali tampil di NBC’s Voices of Walter Schumann dan The Tennessee Ernie Ford Show. Cunningham juga beberapa kali bernyanyi untuk sebuah soundtrack film sebuah studio Hollywood.

Selain aktif dalam menyanyi, Cunningham juga mulai menekuni bakat lainnya di dunia hiburan. Dia dipercaya untuk mengisi suara boneka Ken dalam serial cerita Barbie awal milik Matter.

Pada periode itu, dirinya juga pernah mengadakan tur dengan Judy Garland dan Dinah Shore. Sejak saat itu, kariernya terus berkembang pesat. Dia juga mulai mengembangkan beberapa project baru.

Di antaranya pada 1963, Cunningham juga mencoba hal baru dengan menginvestasikan tabungannya untuk berbisnis agensi atas dorongan penyanyi teve Peggy Taylor. Perusahaan baru itu memulai debutnya dari 10 voice actor dan terus membesar sepanjang tahun.

Agensi tersebut sempat berganti-ganti nama, hingga kemudian bermitra dengan Slevin dan Doherty. Ketiganya lalu memakai nama Cunningham Escott Slevin Doherty atau CESD Talent Agency, dan bertahan hingga sekarang.

Perusahaan milik Cunningham menyebut dirinya sebagai salah satu agensi komersial, voice over, cetak, digital influencer, teatrikal yang bergengsi. Di agensi ini, konon pemain muda menjadi kekuatan utamanya.

Cunningham adalah sosok yang menginspirasi banyak orang. Dia juga pernah menerbitkan otobiografi I Wonder What Became of Me pada 2014 silam. Kini, empat tahun sebelum usianya menginjak 1 abad, dia telah berpulang. Momen kepulangannya juga berbarengan dengan rilisnya Barbie di bioskop seluruh dunia.

Perannya dalam mengisi suara awal Ken dan menciptakan karakter yang kuat sebagai pacar Barbie akan selalu dikenang banyak orang. Selamat jalan Bill Cunningham. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Para Pemain Film Barbie, Dua Lipa hingga John Cena

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Spesifikasi, Fitur & Harga Resmi Galaxy Tab S9 Series di Indonesia

BERIKUTNYA

3 Lokasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Sumbawa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: