Barbie Totally Hair Heart-themed Doll (Sumber gambar: Mattel)

Ini Tipe Boneka Barbie yang Paling Laris di Dunia, Diakui Guinness World Records

26 July 2023   |   09:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Boneka Barbie menjadi salah satu barang yang tengah booming seiring dengan pemutaran film Barbie karya Greta Gerwig di bioskop-bioskop dunia. Mainan yang sudah ada sejak lama itu memiliki salah satu tipe dengan penjualan terbanyak dan masuk dalam rekor dunia.

Dikutip dari laman Guinness World Records, Totally Hair Barbie merupakan mainan boneka yang memiliki penjualan terbaik di antara tipe Barbie lainnya. Boneka yang rilis pada 1992 atau 31 tahun silam itu telah terjual lebih dari US$10 juta di seluruh dunia.

“Boneka Barbie terlaris adalah Totally Hair Barbie,” demikian pernyataan Guinnes World Records di laman situsnya. 

Baca juga: Inspiratif, Begini Cerita Lahirnya Boneka Barbie di Keluarga Pendiri Mattel
 

Barbie Totally Hair Heart-themed Doll (Sumber: Mattel)

Barbie Totally Hair Heart-themed Doll (Sumber: Mattel)

Dalam sebuah wawancara dengan Mattel Community Creations, Carol Spencer selaku desainer fesyen produk itu mengungkapkan bahwa proses penciptaan Totally Hair Barbie bermula saat dirinya kembali dari Asia. Pada saat itu, terdapat lima desainer Mattel yang mencoba mencari cara baru untuk memadukan permainan rambut.

Tidak ada satu saja dari ide mereka yang berhasil. Dengan waktu yang sempit sebelum boneka diproduksi, dia terpikir bahwa cara terbaik untuk memenuhi tenggat waktu tersebut adalah mendandani boneka dengan rambut panjang. Dengan kata lain, Spencer memutuskan untuk menyederhanakan permainan rambut boneka Barbie.

“Yah, dia harus sangat cantik sebagai permulaan. Jika Anda mendandani seseorang di rambutnya, lebih baik Anda membuatnya panjang,” katanya dalam laman Mattel Community Creations.

Spencer memberikan rambut keriting yang panjang dan bulu halus dengan karet untuk menata rambut serta ikatan pelintir. Langkah itu dilakukan agar banyak orang bisa melakukan eksperimen, mengingat para ibu dan anak kerap melakukan percobaan dengan rambut Barbie sebelum menata rambut sendiri.

Totally Hair Barbie pada saat itu juga mendapatkan gaun mini yang ikonik. Gaun ini terinspirasi dari Emilio Pucci yang ada di pasaran pada saat itu. Namun, dengan pola sendiri dan membuatnya tetap sederhana. Selain tipe ini, desainer itu menyatakan bahwa ada dua produk hit lainnya yakni Barbie Classique Benefit Ball dan Baby Sister Kelly pada 1992. 
 

Barbie the Movie Collectible Doll (Sumber gambar: Mattel)

Barbie the Movie Collectible Doll (Sumber gambar: Mattel)

Saat ini, Mattel sebagai perusahaan yang menjual boneka Barbie mengeluarkan edisi Barbie The Movie yang menampilkan karakter-karakter para pemain di film garapan Greta Gerwig. Selain itu, mereka juga akan mengeluarkan edisi sangat khusus dari Barbie The Movie pada 4 Agustus 2023.

Laman perusahaan juga menunjukkan bahwa sejumlah edisi Barbie The Movie telah terjual habis, yakni Barbie Gingham, Ken Beach Set, Barbie Disco, dan Western Barbie. sementara itu, varian lainnya dari Barbie The Movie seperti Barbie Plaid seharga US$50 dan Ken Denim dengan US$50 masih tersedia. 
 

Film Barbie 

Untuk diketahui, film Barbie yang diperankan oleh Margot Robbie tengah tayang di banyak bioskop di dunia. Di pasar domestik Amerika Utara pada 21-23 Juli 2023, karya tersebut berhasil meraih US$162 juta, sehingga membuatnya menempati posisi pertama saat akhir pekan penayangan perdananya pada periode tersebut. 

Sementara pada Senin, 24 Juli 2023, film itu berhasil meraih US$26,12 juta. Secara keseluruhan, perkiraan pendapatan kotor Barbie mencapai US$382,43 juta di seluruh dunia. Raihan penghasilan kotor itu membuatnya menempati posisi sembilan dalam daftar box office 2023 mengungguli sejumlah film, seperti Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One dan Elemental. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Para Pemain Film Barbie, Dua Lipa hingga John Cena

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Enggak Hanya Cantik, 4 Bunga Ini Ternyata Aman untuk Dikonsumsi

BERIKUTNYA

Resep Puding Roti Tawar yang Harum dan Lembut di Mulut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: