Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak saat berpidato (Sumber gambar: Instagram Shinzo Abe)

Profil Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe yang Ditembak Saat Pidato 

08 July 2022   |   14:12 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ada kabar mengejutkan dari Negeri Sakura. Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, ditembak ketika sedang berpidato di kota barat Nara, Jepang Barat pada Jumat (8/7) waktu setempat. Insiden tersebut mengharuskannya dilarikan ke rumah sakit.  

Seorang reporter dari NHK - perusahaan penyiaran Jepang - yang berada di lokasi mengatakan bahwa dia mendengar sesuatu yang seperti suara tembakan dua kali. Lalu, Abe terlihat jatuh dan berdarah sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit. 

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno, bahwa mantan Perdana Menteri ditembak sekitar pukul 11:30 waktu setempat. Sementara itu, satu orang yang dianggap terlibat telah diamankan oleh pihak berwenang. 

Shinzo Abe merupakan nama besar dalam dunia politik Jepang. Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah profil mantan perdana menteri itu.
 

Perdana Menteri Terlama Jepang 

Pria kelahiran Tokyo pada 21 September 1954 itu merupakan Perdana Menteri Jepang terlama dalam sejarah negaranya pascaperang. Abe menempati posisi tersebut sebanyak empat empat periode. 

Periode pertamanya adalah 2006 sampai 2007. Kemudian masa jabatan kedua 2012 sampai 2014, jabatan ketiga pada 2014 sampai 2017, dan jabatan keempat atau terakhirnya pada 2017 hingga 2020. Sepanjang masa jabatannya, dia telah melahirkan banyak kebijakan ikonik.
 

Abenomics 

Di dunia internasional, pria berusia 67 tahun itu dikenal dengan kebijakan ekonomi pemerintahannya yang dijuluki Abenomics. Menekankan pelonggaran atau ekspansi moneter, stimulus atau kebijakan fiskal, dan reformasi struktural. 

Kebijakan tersebut seiring dengan berjalannya waktu mendapatkan banyak kritik dan berhenti. Akan tetapi, pada 2015 Abe kembali dengan kebijakan yang disebutnya sebagai Abenomics 2.0, dengan tujuan untuk mengatasi masalah kesuburan dan populasi yang menua.
 

Pengunduran Diri 

Selama berkarier di dunia politik Jepang, Abe pernah mengundurkan diri. Pertama dilakukannya ketika menjabat sebagai Perdana Menteri periode pertama. Ketika itu tepatnya pada 2007, dia mengundurkan diri dari posisinya karena penyakit ulcerative colitis pada sistem pencernaan. 

Pengunduran diri kedua dilakukan pada masa jabatan terakhirnya. Tepatnya pada 2020, Abe secara resmi mengumumkan undur diri dari jabatannya karena alasan kesehatan. Dia diketahui mengalami radang pada sistem pencernaan selama bertahun-tahun. 
 

Keluarga Terpandang 

Abe merupakan anak dari Shintaro Abe, yang merupakan politikus Jepang dari Prefektur Yamaguchi. Ayahnya adalah anggota terkemuka Liberal Democratic Party (LDP) dan pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada 1982 hingga 1986. 

Kakak laki-lakinya, Hironobu Abe adalah President & CEO Mitsubishi Shoji Packaging Corporation. Sementara adiknya, Nobuo Kishi menjadi Wakil Menteri Senior untuk Urusan Luar Negeri. Abe menikah dengan Akie Matsuzaki yang merupakan mantan penyiar radio, yang juga adalah putri dari President Morinaga. 

Baca juga5 Destinasi Wisata Jepang yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga



Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sejarah Bisnis Waralaba, Berawal dari Abad Pertengahan dan Dikembangkan Tukang Mesin Jahit

BERIKUTNYA

Selain Sri Asih, Ini Loh Daftar Komik Ciptaan RA Kosasih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: