Hamparan padang rumput dan kawanan kuda di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (Sumber foto: Hypeabis.id/Sarah Jauhari)

3 Lokasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Sumbawa

28 July 2023   |   16:46 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Identik dengan hamparan sabana dan kawanan kuda yang memukau, Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat dapat menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Alam Sumbawa yang masih sangat alami dan jarang dikunjungi wisatawan membuat pulau ini masih terjaga keeksotisannya. 

Untuk pergi ke Pulau Sumbawa, pengunjung dapat menggunakan pesawat ataupun menyeberangi laut dengan kapal feri. Salah satu akses jalur kapal feri adalah dengan menyeberang dari Pelabuhan Kayangan di Lombok ke Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam. 

Baca juga: Cek Sederet Agenda Wisata di Nusa Tenggara Barat 2023, Ada Senggigi Sunset Jazz!

Terdapat beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi ketika menyambangi pulau ini, berikut 3 lokasi yang wajib kamu datangi saat ke Sumbawa!


1. Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo
 

Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo, Sumbawa. (Sumber foto: Hypeabis.id/Sarah Jauhari)

Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo, Sumbawa. (Foto: Sarah Jauhari)

Untuk mencapai Pulau Moyo, wisatawan perlu terlebih dahulu menyeberang dengan perahu selama 20 menit dari Pulau Sumbawa. Jika beruntung, kamu dapat menemukan hamparan pulau kecil yang tersusun dari tumpukan terumbu karang mati. Pulau ini hanya terlihat ketika laut sedang surut dan menghilang ketika pasang. Terdapat berbagai terumbu karang dan ikan-ikan indah di dalam laut sekitar pulau yang cocok untuk spot snorkeling.

Sesampainya di Pulau Moyo, perjalanan ke Air Terjun Mata Jitu dilanjutkan dengan mengendarai motor ke pedalaman pulau. Tak perlu khawatir, banyak warga lokal yang menawarkan jasa ojek dengan tarif  Rp100.000 per orang. Tarif tersebut mungkin terkesan tinggi, tetapi perlu diketahui bahwa medan menuju lokasi cukup menantang serta akses bahan bakar yang sulit menjangkau Pulau Moyo.

Perjalanan menuju Air Terjun Mata Jitu memakan waktu sekitar 30 menit. Sesampainya di lokasi, wisatawan masih harus berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit untuk menjangkau air terjun. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan air terjun dengan airnya yang tampak biru dan dingin. Pengunjung dapat bebas berenang di air terjun tersebut. 


2. Pulau Satonda
 

Pohon Kalibuda dengan batu-batuan yang menggantung di dahannya. (Sumber foto: Hypeabis.id/Sarah Jauhari)

Pohon Kalibuda dengan batu-batuan yang menggantung di dahannya. (Foto: Sarah Jauhari)

Dari Pulau Sumbawa, wisatawan dapat menyeberang dengan perahu ke Pulau Satonda. Berlokasi di Kabupaten Dompu, pulau ini terkenal dengan danau air asin di tengahnya. Apabila dilihat dari atas, pulau ini tampak seperti lingkaran dengan lubang di tengahnya.

Salah satu daya tarik di pulau ini adalah keberadaan pohon Kalibuda atau pohon Harapan di tepi danau. Banyak masyarakat dari berbagai daerah yang menggantungkan batu di dahan pohon tersebut sebagai simbol harapan. Mereka meyakini bahwa dengan menggantungkan batu, harapan akan terwujud. Fenomena unik ini membuat pohon Kalibuda tampak seakan 'berbuah' bebatuan.

Tak hanya danau, pengunjung juga mendaki melalui jalur setapak ke atas bukit yang mengelilingi pulau. Dari atas, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah lautan sekaligus danau. Akan tetapi, jalur pendakian ini cukup curam pada bagian atas bukit. 


3. Taman Nasional Gunung Tambora
 

Pemandangan langit dan laut dari Pos 3, Doro Ncanga, Taman Nasional Gunung Tambora. (Sumber foto: Hypeabis.id/Sarah Jauhari)

Pemandangan langit dan laut dari Pos 3, Doro Ncanga, Taman Nasional Gunung Tambora. (Foto: Sarah Jauhari)

Masih di Kabupaten Dompu, wisatawan juga dapat mengunjungi kawasan Taman Nasional Gunung Tambora. Sesampainya di kawasan taman nasional, pengunjung akan disambut dengan ana-anak muda pengurus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menjadi tour guide bagi pengunjung. 

Bagi wisatawan yang ingin mendaki Gunung Tambora, jalur pendakian dapat diakses melalui 4 pintu pendakian, yaitu Piong, Pancasila, Kawinda Toi, dan Doro Ncanga. Apabila tak ingin mendaki, keindahan alam Gunung Tambora juga dapat dinikmati dari Pos 3 di jalur pendakian Doro Ncanga yang dapat diakses menggunakan mobil. 

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pos 3 Doro Ncanga adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam. Dari titik tersebut, wisatawan dapat menikmati gradasi warna langit dan laut yang ciamik. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekam Jejak Bill Cunningham, dari Tentara AS hingga Jadi Pengisi Suara Ken Pacar Barbie

BERIKUTNYA

Cek Deretan Fakta Menarik Kemunculan Teaser 2 MV Cake dari ITZY

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: