Kabupaten Buleleng adalah salah satu wilayah administrasi di Provinsi Bali. (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Oleksandr Canary Islands)

4 Fakta Menarik Kabupaten Buleleng, dari Alam hingga Kerajinan

26 July 2023   |   13:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like

3. Surga bagi para pencinta kuliner

Fakta lainnnya adalah Kabupaten Buleleng memiliki beragam kuliner khas yang harus masuk dalam daftar dicoba oleh para wisatawan yang datang ke sini. Kuliner menarik itu seperti jukut undis, jaje uli, blayag, sudang lepet, sate plecing, siobak.

Jukut undis adalah sup yang menggunakan bahan utama kacang hitam. Dibuat dengan menggunakan kaldu sapi dan beragam jenis rempah, maka makanan yang satu ini dapat menyehatkan dan segar ketika dinikmati.

Jaje uli merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Namun, memiliki bentuk tipis dan gepeng. Makanan yang satu ini kerap menjadi pelengkap yang tidak boleh dilupakan saat upacara keagamaan.

Dibuat dari ketan atau tepung beras yang ditumbuk sampai halus, jaje uli juga dapat disantap dengan versi kering atau basah. Untuk menambah kenikmatan, tidak jarang makanan ini mendapatkan toping taburan tape atau parutan kelapa.
 

4. Memiliki kerajinan yang tidak kalah dengan daerah lain

Kerajinan juga menjadi salah satu bagian dari Kabupaten Buleleng yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung. Kalian dapat membeli beragam kerajinan yang dibuat oleh masyarakat setempat.

Di tempat ini, terdapat kerajinan berupa kain tenun khas Buleleng, seperti tenun songket, bebali, sampai endek. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati kerajian berupa perak, anyaman, dan sebagainya.

Baca juga: Selain Warung Mak Beng, Cek 4 Kuliner Legendaris di Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Perhatikan Ini untuk Memulai Gaya Hidup Frugal Living

BERIKUTNYA

Intip 5 Fakta Menarik Film Ketika Berhenti di Sini yang Tayang Perdana 27 Juli

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: