Lokasi wisata Bali (dok. Unsplash)

Persiapan Sambut Turis Mancanegara, Bali Perketat Persyaratan Masuk

14 October 2021   |   14:56 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini Bali sedang bersiap menyambut para turis mancanegara, seiring dengan rencana uji coba pembukaan destinasi wisata bagi turis internasional pada pertengahan Oktober ini. Ketua Bali Tourisme Board (BTB) Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengatakan, setidaknya akan ada sekitar 18 negara yang diperbolehkan masuk ke Indonesia, khususnya dari negara yang saat ini tingkat positifnya di bawah 5%.

Turis yang datang pun harus memiliki hasil negatif tes RT-PCR. Selain itu, untuk memastikan tidak terjadi peningkatan kasus di Bali, persyaratan para turis yang masuk juga akan diperketat mulai dari pre-departure requirement hingga on-arrival requirement.

Selain Bali, Pemerintah juga berencana membuka destinasi wisata secara bertahap bagi para wisman di Bintan.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pembukaan tersebut akan sangat tergantung dengan situasi transmisi dan kapasitas respon di Bali.

Terkait rencana tersebut, Sandi mengatakan bahwa hanya calon wisatawan yang telah tervaksinasi penuh dan dinyatakan sehat yang diperbolehkan masuk ke Indonesia. Selain itu juga harus wisatawan yang berasal dari negara yang low-risk dan tidak ditemukan varian baru di negaranya.

Editor: Dika Irawan

“Pemerintah terus mematangkan skema dan detail syarat perjalanan ini,” ungkapnya.

Diharapkan dengan pembukaan bertahap tersebut jumlah kunjungan wisman pada tahun ini bias mencapai 1,5 juta kunjungan, memang lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya mengingat masih sangat terbatasnya mobilitas wisatawan internasional.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Saat Kunjungan Wisman Sepi karena Pandemi, Bali Berharap pada Ini

BERIKUTNYA

Waspada AMD, Penyebab Kebutaan Pada Lansia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: